RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XII (dua belas) / 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
nasional
Kompetensi Dasar :
3.2 Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan
usaha
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
2. Menjelaskan teori-teori manajemen.
3. Mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan fungsi-fungsi
manajemen.
b) Siswa dapat menjelaskan teori-teori
manajemen.
c) Siswa dapat mengidentifikasi bidang-bidang
manajemen.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Fungsi manajemen
C. Uraian Materi
a)
Fungsi-fungsi manajemen
b)
Teori-teori manajemen
c)
Bidang-bidang manajemen
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
|
· Mendiskusikan fungsi-fungsi manajemen.
· Mencari informasi tentang teori-teori
manajemen.
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan
fungsi-fungsi manajemen.
· Siswa dapat Menjelaskan teori-teori manajemen
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat
tayangan mengenai berbagai kegiatan di masing-masing bidang manajemen. Kemudian guru memberi pengarahan agar
siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai fungsi manajemen dalam
pengelolaan badan usaha sangat penting
karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika
terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan fungsi
manajemen dalam pengelolaan badan usaha. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga
kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas
untuk mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas
untuk mencari informasi tentang teori-teori manajemen.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi
bidang-bidang manajemen.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku
Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP, dan
spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK
……….. NIP/NRK
…………...
0 Response to "CONTOH RPP EKONOMI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI POKOK FUNGSI MANAJEMEN"
Posting Komentar