loading...

ARTIKEL TENTANG FAKTOR TUJUAN PENDIDIKAN FAKTOR PENDIDIK (GURU) DAN FAKTOR PESERTA DIDIK



Faktor Tujuan Pendidikan
Pendidikan berlangsung dengan proses yang panjang, yang pada akhirnya mencapai suatu tujuan-tujuan tertentu. Setiap kegiatan apapun bentuk dan jenisnya, selalu diharapkan kepada tujuan yang ingin dicapai. 

Adapun faktor tujuan pendidikan meliputi: 
a.       Tujuan UmumTujuan umum merupakan tujuan didalam pendidikan yang menjadi tujuan orang    tua dan pendidik lain, dalam segala waktu dan keadaan. Tujuan umum ini dirumuskan dengan memperhatikan hakikat kemanusiaan yang universal.

b.      Tujuan Sementara 
Tujuan sementara merupakan  perjalanan untuk mencapai tujuan umum tidak dapat dicapai secara sekaligus, karenanya perlu ditempuh setingkat demi setingkat, yang diupayakan untuk menuju tujuan akhir. 
c.       Tujuan Akhir 
Tujuan akhir merupakan suatu usaha baru yang berakhir jika tujuan akhirnya telah tercapai.

Faktor Pendidik
Pendidik adalah orang yang memiliki tanggung jawab untuk mendidik. Dalam hal ini kita dapat membedakan faktor pendidikan itu menjadi dua kategori yaitu: 


a.       Pendidik Menurut Kodrati 
Pendidik menurut kodrati yaitu orang tua. Orang tua wajib memberikan didikan kepada anaknya, selain asuhan, kasih sayang dan perhatian. Karena orang tua merupakan pendidik pertama, utama dan kodrati yang banyak memberikan pengaruh dan warna bagi kepribadian seorang anak. 
Orang tua yang secara sadar mendidik anak-anaknya, akan selalu dituntun oleh tujuan pendidikan, yaitu kearah anak yang dapat mandiri dan berakhlak baik. 

b.      Pendidik Menurut Jabatan 
Pendidik menurut jabatan adalah guru. Guru adalah sebagai pendidik yang menerima tanggung jawab dari orang tua, masyarakat dan negara. Tanggung jawab dari orang tua diterima guru atas dasar kepercayaan yang mampu memberikan pendidikan dan pengajaran, dan diharapkan pula dari pribadi guru untuk dapat memancarkan sikap yang normatif, sebagai kelanjutan sikap dan sifat orang tua pada umumnya. 

Guru sebagai pendidik dalam lembaga formal disekolah, secara langsung menerima kepercayaan dari masyarakat untuk memangku jabatan dan tanggung jawab pendidikan. Sementara itu yang termasuk persyaratan untuk menjadi guru yaitu:
Ø    Syarat professional ( ijazah).
Ø    Syarat biologis ( kesehatan jasmani).
Ø    Syarat psikologis (kesehatan mental).
Ø    Syarat paedagogis-didaktis (pendidik dan pengajaran).
Ø    Taqwa kepada TuhanYang Maha Esa dan berakhlakul karimah.
Ø    Bertanggung jawab dan berjiwa Nasional.

Faktor Peserta Didik
Peserta didik ialah orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan. Karakteristik dari peserta didik yaitu:
Ø     Belum memiliki pribadi dewasa.
Ø     Kelemahan dan ketakberdayaanya.
Ø     Berkemauan keras untuk berkembang.
Ø     Ingin menjadi diri sendiri.

Sedangakan faktor peserta didik meliputi:
a.         Keturunan
 Kita dapat mengatakan bahwa sifat-sifat atau ciri-ciri yang terdapat pada seorang anak adalah keturunan, jika sifat-sifat atau ciri-ciri tersebut diwariskan atau diturunkan dengan melalui sel-sel kelamin dari generasi yang lain.
 Suatu sifat atau ciri-ciri yang terdapat pada seseorang belum pasti diterima melalui keturunan dari orang tuanya, mungkin juga sifat keturunan tersebut diwarisi dari nenek atau buyudnya. sebab tidak semua individu  dari suatu generasi menunjukkan sifat-sifat yang menurun dapat  juga sifat-sifat ini tersembunyi selama beberapa generasi.
Soal keturunan pada manusia adalah soal yang sulit, yang tidak dapat dengan tergesa-gesa diambil keputusan bahwa suatu sifat atau ciri yang terdapat pada seseorang itu merupakan keturunan atau bukan keturunan. 

b.        Pembawaan
 Pembawaan adalah seluruh kemungkinan atau kesanggupan (potensi) yang terdapat pada suatu individu dan yang selama masa perkembangan benar-benar dapat direalisasikan.
 Dengan demikian ,seorang anak atau manusia itu sejak dilahirkan telah mempunyai kesanggupan untuk berjalan, potensi untuk berkata-kata dan lain-lain. Untuk dapat  diwujudkan dengan nyata, potensi tersebut harus mengalami perkembangan serta membutuhkan latihan pula. Disamping itu, tiap-tiap potensi itu memiliki masa kematangan masing-masing.
Pembawaan atau bakatnya itu terkandung dalam sel benih (kiemcel), yaitu keseluruhan kemungkinan yang tertentu oleh keturunan. Inilah yang dalam arti terbatas dinamakan pembawaan (aanleg).

0 Response to "ARTIKEL TENTANG FAKTOR TUJUAN PENDIDIKAN FAKTOR PENDIDIK (GURU) DAN FAKTOR PESERTA DIDIK"

Posting Komentar