RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetrensi : 1. Memahami
hakekat biologi sebagai Ilmu
Kompetensi dasar : 1.1 Mempelajari
ruang lingkup biologi,manfaat dan bahaya.
Indikator :
1. Menjelaskan karekteristik umum sains.
2. Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan
ilmu biologi.
3. Menjelaskan apa yang dikaji ( ruang
lingkup ) ilmu biologi.
4.Memberikan contoh manfaat biologi dan dampak negatifnya.
I. Tujuan pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan
karakteristik sains
2. Siswa dapat menjelaskan kegiatan
yang berkaitan dengan ilmu biologi.
3. Siswa dapat menjelaskan apa yang
dikaji ( ruang lingkup ) ilmu biologi.
4. Siswa dapat memberikan contoh
manfaat biologi dan dampak nbegatifnya
II. Materi pembelajaran :
1. Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya dengan ilmu yang
lain.
III. Metode pembelajaran :
Diskusi informasi,
IV. Langkah-langkah
pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi
siswa untuk memahami dan mempelajari tentang biologi dan peranannya bagi
kehidupan.
·
Memberikan pengantar tentang contoh-contoh manfaat
biologi diberbagai bidang kepada peserta didik.
Prasarat.
·
Siswa
telah mempelajari mem,pelajari pelajaran biologi.
- Kegiatan inti
Guru : menjelaskan
tentang biologi dan peranannya bagi kehidupan.
Siswa :
mampu mempelajari tentang biologi dan
perannannya bagi kehidupan.
- Kegiatan ahir
Membuat
rangkuman dan tugas.
V. Alat / bahan / sumber belajar.
Alat : -
Bahan : gambar mikroskop dan bagian-bagiannya serta gambar obyek biologi.
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi x, buku yang relevan.
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas indvidu
2. Bentuk tagihan
Tes
tulis
Keterangan
rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetrensi : 1. Memahami
hakekat biologi sebagai Ilmu
Kompetensi dasar : 1.2 mendeskripsikan obyek dan permasalahan biologi pasda tingkat organisasi kehidupan ( molekul, sel,
jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem dan bioma )
Indikator :
- memberikan
contoh obyek biologi pada tingkat molekul sampai system organ individu.
- memberikan
contoh obyek biologi pada tingkat individu sampai bioma.
- memberikan
contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
I. Tujuan pembelajaran :
- siswa dapat
memberikan contoh obyek biologi pada tingkat molekul sampai system organ
individu.
- siswa dapat
memberikan contoh obyek biologi pada tingkat individu sampai bioma.
- siswa dapat
memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi
kehidupan.
II. Materi pembelajaran :
obyek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat
organisasi kehidupan.
III. Metode pembelajaran :
Diskusi informasi
pengamatan
penugasan.
IV. Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi
siswa untuk memahami dan mempelajari obyek biologi pada tingkat molekul sampai
system organ individu, serta obyek biologi pada tingkat individu sampai bioma.
Prasarat.
·
Siswa
telah mempelajari mem,pelajari pelajaran biologi.
- Kegiatan inti
Guru :
menjelaskan dan memberikan contoh obyek biologi pada
tingkat molekul sampai dengan system organ individu.
menjelaskan dan memberikan ontoh permasalahan biologi
pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
Siswa :
mampu mempelajari conto-contoh
obyek pembelajaran biologi padsa tingkat organisasi kehidupan.
- Kegiatan ahir
Membuat
rangkuman dan tugas.
V. Alat / bahan / sumber belajar.
Alat : -
Bahan : Charta
yang sesuai
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi x, buku yang relevan..
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas indvidu
tugas kelompok
2. Bentuk tagihan
Tes tulis
Keterangan
rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B. Baik 75
– 89
Cukup 60 – 74
B.
Kurang 40 – 59
C.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart
Kompetrensi : 1.siswa
mampu merencanakan dan melaksanakan
sereta mengkomunikasikan hasil peenelitian ilmiyah dengan menerapkan
sikap ilmiyah dalam bidang biologi.
