RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI
(Enam)
Semester : II (Dua)
Alokasi Waktu : 4
x 35 menit (2 pertemuan).
I.
Standar Kompetensi**
3. Memahami peran Indonesia dalam lingkungan
negara-negara di Asia Tenggara.
II.
Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan
pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.
III.
Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
§ Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
Kognitif
§ Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN
§ Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
§ Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang
politik.
§ Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang
ekonomi
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama
lain.
§ Menyebutkan
upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
§
IV.
Tujuan Pembelajaran
Psikomotor
§ Siswa mampu menyebutkan pengertian kerja
sama negara-negara ASEAN.
Kognitif
Dengan tanpa membuka buku
§ Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh
pendiri ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan negara-negara
anggota ASEAN.
§ Siswa mampu menjelaskan arti lambang
ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan nama para tokoh
yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan tugas pokok
sekretariat nasional ASEAN.
§ Siswa mampu menyebutkan langkah-langkah
konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang ekonomi.
§ Siswa mampu menyebutkan contoh bentuk
kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi.
§ Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN
dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§ Siswa mampu menyebutkan upaya-upaya ASEAN
dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya.
§ Membuat kliping dengan teman kelompoknya
masing-masing.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Berani (
courage ), Integritas ( integrity ),
Peduli ( caring ), Jujur ( fairnes ) dan Kewarganegaraan ( citizenship )
V.
Materi Ajar
§ Sejarah ASEAN
§ Lambang ASEAN
§ Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama
ASEAN
§ Dasar-dasar verja sama untuk mencapai
tujuan pokok
§ Struktur sekretariat ASEAN
§ Bidang politik dan keamanan
§ Bidang ekonomi
§ Bidang sosial budaya
Kerja Sama ASEAN
Negara-negara anggota ASEAN saat ini menjalin kerja sama dalam bidang
politik, ekonomi, sosial, budaya, dan latihan militer bersama.
a. Politik
Di bidang politik, ASEAN sepakat untuk menyelesaikan segala permasalahan
melalui meja perundingan. ASEAN sepakat untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara
sebagai kawasan bebas senjata nuklir.
b. Ekonomi
Di bidang ekonomi, ASEAN berupaya menciptakan kerja sama perdagangan yang
saling menguntungkan. Bentuk kerja sama ekonomi dapat direalisasikan,
antara lain sebagai berikut:
1) membuka pusat promosi ASEAN untuk perdagangan, investasi, dan pariwisata
di Tokyo;
2) menyediakan cadangan pangan (terutama beras);
3) membangun proyek-proyek industri ASEAN, seperti proyek pabrik pupuk urea
amonia di Indonesia dan Malaysia, proyek industri tembaga di Singapura, proyek
pabrik mesin diesel di Singapura, dan proyek pabrik superfosfor di Thailand;
4) menciptakan preference trading arrangement (PTA) yang bertugas menentukan
tarif rendah untuk beberapa jenis barang komoditas ASEAN.
c. Sosial
Di bidang sosial, ASEAN melakukannya kerja sama, antara lain sebagai
berikut:
1) pencegahan narkoba dan penanggulangannya;
2) penanggulangan bencana alam;
3) perlindungan terhadap anak cacat;
4) pemerataan kesejahteraan sosial masyarakat.
d. Budaya
Di bidang budaya, ASEAN melakukan kerja sama, seperti berikut:
1) tukar menukar pelajaran dan mahasiswa;
2) pemberantasan buta huruf;
3) program tukar menukar acara televisi ASEAN;
4) temu karya pemuda ASEAN;
5) festival lagu ASEAN.
Latihan Militer Bersama
Negara-negara anggota ASEAN tetap menghindari pembentukan pakta atau persekutuan
militer. Namun, untuk meningkatkan keamanan wilayah mereka sering menggelar
latihan militer bersama. Misalnya, latihan militer dengan sandi Elang Malindo
merupakan latihan militer Angkatan Udara Indonesia dan Malaysia
VI.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§ Pendekatan kontekstual.
§ Pendekatan Cooperatif Learning.
§ Diskusi dengan teman sebangku.
§ Tanya jawab.
§ Penugasan.
VII.
METODE PEMBELAJARAN
Model : a.Jig
saw
b. Pembelajaran
koperatif
c.
Pendekatan kontlektual
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan
penegasan
b.
Pemberian tugas kelompok
c. penegasan
VIII.
Langkah-langkah Kegiatan
Langkah
Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
||
§
Fase 1-2
§
Kegiatan Awal
Mengajak semua siswa berdoa sesuai
dengan agama, presensi, apersepsi
dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
Memberikan motivasi dan menjelaskan
tujuan pembelajaran
Membagikan lembar ujian yang sudah
diperiksa dan dinilai.
Membahas sekilas soal-soal ujian pada
pertemuan sebelumnya.
§
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Semua siswa diminta menyimak teks yang
dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai kerja sama
antarnegara di Asia Tenggara.
Guru menunjukkan peta Asia Tenggara dan
meminta semua siswa mengamati letak negara-negaranya.
Bersama-sama menyebutkan nama-nama
negara ASEAN beserta ibu kotanya.
Bersama-sama menyebutkan pemimpin
negaranya.
Guru menjelaskan sejarah ASEAN.
Guru menunjukkan lambang ASEAN dan
meminta seluruh siswa untuk mengamatinya.
Guru menjelaskan arti lambang ASEAN.
Membahas struktur ASEAN.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Menggambar peta ASEAN dan lambangnya.
Memberikan contoh-contoh kerja sama
ASEAN dalam berbagai bidang seperti bidang, politik dan keamanan, bidang
ekonomi dan bidang sosial.
Mendiskusikan dampak ASEAN bagi
negara-negara anggotanya.
Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, kemudian menugaskan untuk membuat kliping yang berhubungan dengan
kerja sama ASEAN dalam berbagai bidang.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
Siswa dan guru membuat kesimpulan materi yang telah
dipelajari.
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.
|
|
|
|
|
IX.Sumber/Bahan Belajar
§ Peta ASEAN.
§ Gambar lambang ASEAN.
§ Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan narasumber umum)
§ Surat Kabar, dst.
X.Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN
§ Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
§ Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang
politik.
§ Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang
ekonomi
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama
lain.
§ Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara
anggotanya
|
Tugas berkelompok
Tugas individu.
|
§ Penilaian tulisan.
§ Penilaian lisan
|
§ Menggambar peta ASEAN.
§ Menjelaskan arti lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri
§ Sebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§ Sebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§ Sebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§ Jelaskan arti lambang ASEAN
§ Sebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§ Sebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
§ Sebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang
politik.
§ Sebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang
ekonomi
§ Sebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama
lain.
§ Sebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara
anggotanya
|
XI.
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 2"
Posting Komentar