Faktor Tujuan Pendidikan
Pendidikan berlangsung dengan proses
yang panjang, yang pada akhirnya mencapai suatu tujuan-tujuan tertentu. Setiap
kegiatan apapun bentuk dan jenisnya, selalu diharapkan kepada tujuan yang ingin
dicapai. Adapun faktor tujuan pendidikan meliputi:
a. Tujuan UmumTujuan umum merupakan tujuan didalam pendidikan yang menjadi tujuan orang tua dan pendidik lain, dalam segala waktu dan keadaan. Tujuan umum ini dirumuskan dengan memperhatikan hakikat kemanusiaan yang universal.
Tujuan sementara merupakan perjalanan untuk mencapai tujuan umum tidak dapat dicapai secara sekaligus, karenanya perlu ditempuh setingkat demi setingkat, yang diupayakan untuk menuju tujuan akhir.
c. Tujuan Akhir
Tujuan akhir merupakan suatu usaha baru yang berakhir jika tujuan akhirnya telah tercapai.
Faktor Pendidik
Pendidik adalah orang yang memiliki
tanggung jawab untuk mendidik. Dalam hal ini kita dapat membedakan faktor
pendidikan itu menjadi dua kategori yaitu: a. Pendidik Menurut Kodrati
Pendidik menurut kodrati yaitu orang tua. Orang tua wajib memberikan didikan kepada anaknya, selain asuhan, kasih sayang dan perhatian. Karena orang tua merupakan pendidik pertama, utama dan kodrati yang banyak memberikan pengaruh dan warna bagi kepribadian seorang anak.
Orang tua yang secara sadar mendidik anak-anaknya, akan selalu dituntun oleh tujuan pendidikan, yaitu kearah anak yang dapat mandiri dan berakhlak baik.
b. Pendidik Menurut Jabatan
Pendidik menurut jabatan adalah guru. Guru adalah sebagai pendidik yang menerima tanggung jawab dari orang tua, masyarakat dan negara. Tanggung jawab dari orang tua diterima guru atas dasar kepercayaan yang mampu memberikan pendidikan dan pengajaran, dan diharapkan pula dari pribadi guru untuk dapat memancarkan sikap yang normatif, sebagai kelanjutan sikap dan sifat orang tua pada umumnya.
Guru sebagai pendidik dalam lembaga formal disekolah, secara langsung menerima kepercayaan dari masyarakat untuk memangku jabatan dan tanggung jawab pendidikan. Sementara itu yang termasuk persyaratan untuk menjadi guru yaitu:
Ø Syarat professional ( ijazah).
Ø Syarat biologis ( kesehatan jasmani).
Ø Syarat psikologis (kesehatan mental).
Ø Syarat paedagogis-didaktis (pendidik dan pengajaran).
Ø Taqwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlakul karimah.
Ø Bertanggung jawab dan berjiwa Nasional.
Faktor Peserta Didik
Peserta didik ialah orang yang
menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan
kegiatan pendidikan. Karakteristik dari peserta didik yaitu:
Ø Belum memiliki pribadi dewasa.
Ø Kelemahan dan ketakberdayaanya.
Ø Berkemauan keras untuk berkembang.
Ø Ingin menjadi diri sendiri.
Sedangakan faktor peserta didik
meliputi:
a.
Keturunan
Kita
dapat mengatakan bahwa sifat-sifat atau ciri-ciri yang terdapat pada seorang
anak adalah keturunan, jika sifat-sifat atau ciri-ciri tersebut diwariskan atau
diturunkan dengan melalui sel-sel kelamin dari generasi yang lain.
Suatu
sifat atau ciri-ciri yang terdapat pada seseorang belum pasti diterima melalui
keturunan dari orang tuanya, mungkin juga sifat keturunan tersebut diwarisi
dari nenek atau buyudnya. sebab tidak semua individu dari suatu generasi menunjukkan sifat-sifat
yang menurun dapat juga sifat-sifat ini
tersembunyi selama beberapa generasi.
Soal
keturunan pada manusia adalah soal yang sulit, yang tidak dapat dengan
tergesa-gesa diambil keputusan bahwa suatu sifat atau ciri yang terdapat pada
seseorang itu merupakan keturunan atau bukan keturunan.
b.
Pembawaan
Pembawaan
adalah seluruh kemungkinan atau kesanggupan (potensi) yang terdapat pada suatu
individu dan yang selama masa perkembangan benar-benar dapat direalisasikan.
Dengan
demikian ,seorang anak atau manusia itu sejak dilahirkan telah mempunyai
kesanggupan untuk berjalan, potensi untuk berkata-kata dan lain-lain. Untuk
dapat diwujudkan dengan nyata, potensi
tersebut harus mengalami perkembangan serta membutuhkan latihan pula. Disamping
itu, tiap-tiap potensi itu memiliki masa kematangan masing-masing.
Pembawaan
atau bakatnya itu terkandung dalam sel benih (kiemcel), yaitu keseluruhan
kemungkinan yang tertentu oleh keturunan. Inilah yang dalam arti terbatas
dinamakan pembawaan (aanleg).
0 Response to "ARTIKEL TENTANG FAKTOR TUJUAN PENDIDIKAN FAKTOR PENDIDIK (GURU) DAN FAKTOR PESERTA DIDIK"
Posting Komentar