RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI / 1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standart
Kompetrensi :
1. memahami struktur dan fungsi sel sebagia unit terkecil kehidupan.
Kompetensi dasar :
1.1 mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan.
Indikator :
- membandingkan
struktur tubuh sel hewan dan tumbuhan.
- menjelaskan
organel-organel sel ynag dimiliki masing-msing sel hewan dan tumbuhan.
- menjelaskan
fungsi masing-masing organel yang dimiliki sel hewan dan sel tumbuhan.
I. Tujuan pembelajaran :
- siswa
dapat membandingkan struktur tubuh sel hewan dan tumbuhan.
- siswa
dapat menjelaskan organel-organel sel ynag dimiliki masing-msing sel hewan
dan tumbuhan.
- siswa
dapat menjelaskan fungsi masing-masing organel yang dimiliki sel hewan dan
sel tumbuhan.
II. Materi pembelajaran :
·
perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.
·
organel-organel sel hewan dan tumbuahn.
III. Metode
pembelajaran :
·
Diskusi
informasi
IV.
Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi
siswa untuk memahami dan mempelajari perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan serta
organel-organelnya.
·
Memberikan pengantar tentang perbedaan sel hewan dan sel
tumbuhan beserta organel-organelnya.
Prasarat.
·
Siswa
telah mempelajari mem,pelajari pelajaran biologi.
- Kegiatan inti
Guru :
·
menjelaskan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan beserta
organel-organelnya.
Siswa :
·
mampu mempelajari dan
memahami perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan beserta organel-organelnya.
3. Kegiatan ahir
Membuat rangkuman
dan tugas.
penilalian hasil kegiatan siswa.
V. Alat / bahan /
sumber belajar.
Alat : mikroskop,
model sel
Bahan : Charta
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi XI, buku yang relevan.
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas kelompok
2. Bentuk tagihan
Tes
tulis
Keterangan
rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standart
Kompetrensi :
1. memahami struktur dan fungsisel sebagai unit terkecil kehiudupan.
Kompetensi dasar :
1.2 membandingkan mekanisme transport pada membrane (difusi, osmosis,
transport aktif, endositosis dan eksositosis.
Indikator :
- menjelaskan
cirri-ciri tranpor secara difusi dan osmosis
- menjelaskan peristiwa terjadinya
plasmolisis.
- menjelaskan
penerapan konsep transport yang terjadi pada sel pada pengamatan makanan.
I. Tujuan pembelajaran :
- siswa dapat
menjelaskan cirri-ciri tranpor secara difusi dan osmosis
- siswa dapat
menjelaskan peristiwa terjadinya plasmolisis.
- siswa dapat
menjelaskan penerapan konsep transport yang terjadi pada sel pada
pengamatan makanan.
II. Materi pembelajaran :
·
disfusi
dan osmosis
·
transport aktif dan endositosis / Eksositosis.
·
penerapan konsep transport melalui membran.
III. Metode
pembelajaran :
·
Diskusi
informasi
·
praktikum
IV.
Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi siswa untuk memahami dan mempelajari difusi,
osmosis, transport aktif serta endositosis dan eksositosis.
·
Memberikan pengantar tentang difusi, osmosis, transport
aktif serta endositosis dan eksositosis.
Prasarat.
·
Siswa
telah mempelajari mem,pelajari pelajaran biologi.
- Kegiatan inti
Guru :
·
menjelaskan tentang difusi, osmosis, transport aktif
serta endositosis dan eksositosis.
Siswa :
·
mampu mempelajari
tentang difusi, osmosis, transport aktif serta endositosis dan eksositosis.
3. Kegiatan ahir
Membuat rangkuman
dan tugas.
V. Alat / bahan / sumber belajar.
Alat :
Bahan : Charta
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi XI, buku yang relevan.
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas kelompok
2. Bentuk tagihan
Tes
tulis
unjuk
kerja
Keterangan
rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SAM
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standart
Kompetrensi :
2.memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhandan
hewan, serta penerapannya dalam konteks saling tema.
Kompetensi dasar :
2.1 mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan
fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan.
Indikator :
- menggambarkan
berbagai macam struktur jaringan pada tumbuhan dari hasil pengamatan.
- mengidentifikasi
macam-macam jaringan berdasarkan bentuk dan lokasinya.
- membedakan
struktur jaringan tumbuhan menggunakan gambar
- menjelaskan
fungsi berbagai macam struktur jariungan tumbuhan.
I. Tujuan pembelajaran :
- siswa dapat
menggambarkan berbagai macam struktur jaringan pada tumbuhan dari hasil
pengamatan.
- siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam jaringan berdasarkan bentuk dan lokasinya.
- siswa dapat
membedakan struktur jaringan tumbuhan menggunakan gambar
- siswa dapat
menjelaskan fungsi berbagai macam struktur jariungan tumbuhan.
II. Materi pembelajaran :
·
struktur
jaringan tumbuhan
·
Fungsi
msing-msing jaringan.
·
sifat
totipotensi.
III. Metode
pembelajaran :
·
Diskusi
informasi
·
pengamatan
IV.
Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi siswa untuk memahami dan mempelajari struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan.
·
Memberikan pengantar tentang struktur dan fungsi jaringan
tumbuhan dan hewan.
Prasarat.
·
Siswa
telah mempelajari mempelajari pelajaran biologi.
- Kegiatan inti.
Guru :
menjelaskan keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan serta
penerapannya dalam konteks saling temas.
Siswa :
mampu mempelajari dan
mempelajari tentang struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan dan hewan, serta konteks penerapannya antara saling teman.
3. Kegiatan ahir.
Membuat rangkuman
dan tugas.
memberikan penilaian hasil kegiatan siswa.
V. Alat / bahan / sumber belajar.
Alat : mikroskop.
Bahan : Charta dan
foto.
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi x, buku yang relevan..
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas indvidu
tugas kelompok
2. Bentuk tagihan
Tes tulis
unjuk kerja.
ulangan harian
Keterangan rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standart
Kompetrensi :
2. memahami keterkaitan antara struktur dan fungfsi jaringan tumbuhandan
hewan, serta penerapannya dalam konteks saling tema.
Kompetensi dasar :
2.2 mendeskripsikan struktur jaringan hewan vertebrata dan mengkaitkannya
dengan fungsinya.
Indikator :
- mengidentifiksi
struktur masing-masing jaringan berdasrkan gambar hasil pengamatan.
- menunjukkan
macam jaringan berdasarkan lokasinya pada tubuh hewan vertebrata atau
manusia
- menjelaskan
fungsi masing-masing jaringan berdasrkan struktur bentuk dan fungsinya.
- menjelaskan
factor terjadinya kanker atau tumor
- menunjukkan
macam-macam kanker yang terjadi pada manusia.
I. Tujuan pembelajaran :
- siswa dapat
mengidentifiksi struktur masing-masing jaringan berdasrkan gambar hasil
pengamatan.
- siswa dapat
menunjukkan macam jaringan berdasarkan lokasinya pada tubuh hewan
vertebrata atau manusia
- siswa dapat
menjelaskan fungsi masing-masing jaringan berdasrkan struktur bentuk dan
fungsinya.
- siswa dapat
menjelaskan factor terjadinya kanker atau tumor
- sisawa dapat
menunjukkan macam-macam kanker yang terjadi pada manusia.
II. Materi pembelajaran :
·
struktur jaringan hewan meliputi jaringan jaringan
epitel, otot, tulang saraf dan jaringan ikat.
·
fungsi
jaringan hrwan vertebrata serta tumor atau kanker.
III. Metode
pembelajaran :
·
Diskusi
informasi
·
pengamatan
IV.
Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi siswa untuk memahami dan mempelajari tentang struktur
jaringan hewan beserta fungsinya.
·
Memberikan pengantar tentang macam-macam jaringan pada
hewan atau manusia beserta kelainan-kelainannya atau penyakitnya.
Prasarat.
·
Siswa
telah mempelajari mem,pelajari pelajaran biologi.
- Kegiatan inti
Guru :
menjelaskan struktur jaringan, beserta fungsi jaringan
masing-masing baik pada hewan maupun manusia dan penyakit yang timbul.
Siswa :
mampu mempelajari dan memahami tentang struktur jaringan,
beserta fungsi jaringan masing-masing baik pada hewan maupun manusia dan
penyakit yang timbul.
3. Kegiatan ahir
Membuat rangkuman
dan tugas.
memberikan penilaian kegiatan siswa.
V. Alat / bahan /
sumber belajar.
Alat : tarso
manusia
Bahan : Charta
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi XI, buku yang relevan.
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas indvidu
tugas kelompok
2. Bentuk tagihan
Tes tulis
ulangan harian
Keterangan rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standart
Kompetrensi :
3. menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,
kelaian atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada saling
temas.
Kompetensi dasar :
3.1 menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta
kelainan atau penyakit yang dapat terjadi pada system gerak pada manusia.
Indikator :
- mengidentifdiksi
struktur dan fungsi tulang, sendi dan otot dalam system gerak
- menjelaskan
keterlaitan tulang, otot dan sendi dalam system gerak.
- menjelaskan
terjadinya proses gerak : gerak biasa dan gerak reflek.
- menjelaskan
mekanisme kerja otot sebagai alat kerja aktif.
- menjelaskan
sebab terjadinya kelainan atau gangguan pada system gerak.
- menjelaskan
cara menghindari atau rehabilitasi berbagai penyakit pada system gerak.
I. Tujuan pembelajaran :
- siswa dapat
mengidentifdiksi struktur dan fungsi tulang, sendi dan otot dalam system
gerak
- siswa dapat
menjelaskan keterlaitan tulang, otot dan sendi dalam system gerak.
- siswa dapat
menjelaskan terjadinya proses gerak : gerak biasa dan gerak reflek.
- siswa dapat
menjelaskan mekanisme kerja otot sebagai alat kerja aktif.
- siswa dapat
menjelaskan sebab terjadinya kelainan atau gangguan pada system gerak.