Kompetensi dasar : 1.3 Bersikap
ilmiyah
Indikator :
- mengidentifikasi urutan
sistematika metode ilmiyah.
- menjelaskan
bekerja dan bersikap ilmiyah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.
- memberikan
contoh pemecahan masalah biologi dengan metyode ilmiyah.
I. Tujuan pembelajaran :
- Siswa dapat mengidentifikasi
urutan sistematika metode ilmiyah.
- Siswa dapat menjelaskan
bekerja dan bersikap ilmiyah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.
- Siswa dapat memberikan
contoh pemecahan masalah biologi dengan metyode ilmiyah.
II. Materi pembelajaran :
memecahkan suatu masalah ilmiyah
III. Metode pembelajaran :
Diskusi informasi,
IV.
Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
siswa
mampu menerapkan metode ilmiyah
Prasarat.
·
Siswa
termotifasi untuk memecahkan suatu masalah dengan metode ilmiyah.
- Kegiatan inti
Guru : menugaskan untuk mencari pemecahan
masalah ilmiyah.
Siswa : melakukan pemecahan masalah dengan
metode ilmiyah.
- Kegiatan ahir
praktikum.
V. Alat / bahan / sumber belajar.
Bahan : lingkungan
sekitar.
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi x, buku yang relevan.
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas indvidu
2. Bentuk tagihan
Tes
tulis
Keterangan
rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standart Kompetensi : 2.memahami prinsip-prinsip pengelompokan mahluk hidup.
Kompetensi dasar :
2.1 mendeskripsikan virus dan mengkomunikasikan peranannya dalam kehidupan.
Indikator :
- mengidentifikasi
ciri-ciri virus
- membedakan
struktur virus dengan mahluk lainnya.
- menggambarkan struktur
tubuh virus.
I. Tujuan pembelajaran :
- siswa
dapat mengidentifikasi ciri-ciri virus
- siswa
dapat membedakan struktur virus dengan mahluk lainnya.
- siswa
dapat menggambarkan struktur tubuh virus.
II. Materi pembelajaran :
virus dan peranannya bagi kehidupan
III. Metode pembelajaran :
Diskusi informasi,
IV. Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi
siswa untuk memahami dan mempelajari tentang virus dan peranannya bagi
kehidupan.
·
Memberikan gambaran dan pengantar tentang berbagai contoh
bakteri baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.
- Kegiatan inti
Guru : menjelaskan tentang virus dan peranannya
bagi kehidupan.
Siswa : mampu
mempelajari tentang virus dan peranannya bagi kehidupan.
- Kegiatan ahir
Membuat
rangkuman dan tugas.
V. Alat / bahan / sumber belajar.
Alat : -
Bahan : contoh
struktur bakteri.
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi x, buku yang relevan.
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas indvidu
2. Bentuk tagihan
Tes
tulis
Keterangan
rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 4x 45 menit
Standart
Kompetrensi :
2.memahami
prinsip-prinsip pengelompokan mahluk hidup.
Kompetensi
dasar :
2.2 mendeskripsikan cirri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria dan peranannya
bagi kehidupan.
Indikator :
- menjelaskan
cirri-ciri archaebacteria dan Eubacteria
- menjelaskan cara perkembangbiakan
bakteri
- menjelaskan cara mengisolasi
bacteri.
- menjelaskan
berbagi peran bacteri yang menguntungkan atu merugikan dalam kehiduapn.
- membuat
nata de coco dan membuat asinan atau manisan
I. Tujuan pembelajaran :
- siswa dapat
menjelaskan cirri-ciri archaebacteria dan Eubacteria
- siswa dapat
menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri
- siswa dapat
menjelaskan cara mengisolasi bacteri.
- siswa dapat
menjelaskan berbagi peran bacteri yang menguntungkan atau merugikan dalam
kehiduapn.
