loading...

KURIKULUM PENDIDIKAN KEJURUAN SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA (KOMPETENSI KEAHLIAN RPL)


Kurikulum RPL SMK dikembangkan berdasarkan prinsip yang menitikberatkan  pada peserta didik untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, akhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut maka pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan.

Kurikulum ini  disusun dengan mengacu pada  Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL)  yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional dan  berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan Pendidikan (BSNP) dan ketentuan lain yang menyangkut kurikulum dalam UU 20/2003 dan PP 19/2005.

Penyusunan Kurikulum sangat diperlukan untuk
1.    Mengakomodasi  potensi – potensi yang ada di daerah
2.    Meningkatkan kualitas pendidikan
3.    Memelihara budaya daerah
4.    Mengikuti perkembangan iptek yang dilandasi iman dan takwa
5.    Mempersiapkan peserta didik untuk mempunyai ketrampilan kognitif , afektif dan tingkah laku yang akan mendukung  kehidupannya pada dunia kerja.

Pengertian
1.    Kurikulum ini merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Pemahamannya adalah bahwa pada tingkat satuan pendidikan , harus dikembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya masing-masing
2.    Silabus adalah rencana pembelajaran yang diterapkan sebagai dasar setiap satu atau kelompok mata pelajaran/ kompetensi kejuruan yang yang harus dimiliki setiap peserta didik untuk mencapai kelulusan pada tingkat satuan pendidikan .
3.    Rencana pembelajaran pada suatu  kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi dan kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. pencapaian kompetensi untuk penilaian.
4.    Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.
  
Sebagai faktor keunggulan kompetitif dari kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak  adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja tingkat menengah, melalui langkah-langkah :
1.    Pelaksanaan kegiatan-kegiatan Islami dalam meningkatkan iman dan taqwa
2.    Peningkatan kualitas SDM dan mengembangkan budaya profesional
3.    Peningkatan kualitas Manajemen Sekolah
4.    Pelaksanaan KBM yang berkualitas
5.    Peningkatan  Sarana Pendidikan sesuai dengan kemajuan IPTEK
6.    Penciptaan iklim kerja yang kondusif melalui pelaksanaan 7K
7.    Peningkatan hubungan kerjasama dengan industri dan instansi terkait
8.    Pengembangan unit produksi yang dikelola secara profesional

Tujuan Kompetensi Keahlian :
Tujuan Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah  :  
1.    Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah
2.    Mendidik peserta didik agar mampu memilih karir,berkompetensi dan mengembangkan sikap profesional dalam Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.

Kegiatan Pengembangan Diri
Kegiatan Pengembangan diri  memuat 3 unsur kegiatan
1. Bimbingan Keahlian Kejuruan  ( BKK ) terdiri dari
a.    Menyebarluaskan informasi  lowongan pekerjaan
b.    Menyalurkan lulusan sesuai dengan kemampuan dan program keahlian
c.    Melaksanakan bimbingan dan pengarahan tentang karier siswa
d.    Pendataan lulusan yang telah bekerja

2. Bimbingan Konseling ( BP ) terdiri dari
a.     Masalah kesulitan belajar siswa
b.     Pengembangan karir siswa
c.     Pemilihan jenjang pendidikan yang lebih tinggi
d.     Masalah dalam kehidupan social siswa

3. Ekstrakurikuler
Berdasarkan kondisi Obyektif  maka kegiatan ini dipilih dan ditetapkan adalah :
a.    Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa
Bertujuan untuk
1)    Melatih siswa dalam berorganisasi
2)    Mempersiapkan siswa untuk menjadi pemimpin yang handal
3)    Melatih siswa untuk bersikap demokratis
4)    Melatih siswa belajar mengambil keputusan dengan tepat

b.    Kepramukaan
1)    Sebagai wahana siswa untuk berlatih berorganisasi
2)    Melatih siswa untuk trampil dan mandiri
3)    Melatih siswa untuk mempertahankan hidup
4)    Memiliki jiwa social dan peduli kepada orang lain
5)    Memiliki sikap kerjasama kelompok
6)    Dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat

c.    Kegiatan PMR
1)    Praktik PPPK
2)    Memiliki jiwa social dan peduli kepada orang lain
3)    Memiliki sikap kerjasama kelompok
4)    Melatih siswa untuk cepat dan tepat dalam memberikan pertolongan pertama
5)    Membentuk piket UKS

d.    Kegiatan Kelompok Ilmiah Remaja
1)    Melatih siswa berfikir kritis
2)    Melatih siswa trampil dalam menulis karya ilmiah
3)    Mampu berkompetisi dalam berbagai lomba IPTEK
4)    Mampu berkompetisi dalam lomba bidang IMTAQ

e.    Kegiatan Olahraga Seni dan Budaya
1)    Pengembangan Olahraga Prestasi
2)    Pengembangan  Musik
3)    Pengembangan seni baca al Quran dan Kaligrafi
4)    Pengembangan seni Bela Diri

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
A. Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan
1.    Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2.    Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3.    Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4.    Berpartisipasi dalam menegakkan aturan-aturan sosial
5.    Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6.    Membangun  dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7.    Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8.    Menunjukkan kemampuan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9.    Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10.    Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11.    Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12.    Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13.    Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14.    Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15.    Mengapresiasi karya seni dan budaya
16.    Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17.    Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18.    Berkomunikasi lisan dna tulisan secara efektif dan santun
19.    Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20.    Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21.    Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estesis
22.    Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris
23.    Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia  kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.
Kompetensi Kejuruan dan Kompetensi Kejuruan

0 Response to "KURIKULUM PENDIDIKAN KEJURUAN SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA (KOMPETENSI KEAHLIAN RPL)"

Posting Komentar