loading...

GURU SERTIFIKASI SULIT TINGKATKAN KUALITAS, TERNYATA INI PENYEBAB UTAMANYA

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat pagi dan selamat menikmati hari libur akhir pekan

Sertifikat pendidik, tunjangan profesi serta kualitas guru merupakan tiga hal yang tak terpisahkan dan selalu berhungan satu sama lain. Untuk menjadi guru yang profesional merupakan hal yang tak mudah untuk dilakukan dikarenakan guru-guru harus melewati berbagai proses penyeleksian sebagaimana yang diselenggarakan oleh Pemerintah melalui program sertifikasi guru selama ini.

Tujuan tunjangan sertifikasi bagi guru, adalah untuk meningkatkan kualitas guru. Kalau ada guru sudah mendapat tunjangan sertifikasi tetapi belum meningkat kualitasnya, itu karena guru tersebut tidak bisa memenuhi jumlah jam mengajar di sekolah sendiri, lalu mencari tambahan jumlah jam mengajar di sekolah lain. 


Tidak kosentrasi karena harus mencari tambahan jam di tempat lain, apalagi kalau tempatnya berjauhan. "Itu umumnya dialami oleh guru-guru sekolah swasta yang siswanya hanya sedikit," tandas Ketua Umum Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa Prof Dr Sri Edi Swasono kepada KRjogja.com di sela acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tamansiswa Jawa Tengah - DIY, di Balai Persatuan Tamansiswa Jalan Tamansiswa Yogyakarta, Jumat (22/01/2016). Rakerda itu berlangsung sampai Sabtu (23/01/2016).

Ketika memberikan materi pada Rakerda, Sri Edi Swasono menyebutkan, dalam bidang pendidikan, swasta sudah lebih dahulu bergerak dibanding pemerintah. Sebagai contoh di Yogya, sebelum ada Universitas Gadjah Mada, sudah ada Universitas Islam Indonesia yang didirikan oleh Wakil Presiden Drs Moh Hatta (Bung Hatta). Di Surakarta sebelum ada Universitas Negeri Surakarta, sudah ada dua perguruan tinggi swasta.

Tetapi menurut Sri Edi Swasono, sekolah swasta saat ini dalam kesulitan. Bukan hanya Tamansiswa tetapi juga swasta yang lain. Sekolah swasta terdesak oleh sekolah negeri. Keluhan ini muncul saat pertemuan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS).
(Sumber : http://krjogja.com)

Demikian berita seputar masalah kualitas guru sertifikasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

0 Response to "GURU SERTIFIKASI SULIT TINGKATKAN KUALITAS, TERNYATA INI PENYEBAB UTAMANYA"

Posting Komentar