RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
Geografi
KELAS :
XII
SEMESTER : 2 ( dua )
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
ALOKASI WAKTU : 4
x 40 menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
3. Menganalisis
wilayah dan pewilayahan
II.
KOMPETENSI DASAR
3.1. Menganalisis
pola persebaran spasial, hubungan serta interaksi spasial desa dan kota
III. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa mampu
·
Mengidentifikasi factor-faktor
yang mempengaruhi terjadinya antrasi
spasial desa kota
·
Menghitung kekuatan interaksi
antara dua wilayah
“
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.
“
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§
Kerja keras, jujur, saling
menghargai orang lain, inovatif,
IV. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Interaksi desa kota
V. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Mengidentifikasi factor-faktor
yang mempengaruhi terjadinya antrasi
spasial desa kota
·
Menghitung kekuatan interaksi
antara dua wilayah
VI. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis
pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi spasial desa-kota
|
·
Mengungkapkan
kembali factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial
desa-kota dari berbagai referensi
·
Secara
individu, menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah dari data yang
disajikan dalam LKS
|
·
Siswa dapat
Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial
desa dan kota
·
Siswa dapat
Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah
|
VII. LANGKAH –
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan:
·
Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Tanya jawab mengenai
factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya iinteraksi desa-kota. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Menghitung kekuatan interaksi
antara dua wilayah, menurut ; (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
-
Modal geografi
-
Titik heat
-
Grafik
-
Potensi pendududuk
·
Melaporkan hasil-hasil
perhitungan! (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup:
·
Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Secara individu, siswa membuat kliping tentang
pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (berisi tentang rangkuman,
tanggapan, dan sumber) (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
VIII. SUMBER
BELAJAR / ALAT / BAHAN :
-
Sumber
·
Bintarto (1997) Geografi Kota
Yogyakarta Fakultas UGM
·
Dadjoeni N (1999) Geografi Kota
da Desa Alumni Bandung
IX. PENILAIAN
·
Jenis tagihan : Tugas individu
·
Bentuk tagihan :
Laporan, uraian berstruktur
·
Instrumen penilaian
1.
Rumuskanlah pengertian
interaksi kota!
2.
Sebutkan factor-faktor yang
menyebabkan terjadinya interaksi kota / wilayah!
3.
Sebutkah 3 teori interaksi
kota, jumlah penduduk A = 100.000 jiwa Peduduk B = 60.000 jiwa. Jarak kota A ke
B = 20 km
4.
Berapakah kekuatan interaksi
kota A dan B menurut model gravitasi?
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
0 Response to "CONTOH RPP GEOGRAFI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN INTERAKSI DESA DAN KOTA"
Posting Komentar