loading...

PERSYARATAN DAN ASPEK-ASPEK DASAR PENENTUAN BAHAN ATAU MATERI PEMBELAJARAN

Persyaratan Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran merupakan unsur belajar yang penting mendapat perhatian oleh guru. Materi pelajaran merupakan medium untuk mencapai tujuan pembelajaran yang “dikonsumsi” oleh siswa. Karena itu, penentuan materi pelajaran mesti berdasarkan tujuan yang hendak di capai.

Salah satu faktor penting yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan  pembelajaran secara keseluruhan adalah kemampuan dan keberhasilan guru merancang     materi   pembelajaran.   Materi   Pembelajaran   pada   hakekatnya  merupakan bagian tidak  terpisahkan dari Silabus, yakni perencanaan, prediksi dan proyeksi tentang apa yang akan  dilakukan pada saat Kegiatan Pembelajaran.

Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa Materi  pembelajaran (instructional  materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus  dikuasai   peserta didik dalam rangka memenuhi   standar   kompetensi   yang  ditetapkan. Materi pembelajaran menempati posisi yang sangat penting dari  keseluruhan kurikulum, yang harus dipersiapkan agar pelaksanaan pembelajaran dapat   mencapai   sasaran. Sasaran   tersebut   harus   sesuai   dengan   Standar  Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh   peserta didik. Artinya, materi yang ditentukan untuk kegiatan pembelajaran hendaknya materi yang benar-benar menunjang tercapainya standar kompetensi dan kompetensi  dasar, serta tercapainya indikator. 

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam menetapkan materi pelajaran diantaranya :
·   Materi pelajaran harus sesuai dan menunjang tercapainya tujuan instruksional.
·   Materi pelajaran hendaknya sesuai dengan tingkat pendidikan atau perkembangan siswa pada umumnya.
·   Menetapkan materi pembelajaran harus serasi dengan urutan tujuan.

Urutan materi pelajaran hendaknya memperhatikan kesinambungan (kontinuitas).
·  Materi pelajaran di susun dari hal yang sederhana menuju yang komplek, dari yang mudak menuju yang sulit, dari yang konkret menuju yang abstark. Dengan cara ini siswa akan mudah memahaminya.
·  Materi pelajaran hendaknya mencakup hal-hal yang bersifat factual maupun konseptual.

Aspek – Aspek  Materi Pembelajaran
Kalau kita mempelajari lebih dalam mengetahui  materi pelajaran ,maka kita akan dapat melihat adanya berbagai aspek yang antara lain : konsep fakta, proses , nilai keterampilan , bahkan juga terdapat sejumlah masalah-masalah  yang ada kaitannya dengan kehidupan masyarakat.

Istilah – istilah tersebut pada garis besarnya ialah :
1.      Konsep adalah suatu idea tau gagasan atau suatu pengertian yang umum, misalnya meliputi definisi lingkaran,.
2.      Prinsip adalah suatu kebenaran dasar sebagai titik tolak untuk berpikir atau merupakan suatu petunjuk untuk berbuat / melaksanakan sesuatu ,  meliputi dalil, rumus, postulat, teorema.
3.      Fakta adalah sesuatu  yang telah terjadi atau yang telah dikerjakan/dialami.Mungkin berupa hal , objek atau keadaan.Jadi  bukan sesuatu yang diinginkan  atau pendapat atau   teori.
4.      Proses adalah serangkaian perubahan , gerakan – gerakan perkembangan . Suatu proses dapat terjadi secara sadar tidak disadari. Dapat  juga merupakan cara melaksanakan kegiatan operasional (misalnya di pabrik) atau proses pembuatan tempe, proses perubahan warna pada daun yang kena hama wereng dan sebagainya.
5.      Nilai adalah suatu pola, ukuran atau merupakan suatu tipe atau model . Umumnya nilai bertalian dengan pengakuan atau kebenaran yang bersifat umum, tentang baik atau buruk.
6.      Keterampilan adalah kemampuan berbuat sesuatu dengan baik. Berbuat dapat berarti secara jasmaniah ( menulis, berbicara dan sebagainya) Biasanya kedua aspek tersebut tidak terlipas satu sama lain.


Aspek – aspek tersebut , perlu menjadi dasar pertimbangan dalam  menentukan bahan pelajaran dan rinciannya.Sesuatu satuan bahasan yang telah ditentukan perlu dianalisis lebih lanjut tentang konsep- konsep apa yang terkandung dalam topic tersebut, prinsip – prinsip apa yang perlu disampaikan dan seterusnya.

0 Response to "PERSYARATAN DAN ASPEK-ASPEK DASAR PENENTUAN BAHAN ATAU MATERI PEMBELAJARAN "

Posting Komentar