RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas/Semester :X
/ 2
Mata Pelajaran :
Matematika-Wajib
Topik :
Geometri
Waktu :
4 × 45 menit
A.
Kompetensi Inti SMA kelas X:
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
2.
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap
kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai
permasalahan nyata.
2.2 Memiliki sikap toleran terhadap
proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
3.13. Mendeskripsikan konsep
jarak dan sudut antar titik dan garis dan bidang melalui demonstrasi
menggunakan alat peraga atau media lainnya
4.13. Menggunakan berbagai
prinsip bangun datar dan ruang dalam menyelesaikan masalah nyata berkaitan
dengan jarak dan sudut antara titik, garis dan bidang.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi.
1. Menemukan
konsep jarak antara titik dengan titik, titik dengan garis, titik dengan
bidang, garis dengan garis.
2. Menemukan
konsep sudut antaragaris dengan garis dan garis dengan bidang melalui
demonstrasi menggunakan alat peraga atau media lainnya
3. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan konsep menentukan jarak dan sudut antara titik dan garis dan
bidang
D.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi dan
pembelajaran kelompok dalam pembelajaran geometri ini diharapkan siswa dapat:
1. Menuliskan definisi jarak duatitik,
titik dengan garis, titik dengan bidang,
garis dengan garis.dengan kalimat sendiri. secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
2. Mengimplementasikan
konsep jarak 2 titik, titik dengan garis, titik dengan bidang, garis dengan garis dalam pemecahan masalah
matematika non rutin.
E.
Materi
Matematika
1. Materi
Prasyarat
-
Konsep pythagoras
-
Konsep perbandingan trigonometri
2. Materi
Pokok
-
Jarak antara dua titik
-
Jarak antara titik dengan garis
-
Jarak antara titik dengan bidang
-
Jarak antara garis dengan garis
F.
Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan
pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific).
Pembelajaran berbasis proyek (Project
Based Learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah.
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Pra Pembelajaran
1.
Guru mengkondisikan kelas dalam
suasana kondusif untuk berlangsungnya pembelajaran.
2.
Guru
memberikan motivasi tentang pentingnya memahami Geometri
khususnya materi jarak dan sudut antar titik dan garis dan bidangdan mengaitkannya
dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
4.
Guru menginformasikan tentang proses
pembelajaran yang akan dilakukan termasuk aspek-aspek yang dinilai selama
proses pembelajaran berlangsung.
5.
Guru melakukan apersepsi dengan
melakukan pertanyaan secara klasikal yang bersifat menuntun dan menggali.
|
10 menit
|
Inti
|
Fase-1: Penentuan Pertanyaan Mendasar
Guru mengemukakan pertanyaan esensial
yang bersifat eksplorasi pengetahuan yang telah dimiliki siswa berdasarkan
pengalaman belajarnya yang bermuara pada penugasan peserta didik dalam melakukan suatu
aktivitas.
§ Bagaimana menentukan jarak antara titik dengan garis?
§ Bagaimana menentukan jarak titik dengan bidang?
§ Bagaimana menentukan jarak antara garis dengan bidang?
§ Bagaimana menentukan jarak antara bidang dengan bidang?
Fase-2.Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)
·
Guru
Mengorganisir siswa kedalam kelompok-kelompok yang heterogen (4-5) orang.
Heterogen berdasarkan tingkat kognitif atau etnis
·
Guru
memfasilitasi setiap kelompok untuk menentukan ketua dan sekretaris secara
demokratis, dan mendeskripsikan tugas masing-masing setiap anggota kelompok.
·
Guru
dan peserta didik membicarakan aturan main untuk disepakati bersama dalam
proses penyelesaian proyek. Hal-hal yang disepakati: pemilihan aktivitas, waktu maksimal
yang direncanakan, sansi yang dijatuhkan pada pelanggaran aturan main, tempat
pelaksanaan proyek, hal-hal yang dilaporkan, serta alat dan bahan yang dapat
diakses untuk membantu penyelesaian proyek
Fase-3. Menyusun Jadwal (Create a Schedule)
·
Guru memfasilitasi peserta didik untuk membuat jadwal
aktifitas yang mengacu pada waktu maksimal yang disepakati.
