TALKING STIK
Langkah – langkah :
1. Guru menyiapkan sebuah tongkat
2. Guru menyiapkan materi pokok yang akan dipelajari,
kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari
materi pada pegangganya/paketnya
3. Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya
mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa,
setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut
harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat
bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5. Guru memberikan kesimpulan terhadap kegiatan tersebut
yang berkaitan dengan materi pembahasan saat itu
6. Evaluasi untuk mengetahui ketercapain materi dan
kesuksesan metode yang digunakan.
7. Penutup
BERTUKAR PASANGAN
Langkah – langkah :
1. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa
menunjukkan pasangan atau siswa menunjukkannya)
2. Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan
pasangannya
3. Setelah selesai pasangan bergabung dengan satu pasangan
yang lain artinya pasangan di rooling
4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing – masing
pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengkukuhkan jawaban mereka
5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan
kemudian dibagikan kepada pasangan semula (sharing n charing)
SNOWBALL THROWLING
Langkah – langkah :
1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2. Guru membentuk kelompok – kelompok dan memanggil masing –
masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
3. Masing – masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya
masing – masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada
temannya (ketua kelompok memaparkan tugas yang diterima dar guru untuk dikerjakan
bersama anggota kelompknya)
4. Kemudian masing – masing siswa diberi satu lembar kerja,
untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah
dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar
dari satu siswa ke siswa yang lain selama lebih kurang 5 menit
6. Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan
kesempatan siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas yang
berbentuk bola tersebut secara bergantian
7. Masing-masing kelompok membuat kesimpulan yang
selanjutnya nanti akan diperkuat dengan dari guru.
8. Evaluasi
9. Penutup
0 Response to "TATA CARA PENGGUNAAN METODE PENGAJARAN TALKING STIK BERTUKAR PASANGAN DAN SNOWBALL THROWLING"
Posting Komentar