RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA
( RPP )
Sekolah : SD/MI..................
Mata
Pelajaran : SAINS
Materi
Pokok : Energi dan Perubahannya
Kelas/Semester : V/
2
Waktu : 14 x 45 menit (7 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek
A. Standar Kompetensi :
5. Memahami hubungan antara
gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
B. Kompetensi Dasar
5.1
Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya
gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
C.
Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
o
Mengelompokkan benda-benda yang bersifat
magnetis dan yang tidak magnetis.
Kognitif:
o
Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam
menembus beberapa benda melalui percobaan.
o
Memberi contoh penggunaan gaya magnet
dalam kehidupan sehari-hari.
o
Membuat magnet.
o
Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi
menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o
Memprediksi seandainya tidak ada gaya
gravitasi di bumi.
o
Membandingkan gerak benda pada permukaan
yang berbeda-beda (kasar, halus).
o
Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau
memperbesar gaya gesekan.
o
Menjelaskan manfaat dan kerugian yang
ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
D.
Tujuan Pembelajaran**:
Psikomotor
o
Siswa
dapat Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak
magnetis.
Kognitif:
Dengan tanpa membuka buku
o
Siswa
dapat Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui
percobaan.
o
Siswa
dapat Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o
Siswa
dapat Membuat magnet.
Ø Karakter siswa yang diharapkan
: Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Rasa ingin tahu.
E.Materi
Essensial
Gaya magnet
o
Magnet
menarik benda-benda tertentu
o
Kekuatan
gaya magnet
o
Magnet
meiliki dua kutub
o
Magnet
meiliki dua kutub
o
Kegunaan
magnet
o
Membuat
magnet
Gaya Gravitasi
Gaya gesekan
F.Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas V
o
Sebuah
magnet, peniti, paku payung, klip kertas dari besi, saputangan, kertas, karet
penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, selembar mika,
kardus, pensil, benang tipis, penggaris
Gaya
Magnet
Kamu tentu pernah bermain
dengan magnet yang dapat menarik benda-benda yang mengandung logam. Tahukah
kamu dari mana magnet itu berasal? Magnet berasal dari batuan yang mengandung
logam besi. Batuan logam tersebut diolah sampai akhirnya menjadi magnet.
Tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh magnet disebut gaya magnet.
Apakah semua benda dapat
ditarik oleh magnet? Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Hanya
benda-benda yang memiliki sifat tertentu saja yang dapat ditarik oleh magnet.
a. Mengelompokkan benda yang bersifat magnetis
dan tidak magnetis
Benda- benda yang dapat
tertarik oleh magnet disebut benda yang bersifat magnetis sedangkan benda-benda
yang tidak dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang tidak magnetis.
b. Menunjukkan kekuatan gaya magnet
Pada kegiatan sebelumnya kamu
telah mengtahui benda-benda apa saja yang memiliki sifat magnetis atau dapat
tertarik oleh magnet. Magnet memiliki kekuatan untuk menarik benda-benda yang
memiliki sifat magnetis. Kekuatan gaya magnet untuk menarik benda-benda yang
bersifat magnetis dipengaruhi oleh garis gaya magnet dan jarak magnet dengan
benda tersebut. Perhatikan uraian berikut ini!
i.
Garis
gaya magnet
Kekuatan gaya tarik magnet tidaklah merata
di seluruh bagiannya. Bagian manakah yang memiliki kekuatan gaya magnet paling
besar? Pada saat batang magnet di letakkan di bawah kertas HVS yang terdapat
serbuk besi maka serbuk besi akan membentuk pola-pola garis yang disebut garis
gaya magnet. Perhatikan garis gaya magnet dan pola garis yang dibentuk oleh
serbuk besi seperti tampak pada gambar berikut.
Daerah yang dilingkupi oleh garis gaya
magnet merupakan medan magnet. Pada gambar tampak serbuk besi banyak berkumpul
di ujung-ujung magnet. Ujung-ujung magnet disebut juga kutub magnet. Pada
bagian inilah magnet memiliki kekuatan terbesar dibandingkan bagian magnet
lainnya
G. METODE PEMBELAJARAN
Model : a.Jig saw
b.
Pembelajaran koperatif
c. Pendekatan kontlektual
Metode : a. Diskusi
dengan teman sebangku dan penegasan
b. Pemberian tugas kelompok
c. penegasan
H. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Langkah Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengendalian
Diri
|
|||||||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|||||||
Fase 1
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
:
o Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
2.
Kegiatan Inti
& jEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Memahami
istilah magnet
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
o Memberikan
kesimpulan bahwa
-
Magnet dapat menarik benda-benda yang
terbuat dari logam tertentu
-
Gaya magnetis dapat menembus benda non
magnetis
-
Kekuatan gaya tarik magnet dipengaruhi
oleh ketebalan benda dan jarak magnet dengan benda non magnetik
4.