·
Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyusun langkah
alternatif, jika ada sub aktifitas yang molor dari waktu yang telah
dijadwalkan.
·
Guru meminta setiap kelompok menuliskan alasan setiap
pilihan yang telah dipilih.
Fase-4. Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek
·
Guru Membagikan Lemba Kerja siswa yang berisi tugas
peroyek dengan tagihan: 1) menuliskan informasi yang secara eksplisit
dinyatakan dalam tugas, 2) menuliskan beberapa pertanyaan yang terkait dengan
masalah/tugas yang diberikan, 3) menuliskan konsep-konsep/prinsip-prinsip
matematika berdasarkan pengalaman belajarnya yang terkait dengan tugas, 4)
mengaitkan konsep-konsep yang dinyatakan secara eksplisit dalam tugas dengan
konsep-konsep/prinsip-prinsip yang dimiliki oleh siswa berdasarkan pengalaman
belajarnya, 5) melakukan dugaan-dugaan berdasarkan kaitan konsep poin 4), 6)
menguji dugaan dengan cara mencoba, 6) menarik kesimpulan
·
Guru memonitoringterhadap aktivitas peserta didik selama
menyelesaikan proyek dengan cara melakukan
skaffolding jika terdapat kelompok membuat langkah yang tidak tepat dalam
penyelesaian proyek.
Fase-5. Menguji
Hasil (Assess the Outcome)
·
Guru telah melakukan penilaian selama monitoring dilakukan dengan
mengacu pada rubrik penilaian.yang bertujuan: mengukur ketercapaian standar, berperan dalam mengevaluasi kemajuan
masing- masing peserta didik, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman
yang sudah dicapai peserta didik, membantu pengajar dalam menyusun strategi
pembelajaran berikutnya.
Fase-6. Mengevaluasi
Pengalaman
·
peserta didik secara
berkelompok melakukan refleksi terhadap
aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Hal-hal yang
direfleksi adalah kesulitan-kesulitan yang dialami dan cara mengatasinya dan
perasaan yang dirasakan pada saat menemukan solusi dari masalah yang
dihadapi. Selanjutnya kelompok lain diminta menanggapi
|
170 menit
|
Penutup
|
·
Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan
hasil temuan barunya,
·
Guru memberikan tugas proyek pada buku halaman 312
untuk dikerjakan selama satu minggu
|
10 menit
|
H.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
1. Mistar,
busur, klinometer
2. Lembar
penilaian
I.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian: pengamatan, penugasan (proyek) dan tes
tertulis
2.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran geometri.
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran terhadap proses pemecahan
masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menjelaskan
konsep menentukan jarak antara titik dan garis dan bidang secara tepat, sistematis, dan menggunakan
simbol yang benar.
b. Menentukan
jarak antara titik dan garis dan bidang secara
tepat dan kreatif.
|
Penugasan
dalam bentuk proyeks dan tes
|
Pengamatan
proses pelaksanaan proyek pembelajaran
Hasil
akhir dalam presentase dan laporan
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan nilai fungsi di berbagai kuadran.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian
tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
J.
Instrumen
Penilaian Hasil Belajar
Tes
tertulis
(contoh soal)
Wani hendak merayakan ulang tahunnya
yang ke-17 dengan memberikan dekorasi pada kamarnya yang berbentuk balok.
Dekorasinya berupa menghubungkan pita dari sebuah lampu yang terletak di tengah
langit-langit kamar dengan titik sudut pada bagian lantai kamar. Jika
langit-langit kamar berukuran 2,4 x 1,8
meter, dan tingginya 3 meter.
1. Sketsalah
masalah Wani dalam sebuah gambar!
2. Identifikasi
masalah-masalah yang mungkin dihadapi oleh Wani!
3. Tuliskan
strategi–strategi yang bisa digunakan Wani untuk menyelesaikan masalah!
