RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
...........................
MATA PELAJARAN :
Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER :
VIII / I
ALOKASI WAKTU :
4 X 40 menit ( 2x pertemuan )
STANDAR KOMPETENSI :
2. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa.
KOMPETENSI DASAR : 2.1 Merancang karya seni kriya
tekstil dengan teknik dan corak
seni rupa terapan nusantara
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik
mampu :
1. Mendiskripsikan konsep
batik.
2. Membuat desain pola batik
berdasarkan corak ragam hias nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
B. MATERI AJAR
·
Konsep batik
·
Menggambar desain ragam hias untuk pola batik.
C. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL :
Tanya jawab, Demonstrasi, Pemberian tugas.
D. LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa
·
Tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan wawasan
siswa mengenai daerah-daerah pembuat batik.
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Membaca referensi tentang
seni rupa nusantara dan karya seni batik.
F peserta didik Melihat tayangan gambar
batik.
F peserta didik Menggambar desain ragam hias
untuk pola batik.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik
melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
E. ALAT / SUMBER BELAJAR
·
Buku
teks Seni Budaya
·
Media elektronik
lap top dan LCD proyektor
F. PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Membuat bentuk-bentuk
ragam hias dan corak karya tekstil Nusantara
Ü Membuat rancangan karya
seni kriya tekstil dengan corak ragam hias Nusantara
|
Tes praktik/
kinerja
|
Tes identifikasi
|
Ü Buat desain tekstil
dengan mengambil corak ragam hias Nusantara.
|
Contoh lembar penilaian hasil karya seni rupa
Aspek-aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Gagasan
|
|
|
|
|
|
Kreativitas
|
|
|
|
|
|
Teknik
/bentuk
|
|
|
|
|
|
Karakteristik
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
1
= sangat kurang
2
= kurang
3
= cukup
4
= baik
5
= sangat baik
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
(
........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
0 Response to "CONTOH RPP SENI BUDAYA (SENI RUPA) SMP KELAS VIII SEMESTER 1 MATERI MENGGAMBAR DESAIN RAGAM HIAS"
Posting Komentar