loading...

GAWAT,,, HASIL UKG DIUSULKAN JADI PENENTU SERTIFIKASI GURU

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat pagi dan selamat berakhir pekan

Berita seputar perkembangan pelaksanaan uji kompetensi guru (UKG) Tahun 2015 kembali kami perbaharui dan kami bagikan secara terupdate kepada seluruh rekan-rekan pengunjung khususnya rekan guru yang saat ini tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi UKG.

Uji Kompetensi Guru (UKG) yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan dilaksanakan di DIY pada Senin (9/11) hingga Senin (23/11).

Seperti diketahui, UKG dilaksanakan untuk memetakan kemampuan guru se-Indonesia.


Pemerhati Pendidikan, Dr Joko Riswanto MPd menilai, pelaksanaan UKG merupakan upaya pemerintah dalam menengok kemampuan tenaga pendidiknya.

Nantinya, hasil dari pemetaan ini dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.

"Semisal nantinya Kemendikbud akan menerapkan suatu kebijakan yang itu berkaitan dengan skill dari guru, tentu data hasil dari pemetaan UKG akan membantu," jelas Joko, sapaan akrabnya pada Jumat (6/11).

Dia menambahkan, untuk jangka panjang, UKG dapat diproyeksikan sebagai ujian penentu untuk guru supaya mendapat sertifikasi.

Sebab menurutnya, usia pengabdian yang lama tidak cukup untuk dijadikan patokan guru mendapat sertifikasi.

"Guru yang sudah tersertifikasi biarlah. Tapi untuk guru yang ingin tersertifikasi harus lulus dari UKG sesuai standar minimal. Soalnya percuma kalau yang tersertifikasi sudah ngajar lama, tapi kemampuan kurang memadai. Kan ini bisa jadi motivasi juga," tutur dia.

Bagaimana laporan selengkapnya? Simak hanya di edisi cetak Tribun Jogja, Sabtu (7/11/2015).
(Sumber : tribunnews.com)

Demikian berita seputar perkembangan pelaksanaan UKG Tahun 2015 yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Sukses bagi seluruh guru peserta UKG 2015 di Indonesia

2 Responses to "GAWAT,,, HASIL UKG DIUSULKAN JADI PENENTU SERTIFIKASI GURU"

  1. yang diperlukan dalam hidup ini, tanggung jawab, kejujuran, loyalotas, kemauan, disiplin,sosial kita.... maka semua akan baik, dimana kita dengan prilaku kita dapat diteladani ,penilaian UKG hanya penilaian semu belaka, sama hal nya dengan UN , banyak anak yg kesehariannya bagus tiba2 saat UN anak yg slama ini dibawahnya bisa di atas

    BalasHapus
  2. yang diperlukan dalam hidup ini, tanggung jawab, kejujuran, loyalotas, kemauan, disiplin,sosial kita.... maka semua akan baik, dimana kita dengan prilaku kita dapat diteladani ,penilaian UKG hanya penilaian semu belaka, sama hal nya dengan UN , banyak anak yg kesehariannya bagus tiba2 saat UN anak yg slama ini dibawahnya bisa di atas

    BalasHapus