loading...

HAL-HAL YANG INGIN DICAPAI DALAM PROSES KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR (BIMBEL)

Bimbingan Dalam Belajar
Masalah belajar adalah merupakan initi dari kegiatan disekolah. Sebab semua disekolah diperuntukkan bagi berhasilnya proses belajar bagi siswa yang sedang studi di sekolah tersebut.
Adapun pembagian dalam bimbingan belajar meliputi:

a. Tujuan dalam belajar
Dengan rumusan tujuan bimbingan belajar disekolah yaitu suatu proses bantuan kepada anak didik yang dilakukan secara terus menerus supaya anak didik dapat memahami dirinya sendiri dan bertingkah laku yang wajar, sesuai tuntutan dan keadaan lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat, jelaslah bahwa yang ingin dicapai dalam bimbingan adalah:
- Kebahagiaan hidup pribadi
- Kehidupan yang efektif dan produktif
- Kesanggupan hidup bersama dengan orang lain.
- Keserasian antara cita-cita siswa dengan kemampuan yang dimilikinya.
Keempat hal tersebut adalah merupakan tujuan yang pertama dan utama yaitu tertuju kepada siswa-siswa sebagai individu yang diberikan bantuan. Tetapi sebenarnya tujuan pada bimbingan disekolah bukan hanya terbatas pada siswa-siswa disekolah saja, tetapi juga bagi sekolah secara keseluruhan dan masyarakat.

b. Tujuan Pelayanan Bimbingan bagi Murid
Tujuan bimbingan dan penyuluhan bagi murid adalah untuk:
a. Membantu dalam memahami tingkah laku orang lain.
b. Membantu murid-murid supaya hidup dalam kehidupan yang seimbang antara aspek fisik, mental dan sosial.
c. Membantu proses sosialiasi dan sikap sensitive terhadap kebutuhan orang lain.
d. Membantu murid-murid untuk mengembangkan pemahaman diri sesuai dengan kecakapan, minat, bakat, kecakapan belajar, dan kesempatan yang ada.
e. Membantu murid-murid untuk mengembangkan motif-motif intrinstik dalam belajar, sehingga dapat mencapai kemajuan yang berarti dan bertujuan.
f. Memberikan dorongan dalam pengarahan diri, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan keterlibatan diri dalam proses pendidikan.
g. Mengembangakan nilai dan sikap secara menyeluruh, serta perasaan sesuai dengan penerimaan diri (self acceptance).
h. Membantu murid-murid untuk memperoleh keputusan pribadi dalam menyesuaikan diri secara maksimal terhadap masyarakat.

c. Tujuan Pelayanan Bimbingan dalam Belajar
Tujuan bimbingan belajar secara umum adalah membantu murid-murid agar dapat penyesuaian yang baik dalam situasi belajar, sehingga setiap murid dapat belajar dengan efisien sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, dan mencapai perkembangan yang optimal. Tujuan pelayanan bimbingan belajar dirincikan sebagai berikut :
- Mencarikan cara-cara belajar yang efisien dan efektifbagi seorang anak atau kelompok anak.
- Menunjukkan cara-cara mempelajari sesuai dan menggunakan buku pelajaran.
- Memberikan informasi (saran dan petunjuk) bagi yang memanfaatkan perpustakaan.
- Membuat tugas sekolah dan mempersiapkan diri dalam ulangn dan ujian.
- Memilih suatu bidang studi (mayor atau minor) sesuai dengan bakat, minat, kecerdasan, cita-cita dan kondisi fisik atau kesehatan.
- Menunjukkan cara-cara menghadapi kesulitan dalam bidang studi tertentu.
- Menentukan pembagian waktu dan perencanaan jadwal belajarnya.
- Memilih pelajaran tambahan baik yang berhubungan dengan pelajaran di sekolah maupun untuk pengembangan bakat dan kariernya dimasa depan.

d. Kebutuhan- Kebutuhan Dalam Belajar
Di dalam memasuki proses belajar dan situasi, supaya anak dapat belajar dengan baik, kebutuhan yang diperlukan dalam belajar adalah:
  1. Memiliki kondisi fisik yang tetap sehat.
  2. Memiliki jadwal belajar di rumah, yang disusun dengan baik dan teratur.
  3. Memiliki disiplin terhadap diri sendiri, patuh, dan taat dengan rencana belajar yang telah dijadwalkan.
  4. Memeiliki kamar atau tempat belajar yang sesuai dengan seleranya sendiri dan mandorong kegiatan belajarnya.
  5. Menyiapkan peralatan sekolah dengan baik sebelum balajar.
  6. Menerangi dalam kamar atau tempat belajar yang sesuai dan tidak mengganggu kesehatan mata.
  7. Harus biar memusatkan perhatian dan berkonsentrasi dalam belajar.
  8. Memiliki kepercayaan terhadap kemampuan sendiri dalam belajar.

e. Peranan Guru Dalam Bimbingan Belajar.
Perkembangan ilmu dan teknologi yang disertai dengan perkembangan social budaya yang berlangsung dengan cepat dewasa ini, peranan guru telah meningkat dari sebagai pengajar menjadi pembimbing.
Guru sebagai designer of instruction atau perancang pengajaran yang di tuntut memiliki kemampuan untuk merencanakan (merancang) kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien.
Guru sebagai manager of instruction (pengelola pengajaran), dituntut untuk memiliki kemampuan mengelola seluruh proses kegiatan belajar mengajar dengan menciptakan kondisi-kondisi belajar sedemikian rupa sehingga setiap muri dapat belajar dengan efektif dan efisien.
Guru sebagai pembimbing, dituntut untuk mengadakan pendekatan bukan saja melalui pendekatan instruksional akan tetapi diberengi dengan pendekatan yang bersifat pribadi (personal approach) dalam setiap proses belajar mengajar berlangsung.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru sebagai pembimbing sekaligus berperan sebagai pembimbing dalam proses belajar mengajar. Sebagian pembimbing dalam belajar mengajar diharapkan mampu untuk :
- Memberikan berbagai informasi yang diperlukan dalam proses belajar.
- Membantu setiap siswa dalam mengatasi masalah-masalah pribadi yang dihadapinya.
- Mengevaluasi hasil setiap langkah kegiatan yang telah dilakukannya.
- Memberikan kesempatan yang memadai agar setiap murid dapat belajar sesuai dengan karakteristik pribadinya.
- Mengenal dan memahami setiap murid baik secara individual maupun secara kelompok.

Menurut Perceivel Huston, dalam bukunya The Guidance Function Education guru yang dapat berperan sebagai pembimbing yang efektif adalah guru yang memiliki kemampuan (kelebihan dalam hal mengajar bidang studi) :
- Dapat menimbulkan minat dan semangat dalam bidang studi yang diajarkan.
- Memiliki kecakapan sebagai pemimpin murid.
- Dapat menghubungkan materi pelajaran pada pekerjaan praktis.

0 Response to "HAL-HAL YANG INGIN DICAPAI DALAM PROSES KEGIATAN BIMBINGAN BELAJAR (BIMBEL)"

Posting Komentar