- siswa dapat
menjelaskan cara menghindari atau rehabilitasi berbagai penyakit pada
system gerak.
II. Materi pembelajaran :
·
struktur dan fungsi tulang, otot dan sendi pada manusia
·
proses
gerak
·
kelainan atau penyakit pada sistem gerak
·
tehnologi rehabilitasi pada kelainan atau kerusakan
system gerak
III. Metode
pembelajaran :
·
Diskusi
informasi
·
pengamatan
CD interaktif
IV.
Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi
siswa untuk memahami dan mempelajari tentang keterkaitan antara struktur,
fungsi dan proses gerak serta kelainan atau penyakit yang mungkin timbul
·
Memberikan pengantar tentang macam-macam gerak dan
kelainan pada system gerak
Prasarat.
·
Siswa
telah mempelajari mem,pelajari pelajaran biologi.
- Kegiatan inti
Guru :
menjelaskan struktur dan fungsi gerak, otot dan sendi
pada system gerak serta kelaianan pada system gerak pada ,manusia dan cara
mengatasinya.
Siswa :
mampu mempelajari dan
memahami fungsi tulang, otot dan sendi pada system gerak serta kelaianan pada
system gerak pada ,manusia dan cara mengatasinya.
3. Kegiatan ahir
Membuat rangkuman
dan tugas.
membuat penilaian kegiatan siswa.
V. Alat / bahan /
sumber belajar.
Alat : tarso
manusia dan CD
Bahan : -
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi XI, buku yang relevan.
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas indvidu
2. Bentuk tagihan
Tes
tulis
Keterangan
rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/1
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
Standart
Kompetrensi :
3. menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu,
kelaian atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada saling
temas.
Kompetensi dasar :
3.2 menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses serta
kelainan atau penyakit yang dapat terjadi pada system peredaran darah.
Indikator :
- menjelaskan
komponen darah, plama darah dan sel-sel darah.
- menjelaskan
macam-macam sel darah dan fungsinya
- menjelaskan prinsip dasar
penggolongan darah
- menjelaskan dasar-dasar tranfusi
darah
- menjelaskan
berbagai alat-alat yang berkaitan dengan peredaran darah
- menjelaskan
perbedaab antar pembuluh vena dan arteri
- membedakan
peredaran darah pendek dan peredaran darah panjang (pererdaran darah
besar)
- menjelaskan
berbagai kelaian atau penyakit pada system peredaran darah.
- menjelaskan
penyebab penyakit yang terjadi pada system peredaran darah serta upaya
menghindari penyakit pada system peredaran darah.
- menjelaskan
system peredaran darah berbagai hewab serta alat-alatnya.
I. Tujuan pembelajaran :
- siswa dapat
menjelaskan komponen darah, plama darah dan sel-sel darah.
- siswa dapat
menjelaskan macam-macam sel darah dan fungsinya
- siswa dapat
menjelaskan prinsip dasar penggolongan darah
- siswa dapat
menjelaskan dasar-dasar tranfusi darah
- siswa dapat
menjelaskan berbagai alat-alat yang berkaitan dengan peredaran darah
- siswa dapat
menjelaskan perbedaab antar pembuluh vena dan arteri
- siswa dapat
membedakan peredaran darah pendek dan peredaran darah panjang (pererdaran
darah besar)
- siswa dapat
menjelaskan berbagai kelaian atau penyakit pada system peredaran darah.
- siswa dapat
menjelaskan penyebab penyakit yang terjadi pada system peredaran darah
serta upaya menghindari penyakit pada system peredaran darah.
- siswa dapat menjelaskan system
peredaran
- siswa dapat
darah berbagai hewab serta alat-alatnya.
II. Materi pembelajaran :
·
struktur
dan fungsi darah
·
struktur
alat peredaran darah
·
prosesperedaran
darah manusia
·
kelainan
atau penyakit pada system peredaran darah
·
peredaran
darah hewan.
III. Metode
pembelajaran :
·
Diskusi
informasi
·
pengamatan
IV.
Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi
siswa untuk memahami dan mempelajari struktur, fungsi dan proses, serta
kelainan atau penyakit yang terjadi pada system peredaran darah
·
Memberikan pengantar tentang struktur dan fungsi alat
peredaran darah.
Prasarat.
·
Siswa
telah mempelajari mem,pelajari pelajaran biologi.
- Kegiatan inti
Guru :
menjelaskan macam-macam darah besereta fungsinya serta
kelainan pada system peredaran darah
Siswa :
mampu mempelajari
dan memahami tentang struktur dan fungsi prosesserta kelaianan yang terjadi
pada peredaran darah.
3. Kegiatan ahir
Membuat rangkuman
dan tugas.
membuat penilaian kegiatan siswa.
V. Alat / bahan /
sumber belajar.
Alat : mikroskop
Bahan : -
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi XI, buku yang relevan.
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas indvidu
tugas kelompok
2. Bentuk tagihan
Tes tulis
unjuk kerja
Keterangan rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 BIOLOGI SMA KELAS XI SEMESTER 1"
Posting Komentar