loading...

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester
: III (tiga)/II (dua)
Pertemuan Ke
: 1 – 2
Alokasi Waktu
: 4 x 45’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
8.      Mengapresiasi Karya Seni rupa

Kompetensi Dasar :
8.1  Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
8.2  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa tiga dimensi.

I.   Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
2.      Siswa dapat menjelaskan simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
3.      Siswa mampu membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai makna simbol karya seni rupa
4.      Siswa dapat menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
5.      Siswa dapat membedakan  simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
  1. Simbol Bentuk pada Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
  2. Simbol Warna pada Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

III.   Metode Pembelajaran
1. Menonton/menyimak sebuah film
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

  Kegiatan Awal
1.      Apersepsi
2.      Salam pembuka
3.      Mengabsen siswa
4.      Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.      Memperlihatkan karya seni rupa melalui VCD tentang patung

  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan tentang karya dalam film tersebut di atas
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengarahkan siswa untuk menulis komentar tentang karya dalam film tersebut komentar
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

☺ Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Tugas membawa contoh karya seni rupa tiga dimensi

V.   Sumber/Alat/Bahan

·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa


VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.



   Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.      Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi.
c.       Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas.


   Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran   
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Menjelaskan berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi di lingkungan sekitar.
·        membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
·        menyampaikan secara lisan tentang perasaannya terhadap berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
·        Membuat gambar pola ragam hias.
·        membuat komposisi warna dari berbagai perpaduan symbol warna pada pola ragam hias.
·        membuat gambar dekoratif dari berbagai pola ragam hias yang dikembangkan dari symbol warna dan ragam hias berdasarkan unsure rupa dan prosedur perpaduannya.
Lisan
praktek
Buatkan tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa
Buatkan gambar pola ragam hias
Buatkan komposisi warna dari berbagai perpaduan symbol warna pada pola ragam hias.

·        menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa tiga dimensi.
Observasi,.
lesan
Tunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa tiga dimensi

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1
&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP/NIK :                                                            NIP/NIK :

0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2"

Posting Komentar