loading...

INI DIA CARA KEMDIKBUD MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Sore

Seperti yang pernah disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan beberapa waktu yang lalu bahwa Pendidikan di Indonesia berada dalam kondisi yang gawat darurat. 

Oleh karena itu perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan secara serius disetiap lini dengan merambah segala komponen yang berperan dalam dunia pendidikan, salah satunya dengan melibatkan peran serta masyarakat seutuhnya. Untuk memaksimalkan hal tersebut,Pemerintah berupaya melakukan peningkatan pelayanan pendidikan melaui portal Kemdikbud sebagai salah satu jalur penghubung antar semua unsur.

Sebagian besar penduduk Indonesia telah memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal penggunaan internet, misalnya, Indonesia menduduki peringkat ke-11 dunia.

Negara ini juga menjadi peringkat ke-4 dan ke-5 untuk kepemilikan akun facebook dan twitter. Sementara untuk telepon selular, ada sekitar 314,3 juta orang Indonesia yang menggunakannya.

“Jumlah ini melebihi penduduk Indonesia sekitar 255 juta orang. Itu artinya satu orang punya lebih dari satu telepon selular. Oleh karena itu, layanan Kementerian harus juga menjangkau versi mobile,” tutur Plt.  Kepala Pusat Informasi dan Humas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ari Santoso, Selasa (3/3/2015), di Jakarta.

Masifnya penggunaan TIK dalam kehidupan sehari-hari, perlu pula diikuti dengan peningkatan layanan bagi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi daring (online) ini.

Portal dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam memberikan layanan kepada masyarakat dalam bentuk daring atau disebut e-layanan.

Kemendikbud terus berupaya meningkatkan e-layanan yang dapat dimanfaatkan masyarakat tanpa perlu hadir secara langsung di kantor Kemendikbud.

Ari yang juga Kepala Pustekkom Kemdikbud menjelaskan, menjadi portal yang menyediakan e-layanan berarti perlu memperhatikan sejumlah hal agar dapat diakses dengan mudah. Pertama usability.

Artinya ia mudah dipelajari, efisien digunakan, mudah diingat, memuaskan pengunjung, dan memiliki frekuensi kesalahan yang minim.

Kedua, memiliki sistem navigasi yang mudah dipahami oleh pengunjung. Ketiga, andal dalam menghadapi perubahan teknologi web, isu keamanan, dan akses pengunjung yang besar.

“Jangan sampai ketika pengunjung sedang banyak-banyaknya mengakses portal, tiba-tiba down,” katanya.

Hal lain yang perlu juga diperhatikan adalah desain dan konten portal itu sendiri. Menurut Ari, pemilihan grafis, layout, warna, bentuk maupun typografi penting agar dapat menarik pengunjung untuk menjelajahi website lebih lanjut.

“Ada istilah ‘content is king, but without good design, content is a naked king’. Konten juga harus mudah di-index oleh mesin pencari dan ukuran filenya ringan,” tambah Ari.

Portal yang baik juga dapat diubah ke versi bahasa Inggris serta dapat dikembangkan ke versi aplikasi mobile yang kompatibel dengan semua sistem operasi dan resolusi layar smartphone dan tablet/pad. (sumber : www.kemdiknas.go.id)

Demikian dan semoga kualitas pendidikan di Indonesia terus meningkat.

Related Posts :

0 Response to "INI DIA CARA KEMDIKBUD MENINGKATKAN PELAYANAN PENDIDIKAN"

Posting Komentar