RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SD/MI : ____________________
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Standar Kompetensi : 6. Membaca
surah-surah Alquran
Kompetensi Dasar : 6.1 Membaca
surah Alquran dengan lancar
Alokasi Waktu : 6 ´ 35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan Pembelajaran : 1. Siswa
dapat melafalkan Surah Al Kausar dengan makhraj dan harakat yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan yang ada
pada Surah Al Kausar
3. Siswa dapat mengartikan Surah Al Kausar
4. Siswa dapat menghafal Surah Al Kausar
5. Siswa dapat menyalin ayat dan kalimat Alquran
Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi Pembelajaran : Surah Al Kausar
Metode Pembelajaran : 1. Siswa
melafalkan Surah Al Kausar sacara klasikal, kelompok dan individu dengan
makhraj dan harakat yang
benar
2. Siswa
berlatih menerapkan hukum bacaan yang ada pada Surah Al Kausar
3. Siswa
berlatih mengartikan Surah Al Kausar
4. Siswa
menghafalkan Surah Al Kausar
5. Siswa
berlatih menyalin ayat dan kalimat Alquran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Langkah
Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|
|
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi
dan Motivasi
:
F Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal
siswa
F Memperkenalkan bahan ajar yang menarik dan
berguna bagi siswa melalui fitu mutiara islam dan Sepenggal Kisah
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa Membaca surah Alquran
dengan lancar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melafalkan Surah Al Kausar dengan harakat dan makhraj yang benar secara
klasikal, kelompok dan individu
F Siswa melafalkan Surah Al Kausar dengan
menerapkan hukum bacaan yang ada di Surah Al Kausar dan menampilkan
kemampuannya di depan kelas
F Siswa mengartikan Surah Al Kausar secara
kelompok dan menampilkan kemampuannya melalui wakil masing-masing kelompok di
depan kelas
F Siswa menghafal Surah Al Kausar secara klasikal
kelompok dan individu
F Siswa menyalin ayat dan kalimat Alquran secara individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa seputar
hukum bacaan yang ada pada Surah Al Kausar
F Guru memberi tugas siswa untuk menyalin Surah Al
Kausar di buku tugas
F Guru membacakan kesimpulan dari materi Surah Al
Kausar yang telah disampaikan
|
|
|
|
|
Alat /
Sumber Belajar:
1. Teks
lafal Surah Al Kausar beserta artinya di karton atau papan tulis
2. Buku tajwid
3. Buku Pendidikan Agama Islam
4. Alquran (Juz Amma)
5. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Melafalkan
Surah Al Kausar dengan makhraj dan harakat yang benar
Ø Menerapkan
hukum bacaan pada surah Al quran
Ø Mengartikan
Surah Al Kausar
Ø Menghafal
Surah Al Kausar
Ø Menyalin
ayat dan kalimat Alquran
|
Tes lisan
Tes lisan
Tes tulis
Tes lisan
Tes tulis
|
Pelafalan
Pelafalan
Pelafalan
Hafalan
Jawaban
singkat
|
Ø
Lafalkan surah Al Kausar!
Ø Bacalah
surah Al Kausar sesuai dengan makhraj dan tanda baca yang benar!
Ø Apakah
arti ayat
فَصَلِّ لِرَبِّكَ
وَانْحَرْ
Ø Hafalkan
surah Al Kausar!
Ø ان شانئك هوالابتر
Salinlah dan
berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat di atas!
|
1.Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v
Untuk
Siswa yang belum memenuhi syarat nilai sesuai KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala
SD/MI ………………………
(_______________________)
NIP/NIK : ...........................
|
|
…….……..,…………………20…….
Guru Pendidikan Agama Islam
(_______________________)
NIP/NIK : ...........................
|
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR KELAS IV SEMESTER 2"
Posting Komentar