Pekerjaan Rumah
–
Fase 2
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
:
o Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
o Memberikan
kesimpulan dari kegiatan :
-
Gaya tarik magnet yang paling kuat
terletak di bagian kutubnya
-
Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub
utara dan kutub selatan
4.
Pekerjaan Rumah
o -
Fase 3
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
:
o Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan beberoa kegunaan dari magnet
a.
Pengunci kotak pensil
b.
Kompas
c.
Dinamo
d.
Alarm pengaman
e.
Alat pengangkut benda dari besi
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
o Memberikan
kesimpulan bahwa :
-
Dua kutub magnet yang sejenis akan
tolak-menolak dan sebaliknya
-
Magnet digunakan pada berbagai macam
peralatan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit
4.
Pekerjaan Rumah
-
1.
Fase 4
2.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
:
o Mengulang
materi pertemuan sebelumnya
o Menyampaikan
Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
3.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Memahami cara pembutan magnet dengan cara :
-
Induksi
-
Gosokan
-
Aliran listrik
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
4.
Penutup
o Memberikan
kesimpulan bahwa :
Ada tiga cara pembutan magnet yaitu cara
induksi, gosokan dan aliran listrik
5.
Pekerjaan Rumah
o Tugas
5.3 (hlm.114)
Fase 5
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
:
o Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o Memahami
peta konsep tentang gaya gravitasi
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya
gravitasi
F Memahami apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi
-
Segala benda di Bumi menjadi kacau
-
Setiap benda tidak lagi memiliki berat
-
Benda akan bertubrukan dan terlempar
dari permukaan Bumi
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
o Memberikan
kesimpulan
“Gerak jatuh bebas disebabkan oleh gaya
gravitasi Bumi”
4.
Pekerjaan Rumah
o –
Fase 6
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
:
o Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o Memahami
peta konsep tentang gaya gesekan
2.
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru
gaya gesek yang mempengaruhi gerak benda.
F Memahami definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika
dua permukan saling bersentuhan,.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan kegunaan dari gaya gesek
-
Membantu benda bergerak tanpa
tergelincir
-
Untuk menghentikan benda yang sedang
bergerak
-
Menahan benda-benda agar tidak bergeser.
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
o Memberikan
kesimpulan
“manfaat gaya gesekan adalah menahan benda
agar tidak tergelincir, menghentikan benda yang sedang bergerak, menahan
bneda agar tidak bergeser”
4.
Pekerjaan Rumah
Fase 7
1.
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
:
o Mengulang
materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o Memahami
peta konsep tentang gaya gesekan
2.
Kegiatan Inti
& dEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mampu mengatasi kerugian akibat
gaya gesekan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio,
atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan benda yang dapat memperbesar gaya gesekan :
-
Bahan karet
-
Paku-paku atau pul
F Menyebutkan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui
tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan
lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual
maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3.
Penutup
o Memberikan
kesimpulan
-
Gaya gesekan dapat diperbesar dengan
menggunakan bahan karet dan paku-pau atau pul
-
Gaya gesekan menghambat gerakan,
mengikis permukaan, dan pemborosan energi
-
Kerugian gaya gesek dapat diperkecil
dengan roda, bantalan peluru, pelumas.
4.
Pekerjaan Rumah
o
–
|
|
|
|
|
I.
Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Kerja
keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi
berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan
sebaik-baiknya.
o Kreatif
: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau
hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
o Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam
menyelesaikan tugas-tugas
o Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam
dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
|
o Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan
yang tidak magnetis.
o Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus
beberapa benda melalui percobaan.
o Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan
sehari-hari.
o Membuat
magnet.
o Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda
bergerak ke bawah.
o Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di
bumi.
o Membandingkan gerak benda pada permukaan yang
berbeda-beda (kasar, halus).
o Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar
gaya gesekan.
o Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh
gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan
unjuk kerja
Uraian
Objektif
|
o Kelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang
tidak magnetis.
o Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus
beberapa benda melalui percobaan.
o Sebutkanlah contoh penggunaan gaya magnet dalam
kehidupan sehari-hari.
o Buatkanlah
magnet.
o Simpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda
bergerak ke bawah.
o Jelaskanlah seandainya tidak ada gaya gravitasi di
bumi.
o Bandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda
(kasar, halus).
o Jelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar
gaya gesekan.
o
Jelaskan manfaat
dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.
|
J.
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang
Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang
aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang
Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
K.
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP :
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SAINS SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2"
Posting Komentar