loading...

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SAINS SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA
( RPP )

Sekolah                         :   SD/MI..................
Mata Pelajaran            :   SAINS
Materi Pokok                :   Energi dan Perubahannya
Kelas/Semester             :   V/ 2
Waktu                           :   14 x 45 menit (7 X pertemuan)
Metode                          :   Ceramah dan praktek

A. Standar Kompetensi          :
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

B.  Kompetensi Dasar
5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

C.     Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
o   Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
Kognitif:
o   Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o   Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o   Membuat magnet.
o   Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o   Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.
o   Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
o   Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
o   Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.

D.     Tujuan Pembelajaran**:
Psikomotor
o   Siswa dapat Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
Kognitif:
Dengan tanpa membuka buku
o   Siswa dapat Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o   Siswa dapat Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o   Siswa dapat Membuat magnet.

Ø  Karakter siswa yang diharapkan :    Kerja keras, Kreatif,  Mandiri, Rasa ingin tahu.

E.Materi Essensial
Gaya magnet
o   Magnet menarik benda-benda tertentu
o   Kekuatan gaya magnet
o   Magnet meiliki dua kutub
o   Magnet meiliki dua kutub
o   Kegunaan magnet
o   Membuat magnet
Gaya Gravitasi
Gaya gesekan

F.Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas V
o   Sebuah magnet, peniti, paku payung, klip kertas dari besi, saputangan, kertas, karet penghapus, pensil, uang logam, batu kerikil, selembar karton, selembar mika, kardus, pensil, benang tipis, penggaris
Gaya Magnet
Kamu tentu pernah bermain dengan magnet yang dapat menarik benda-benda yang mengandung logam. Tahukah kamu dari mana magnet itu berasal? Magnet berasal dari batuan yang mengandung logam besi. Batuan logam tersebut diolah sampai akhirnya menjadi magnet. Tarikan atau dorongan yang disebabkan oleh magnet disebut gaya magnet.
Apakah semua benda dapat ditarik oleh magnet? Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet. Hanya benda-benda yang memiliki sifat tertentu saja yang dapat ditarik oleh magnet.
a.    Mengelompokkan benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis
Benda- benda yang dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang bersifat magnetis sedangkan benda-benda yang tidak dapat tertarik oleh magnet disebut benda yang tidak magnetis.
b.    Menunjukkan kekuatan gaya magnet
Pada kegiatan sebelumnya kamu telah mengtahui benda-benda apa saja yang memiliki sifat magnetis atau dapat tertarik oleh magnet. Magnet memiliki kekuatan untuk menarik benda-benda yang memiliki sifat magnetis. Kekuatan gaya magnet untuk menarik benda-benda yang bersifat magnetis dipengaruhi oleh garis gaya magnet dan jarak magnet dengan benda tersebut. Perhatikan uraian berikut ini!
                    i.              Garis gaya magnet
Kekuatan gaya tarik magnet tidaklah merata di seluruh bagiannya. Bagian manakah yang memiliki kekuatan gaya magnet paling besar? Pada saat batang magnet di letakkan di bawah kertas HVS yang terdapat serbuk besi maka serbuk besi akan membentuk pola-pola garis yang disebut garis gaya magnet. Perhatikan garis gaya magnet dan pola garis yang dibentuk oleh serbuk besi seperti tampak pada gambar berikut.
Daerah yang dilingkupi oleh garis gaya magnet merupakan medan magnet. Pada gambar tampak serbuk besi banyak berkumpul di ujung-ujung magnet. Ujung-ujung magnet disebut juga kutub magnet. Pada bagian inilah magnet memiliki kekuatan terbesar dibandingkan bagian magnet lainnya

G. METODE PEMBELAJARAN     
Model :  a.Jig saw                 
         b. Pembelajaran koperatif
   c. Pendekatan kontlektual
                               
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
    b. Pemberian tugas kelompok
          c. penegasan 

H. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengendalian
Diri
Kelas
Waktu
Penilaian
Fase 1
1.    Pendahuluan
     Apersepsi  dan Motivasi :
o  Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
2.    Kegiatan Inti
&      jEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Memahami istilah magnet
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
&      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.    Penutup
o  Memberikan kesimpulan bahwa
-     Magnet dapat menarik benda-benda yang terbuat dari logam tertentu
-     Gaya magnetis dapat menembus benda non magnetis
-     Kekuatan gaya tarik magnet dipengaruhi oleh ketebalan benda dan jarak magnet dengan benda non magnetik
4.    Pekerjaan Rumah
Fase 2
1.    Pendahuluan
     Apersepsi  dan Motivasi :
o  Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o  Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
2.    Kegiatan Inti
&      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
&      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.    Penutup
o  Memberikan kesimpulan dari kegiatan :
-     Gaya tarik magnet yang paling kuat terletak di bagian kutubnya
-     Magnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan
4.    Pekerjaan Rumah
o  -
Fase 3
1.    Pendahuluan
     Apersepsi  dan Motivasi :
o  Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o  Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
2.    Kegiatan Inti
&      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan beberoa kegunaan dari magnet
a.    Pengunci kotak pensil
b.    Kompas
c.    Dinamo
d.   Alarm pengaman
e.    Alat pengangkut benda dari besi
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
&      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.    Penutup
o  Memberikan kesimpulan bahwa :
-     Dua kutub magnet yang sejenis akan tolak-menolak dan sebaliknya
-     Magnet digunakan pada berbagai macam peralatan mulai dari yang sederhana sampai yang rumit
4.    Pekerjaan Rumah
-
1.    Fase 4
2.    Pendahuluan
     Apersepsi  dan Motivasi :
o  Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o  Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
3.    Kegiatan Inti
&      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang gaya magnet
F Memahami cara pembutan magnet dengan cara :
-     Induksi
-     Gosokan
-     Aliran listrik
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
&      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
4.    Penutup
o  Memberikan kesimpulan bahwa :
Ada tiga cara pembutan magnet yaitu cara induksi, gosokan dan aliran listrik
5.    Pekerjaan Rumah
o  Tugas 5.3 (hlm.114)
Fase 5
1.    Pendahuluan
     Apersepsi  dan Motivasi :
o  Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o  Memahami peta konsep tentang gaya gravitasi
2.    Kegiatan Inti
&      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami gerak jatuh berbagai benda akibat pegaruh gaya gravitasi
F Memahami apa yang terjadi jika tidak ada gaya gravitasi
-     Segala benda di Bumi menjadi kacau
-     Setiap benda tidak lagi memiliki berat
-     Benda akan bertubrukan dan terlempar dari permukaan Bumi
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
&      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.    Penutup
o  Memberikan kesimpulan
 “Gerak jatuh bebas disebabkan oleh gaya gravitasi Bumi”
4.    Pekerjaan Rumah
o 
Fase 6
1.    Pendahuluan
     Apersepsi  dan Motivasi :
o  Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o  Memahami peta konsep tentang gaya gesekan
2.    Kegiatan Inti
&      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Memahami bahwa ada gaya lain selain gaya gravitasi yaitru gaya gesek yang mempengaruhi gerak benda.
F Memahami definisi gaya gesek yaitu hambatan yang terjadi ketika dua permukan saling bersentuhan,.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan kegunaan dari gaya gesek
-     Membantu benda bergerak tanpa tergelincir
-     Untuk menghentikan benda yang sedang bergerak
-     Menahan benda-benda agar tidak bergeser.
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
&      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.    Penutup
o  Memberikan kesimpulan
 “manfaat gaya gesekan adalah menahan benda agar tidak tergelincir, menghentikan benda yang sedang bergerak, menahan bneda agar tidak bergeser”
4.    Pekerjaan Rumah
Fase 7
1.    Pendahuluan
     Apersepsi  dan Motivasi :
o  Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan Indikator Pencapaian Kompetensi
o  Memahami peta konsep tentang gaya gesekan
2.    Kegiatan Inti
&      dEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat Mampu mengatasi kerugian akibat gaya gesekan
-     Memasang roda
-     Memasang bantalan peluru
-     Menghaluskan permukaan benda
-     Menghambat gerakan
-     Mengikis permukaan yang bergesekan
-     Memboroskan energi untuk mengatsi gaya gesekan
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
&      Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan benda yang dapat memperbesar gaya gesekan :
-     Bahan karet
-     Paku-paku atau pul
F Menyebutkan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesek
-     Menghambat gesekan
-     Memboroskan energi
-     Mengikis permukaan yang bergesekan
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Melakukan kegiatan
&      Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.    Penutup
o  Memberikan kesimpulan
-     Gaya gesekan dapat diperbesar dengan menggunakan bahan karet dan paku-pau atau pul
-     Gaya gesekan menghambat gerakan, mengikis permukaan, dan pemborosan energi
-     Kerugian gaya gesek dapat diperkecil dengan roda, bantalan peluru, pelumas.
4.    Pekerjaan Rumah
o  







I.                   Penilaian:
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o  Kreatif : Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki 
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
o  Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o  Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o  Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o  Membuat magnet.
o  Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o  Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.
o  Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
o  Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
o  Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas Individu dan Kelompok



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif



o  Kelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o  Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o  Sebutkanlah contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o  Buatkanlah magnet.
o  Simpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o  Jelaskanlah seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.
o  Bandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
o  Jelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
o  Jelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.

J.      FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1



K.     LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                              
  Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA


  ..................................                                            ..................................
            NIP :   NIP :

0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 SAINS SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2"

Posting Komentar