PENGAJARAN TERAARAH
1. Uraian Singkat
Dalam teknik ini, guru mengajukan satu atau beberapa
pertanyaan berupa kegiatan pre-tes untuk melacak pengetahuan siswa untuk mendapatkan hipotesiss atau kesimpulan
mereka dan kemudian memilah-milahnya menjadi sejumlah kategori. Metoda
pengajarann terarah merupakan selingan yang mengasyikkan disela-sela cara
belajar biasa agar siswa tidak jenuh terhadap metode pengajaran yang monoton.
Cara ini memungkinkan untuk mengetahui apa yang telah diketahui dan dipahami
oleh siswa sebelum memaparkan apa yang akan diajarkan. Metode ini sangat
berguna dalam mengajarkan konsep-konsep yang abstrak.
2. Prosedur
a. Ajukan pertanyaan atau serangkaian pertanyaan yang
menjajaki pemikiran siswa dalam pengetahuan yang mereka miliki. Gunakan
pertanyaan yang memiliki beberapa kemungkinan jawaban.
b. Berikan waktu yang cukup kepada siswa dalam pasangan atau
kelompok untuk membahas jawaban mereka.
c. Perintahkan siswa untuk kembali ke tampat masing-masing
dan catatlah pendapat mereka. Jika memungkikan, seleksi jawaban mereka menjadi
beberapa kategori yang terkait dengan kategori atau konsep yang berbeda/
d. Sajikan poin-poin pembelajaran utama yang ingin anda
ajarkan. Perintahkan siswa untuk menjelaskan kesesuaian jawaban mereka dengan
poin-poin ini. Catatlah gagasan yang memberi informasi tambahan bagi poin
pembelajaran dari pelajaran.
3. Variasi
a. Jangan memilah-milah jawaban siswa menjadi daftar yang
terpisah. Sebagai gantinya, buatlah satu daftar panjang dan perintahkan merak
untuk mengkategorikan gagasan mereka terlebih dahulu sebelum anda membandingkannya
dengan konsep yang ada ide pikran anda artinya guru memberikan kesempatan siswa untuk menetukan kategori berdasarkan ide/ gagasan mereka sendiri
b. Mulailah pelajaran dengan tanpa kategori yang sudah ada
di benak anda. Cermati bagaimana siswa dan anda secara bersama bisa
memilah-milah gagasan-gagasan mereka menjadi kategori yang berguna.
0 Response to "TEKNIK BELAJAR BERKELANJUTAN DENGAN METODE PENGAJARAN TERARAH"
Posting Komentar