loading...

DOWNLOAD RPP BAHASA JEPANG SMA KELAS X SEMESTER 1 KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN    

NAMA SEKOLAH                 : SMA
MATA PELAJARAN              : BAHASA JEPANG
KELAS/SEMESTER               : X/1
TOPIK                              : IDENTITAS DIRI
ALOKASI WAKTU                : 3X 45’


A.  KOMPETENSI INTI

KI 1  :  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  :  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B. KOMPETENSI DASAR
KD 1.1
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar

KD 2.1
Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan  guru dan teman.

KD 3. 1
Memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih,meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri,  serta cara meresponnya terkait topik identitas diri ( あいさつじこしょうかい) aisatsu,jikoshoukai  dan kehidupan sekolah(学校のせいかつ) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur  budaya yang sesuai konteks penggunaannya

KD 4.1
Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk  merespon perkenalan diri, sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, permintaan maaf, meminta izin dan instruksi terkait topik identitas diri (あいさつじこしょうかいaisatsu, jikoshoukai) dan kehidupan sekolah (がっこうの せいかつGakkou no seikatsu) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks  dan unsur budaya secara benar sesuai konteks

C.INDIKATOR
3.1.1.Mencocokkan ujaran-ujaran (kata,frasa dan kalimat) yang  didengar
3.1.2. Melengkapi kata, frasa, atau kalimat dengan huruf atau kata yang  didengar
3.1.3. Menanyakan informasi umum, selektif, dan  rinci yang telah didapat dalam wacana
3.1.4. Menanyakan ujaran-ujaran untuk melakukan dialog

4.1.1   Mengasosiasikan secara lisan dan tulisan ujaran dengan bahasa  tertentu(bahasa asing lainnya atau bahasa daerah)
 4.1.2   Menjelaskan  kata-kata terkait identitas diri, seperti; nama, pekerjaan, negara asal, daerah asal, tempat tinggal.
4.1.3   Melakukan dialog tentang pencarian data diri orang lain dengan memperhatikan unsur  kebahasaan, dan budaya secara benar dan sesuai konteks
4.1.4    Menginformasikan secara tertulis dalam bentuk laporan tentang diri sendiri, dan orang lain
4.1.5    Mengisi formulir tentang identitas diri  sesuai dengan data yang   dimiliki

D. Tujuan Pembelajaran :
1.  Setelah mengamati, bertanya, dan berdiskusi untuk mengeksplor data, peserta didik  dapat  mengenal,  memahami  ujaran-ujaran terkait identitas diri,baik data diri sendiri maupun data orang lain, dari wacana yang didengar dengan sikap rasa ingin tahu,  bertanggung jawab, jujur, toleran, mampu bekerja sama, dan komunikatif.

2.  Setelah melakukan proses mengasosiasi dengan cara menghubungkan kata, frasa, dan kalimat melalui persamaan dengan bahasa lain, peserta didik dapat mencoba menggunakan  kalimat berita dan tanya baik lisan maupun tulisan untuk memperkenalkan diri sendiri, orang lain dan bertanya jawab dengan bantuan kartu yang tersedia, dengan sikap percaya diri sendiri (mandiri), toleran, mampu bekerja sama dan komunikatif.
   
3.  Melalui tahapan mengomunikasikan  proses dan hasil wawancara terkait identitas diri, peserta didik dapat melakukandialog tentang identitas diri, menceritakan data diri sendiri dan orang lain baik secara lisan dengan lafal dan intonasi yang tepat,  maupun tulisan dengan  ejaan yang tepat, yang mampu mewujudkan sikap mandiri, bertanggung jawab, dan komunikatif.

