loading...

CONTOH RPP SENI BUDAYA (SENI RUPA) SMP KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI MENGGAMBAR DESAIN RAGAM HIAS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 ( RPP )


SEKOLAH                                : ...........................
MATA PELAJARAN                : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER                : VIII / I
ALOKASI WAKTU                  : 4 X 40 menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI       : 2.   Mengekspresikan diri melalui
                                                          karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR             : 2.1 Merancang karya seni kriya
                                                          tekstil dengan teknik dan corak 
                                                          seni rupa terapan nusantara


A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1.       Mendiskripsikan konsep batik.
2.       Membuat desain pola batik berdasarkan corak ragam hias nusantara

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

B. MATERI AJAR
·         Konsep batik
·         Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.

C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : Tanya jawab, Demonstrasi, Pemberian tugas.

D. LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua :
a.  Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan siswa mengenai daerah-daerah pembuat batik.

b.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Membaca referensi tentang seni rupa nusantara dan karya seni batik.
F  peserta didik Melihat tayangan gambar batik.
F  peserta didik Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E. ALAT / SUMBER BELAJAR
·         Buku teks Seni Budaya
·         Media  elektronik lap top dan LCD proyektor

F. PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Membuat bentuk-bentuk ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara
Ü  Membuat rancangan karya seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara
Tes praktik/
kinerja

Tes identifikasi
Ü  Buat desain tekstil dengan mengambil corak ragam hias Nusantara.

                             
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
Penilaian
1
2
3
4
5
Gagasan





Kreativitas





Teknik /bentuk





Karakteristik






Keterangan :
1 = sangat kurang                      
2 = kurang                              
3 = cukup       
4 = baik
5 = sangat baik



Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………


.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….

0 Response to "CONTOH RPP SENI BUDAYA (SENI RUPA) SMP KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI MENGGAMBAR DESAIN RAGAM HIAS"

Posting Komentar