4. Dengan
menggunakan salah satu strategi, berapakah panjang pita minimal yang perlu
dipersiapkan oleh Wani
5. Jika
seandainya Wani diminta oleh temannya untuk melakukan hal yang sama pada kamar
temannya yang ukurannya berbeda, tuliskan cara yang dapat digunakan oleh Wani
untuk menyelesaikan masalah temannya.
Alternatif
Pedoman Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
a
|
Sketsa yang dibuat oleh siswa
Jika siswa mampu membuat sketsa
dengan baik,skornya 2
Jika siswa mampu membuat sketsa tapi
belum tepat,skornya 1
Jika siswa tidak mampu membuat
sketsa,skornya 0
|
2
|
b
|
Masalah-masalah yang dikemukakan oleh
siswa
Jika siswa mampu mengemukakan masalah
dan berkaitan dengan persoalan,skornya 2
Jika siswa mampu mengemukakan masalah
tapi tidak sesuai dengan persoalan yang diminta,skornya 1
Jika siswa tidak mampu mengemukakan
masalah, skornya 0
|
2
|
c
|
Strategi-strategi yang dikemukakan
oleh siswa
Jika siswa mampu mengemukakan
strategi pemecahan masalah dan berkaitan dengan persoalan,skornya 2
Jika siswa mampu mengemukakan
strategi pemecahan masalah tapi tidak sesuai dengan persoalan yang
diminta,skornya 1
Jika siswa tidak mampu mengemukakan
strategi pemecahan masalah, skornya 0
|
2
|
d
|
Alternatif jawaban :
Siswa menggunakan sketsa untuk
menyelesaikan masalah dan memberikan simbol-simbol matematika yang sesuai
Misalnya siswa memberikan nama lampu
dengan titik P, langit-langit kamar adalah bidang EFGH dan lantai kamar
adalah bidang ABCD.
Siswa dapat mengidentifikasi masalah,
bahwa pemecahan masalahnya dengan menghitung panjang PA, PB, PC, dan PD
kemudian menjumlahkannya.
Menghitung panjang PA dengan
menggunakan segitiga AEP yang berupa segitiga siku-siku.
Dengan melihat sketsa yang ada siswa
dapat melihat bahwa garis PA, adalah sisi miring dari segitiga AEP.
Panjang PE :
PE2 = (½ EF)2 +
(½ EH)2
= (½(2,4))2 + ( ½ (1,8))2
= (1,2)2 + (0,9)2
= 1,44 + 0,81
= 2,25
PE =
= 1,5
meter
Panjang AP :
AP2 = PE2 + AE2
= (1,5)2 + 32
= 2,25 + 9
= 11,25
HB =
Karena AP = PB = PC = PD, maka PB =
PC = PD =
Dengan demikian panjang pita = AP +
PB + PC + PD = 4xAP = 4x
meter
Keterangan :
Nilai 0 diberikan jika siswa tidak mampu
melaksanakan prosedur yang diminta
Nilai 1 diberikan jika siswa mampu
melaksanakan prosedur yang diminta tetapi hanya sebagian
Nilai 2 diberikan jika siswa mampu
melaksanakan prosedur yang diminta dengan benar
|
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
|
Siswa mungkin memberikan alternatif
jawaban yang lain dengan menggunakan segitiga yang lain sebagai patokannya.
Masing diberikan pedoman penskoran dengan mengacu pada penilaian holistik
yang memuat proses
pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan
penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi
memecahkan masalah dan hasil akhir
|
|
e.
|
Ide umum pemecahan masalah yang
dikemukakan oleh siswa
Jika siswa mampu mengemukakan ide
pemecahan masalah dan berkaitan dengan persoalan,skornya 2
Jika siswa mampu mengemukakan
idepemecahan masalah tapi tidak sesuai dengan persoalan yang diminta,skornya
1
Jika siswa tidak mampu mengemukakan
ide pemecahan masalah, skornya 0
|
2
|
Thanks... for your kind...
BalasHapus