E.Materi Ajar :
v Fakta             :    Wacana lisan (dialog) tentang  identitas diri
                                  Ujaran lisan ( kata, frasa dan kalimat),seperti :  aisatsu (ohayou 
                                  gozaimasu,  konnichiwa, konbanwa), jikoshoukai (hajimemashite,
                                  watashi wa ... desu.  Douzo yoroshiku )  onamae, oshigoto, okuni, 
                                  goshusshin.
v Konsep           :    Menanyakan, menetukan informasi umum, selektif dan atau rinci,
                             ujaran ujaran  untuk mendapatkan data diri sendiri dan orang lain, 
                             untuk melakukan dialog.
v Prinsip           :    Penggunaan salam sesuai waktunya
Menyapa orang pertama kali berkenalan
Struktur kalimat  ... wa ... desu. /..Wa ...desu ka
v Prosedur         :    kalimat berita dan kalimat tanya, dialog, wacana sederhana

 
F. Pendekatan :  Saintifik
    Strategi        :  berkelompok/berpasangan

    Metode Pembelajaran:
          v  Inkuiri
          v  Tanya jawab
          v  Penugasan
          v  Drill

G. Langkah-langkah Pembelajaran


Tahapan

Aktivitas Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Peserta didik mengucap salam dan berdoa.
2.      siswa mengamati berbagai cara orang menyampaikan salam.
3.      Siswa menyadari, mana kebiasaan yang dia lakukan, mana yang kebanyakan dilakukan orang-orang sekelilingnya, dan mana yang pernah dilihat.
4.    Siswa berdiskusi kepada siapa, kapan dan mengatakan apa pada saat bersalaman untuk menyadari “Banyak yang berbeda, dengan tujuan yang sama” dan “Ada yang berbeda, karena tujuannya berbeda”
5.    Siswa memastikan sendiri apa yang akan diperolehnya dalam pembelajaran ini

10 mnt
Inti
MENGAMATI
1.    Siswa menyimak CD yang diperdengarkan, dan memperhatikan beberapa hal yang dipandu guru:
2.    -Membedakan suara
3.    -Memperhatikan kata yang sama
4.    -Mengulang (memperhatikan lafal)
5.    -Mencatat (memperhatikan ejaan)

MENANYA
6.    -Mengkonfirmasi hasil kerja dengan sesama teman.(menanyakan hal yang tidak dipahami)
7.    Siswa menyimak penjelasan struktur perkenalan diri.

MENGEKSPLOR
8.    Siswa berlatih percakapan. Diharapkan antar siswa saling melakukan koreksi atas latihan yang dilakukan. Siswa mendapat umpan balik atas praktek yang dilakukannya.




 MENGASOSIASI
9.    Siswa berdiskusi untuk membandingkan/mengobservasi“perkenalan diri” dalam bahasa Jepang dengan“perkenalan diri”dalam bahasa Indonesia, serta budaya Jepang saat memperkenalkan diri dengan budaya Indonesia/setempat.
10. Siswa mengisi LEMBAR HASIL OBSERVASI.

MENGKOMUNIKASIKAN
11. Siswa Siswa diminta untuk mengkomunikasikan hasil analisisnyaatau bila waktu tidak mencukupi ditulis sebagai tugas di rumah.
12. Siswa mendapat umpan balik atas tugas yang dilakukan.
13.  Siswa mengisi lembar Evaluasi dan Refleksi Diri



25 menit











25 menit









25  Menit








20’









20’
Penutup

1.    Membuat refleksi kegiatan belajar mengajar, berupa evaluasi terhadap langkah-langkah pembelajaran yang telah disampaikan.
2.    Peserta didik dan guru merencanakan tindak lanjut pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
3.    Pemberian tugas

10

H. Penilaian
1. Penilaian Hasil Belajar Kompetensi Sikap
Penilaian akhir KD  2.1, 2.2, 2.3, dan 2.4
          teknik         :  Observasi
          Bentuknya :  Lembar pengamatan

2.     Penilaian Hasil Belajar Kompetensi Pengetahuan
          Penilaian Akhir KD 3
v  Teknik      :  Tes Tertulis dan Tugas
v  Bentuk      :   Isian,  uraian, dan portofolio

3.   Penilaian Akhir Kompetensi Keterampilan

 
I.   SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar
Pustaka Rujukan
Buku teks pelajaran yang relevan
Internet yang sesuai dengan materi
Media
Komputer, LCD, LKSgambar, kartu huruf, CD/DVD/Kaset




Mengetahui                                                        ........,...................
Kepala Sekolah,                                                 Guru Mata Pelajaran,




----------------------                                               ..............................


0 Response to "DOWNLOAD RPP BAHASA JEPANG SMA KELAS X SEMESTER 1 KURIKULUM 2013"

Posting Komentar