loading...

HARI PERTAMA SEKOLAH, MENDIKBUD INGAT INI PADA PARA GURU

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Beraktifitas

Sinarberita.com - Hari ini, Senin (17/7/2017), merupakan hari pertama sekolah di tahun ajaran 2017/2018.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengingatkan kembali pentingnya sinergi tripusat pendidikan, yaitu sekolah, orangtua, dan lingkungan rumah, dalam gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy saat ditemui usai menghadiri pembukaan Hari Kebebasan Pers Sedunia, di Jakarta Convention Center, Rabu (3/5/2017).
Gambar Ilustrasi

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin apel "Anak Cerdas Berkarakter" di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin.

"Orangtua atau keluarga adalah pendidik pertama dan utama, hendaknya sekolah, rumah dan masyarakat bersinergi menciptakan ekosistem pendidikan yang dapat mendukung gerakan pendidikan karakter," kata Muhadjir dalam apel tersebut, seperti dikutip dari siaran pers Kemendikbud, Senin.

Apel itu dihadiri para guru, siswa dan pemangku kepentingan pendidikan kota Palangkaraya. Muhadjir berpesan kepada para siswa agar tidak hanya mengejar unsur akademis saja, namun juga dapat menggali dan mengoptimalkan minat dan bakat.

Sesuai dengan prinsip gerakan PPK, siswa tidak hanya didorong untuk mengolah pikir saja, namun juga mengolah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), serta olah raga (kinestetik).

"Kamu yang tidak pandai mata pelajaran tertentu, jangan berkecil hati. Saya yakin kamu memiliki keunggulan di mata pelajaran lain atau pada hal-hal lainnya. Asah terus, saya percaya itu dapat bermanfaat untuk masa depanmu," ujar Muhadjir.

Kepada para guru, Mendikbud berpesan agar dapat mendampingi siswanya. Menurut dia, keberhasilan penerapan pendidikan karakter terletak pada para guru.

Hari pertama sekolah, lanjut Muhadjir, merupakan momentum baik bagi orang tua atau keluarga untuk dapat menjalin hubungan baik dengan para pendidik di sekolah.

Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016, peran serta masyarakat dalam upaya memajukan pendidikan semakin terbuka luas. Masyarakat dapat berkolaborasi dengan komite sekolah dapat mendorong perbaikan di tingkat satuan pendidikan.

Dengan manajemen berbasis sekolah, diharapkan sekolah berperan sebagai sentral dan mampu mengoptimalkan pemanfaatan sumber-sumber belajar di sekitarnya. Dalam apel tersebut diperdengarkan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dalam tiga stanza.

Demikian berita dan informasi terkini yang berhasil kami lansir dari kompas. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.sinarberita.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

0 Response to "HARI PERTAMA SEKOLAH, MENDIKBUD INGAT INI PADA PARA GURU"

Posting Komentar