- siswa dapat
membuat nata de coco dan membuat asinan atau manisan
II. Materi pembelajaran :
·
cirri-ciri
archaebacteria dan Eubacteria dan perkembang biakan archaebacteria dan Eubacteria
·
peranan
archaebacteria dan Eubacteria
III. Metode
pembelajaran :
·
Diskusi
informasi,
·
praktikum
·
penugasan
·
Tanya
jawab
IV.
Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi
siswa untuk memahami dan mempelajari tentang cirri-ciri archaebacteria dan
Eubacteria dan perannya bagi kehidupan
·
Memberikan gambaran dan pengantar tentang contoh-contoh
manfaat biologi diberbagai bidang kepada peserta didik.
- Kegiatan inti
Guru :
menjelaskan cirri Archaebacteria dan Eubacteria serta
peranannya bagi kehidupan.
Siswa :
mampu mempelajari tentang Archaebacteria dan
Eubacteria serta peranannya bagi kehidupan.
- Kegiatan ahir
Membuat
rangkuman dan tugas.
V. Alat / bahan / sumber belajar.
Alat : -
Bahan : gambar
struktur bakteri
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi x, buku yang relevan
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas indvidu
tugas kelompok
2. Bentuk tagihan
Tes tulis
Keterangan
rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 5 x 45 menit
Standart
Kompetrensi :
2. memahami
prinsip-prinsip pengelompokan mahluk hidup.
Kompetensi
dasar :
2.3 menyajikan cirri-ciri umum filum dalam kingdom protista dan peranannya
bagi kehidupan.
Indikator :
- mendeskripsikan
cirri-ciri umum protista berdasarkan pengamatan.
- mengenali
protista berdasarkan cirri-ciri morfologinya.
- membedakan
organisme protista mirip jamur, mirip terumbu, dan hewan berdasarkan
pengamatan.
- memberikan
contoh perranan pritista bagi kehidupan.
- mengidentifikai protista yang
menguntungkan atau merugikan bagi kehidupan manusia.
I. Tujuan pembelajaran :
- siswa dapat mendeskripsikan
cirri-ciri umum protista berdasarkan pengamatan.
- siswa dapat mengenali
protista berdasarkan cirri-ciri morfologinya.
- siswa dapat membedakan
organisme protista mirip jamur, mirip terumbu, dan hewan berdasarkan
pengamatan.
- siswa dapat memberikan
contoh perranan pritista bagi kehidupan.
- siswa dapat mengidentifikai
protista yang menguntungkan atau merugikan bagi kehidupan manusia.
II. Materi pembelajaran :
ciri-ciri umum protista dan peranannya dalam kehidupan.
III. Metode pembelajaran :
Diskusi informasi,
Tanya jawab
praktikum.
IV. Langkah-langkah pembelajaran
- Kegiatan awal
motifasi
·
memotifasi
siswa untuk memahami dan mempelajari tentang protista dan peranqnnya bagi
kehidupan yang benar.
·
Memberikan pengantar tentang contoh-contoh peranan alga
bagi kehidupan dan peranan protozoa dan protista mirip jamur kepada peserta
didik.
Prasarat.
·
Siswa
telah mempelajari mem,pelajari pelajaran biologi.
- Kegiatan inti
Guru :
menjelaskan tentang protista dan peranannya bagi
kehidupan.
Siswa :
mampu mempelajari
tentang protista dan peranannya bagi kehidupan.
melakukan praktikum tentang cirri-ciri dan struktur jamur
air.
- Kegiatan ahir
Membuat
rangkuman dan tugas
V. Alat / bahan / sumber belajar.
Alat : perangkat
praktikum cirri-ciri jamur dan strukturnya.
Bahan : gambar
macam-macam alga, protozoa dan protista mirip jamur.
Sumber : Khasanah
pengetahuan biologi, paket Biologi x, buku yang relevan.
VI. penilaian
1. Jenis tagihan
Tugas indvidu
2. Bentuk tagihan
Tes
tulis
Keterangan
rentang nilai.
A.
Baik
sekali 90 - 100
B.
Baik 75 – 89
C.
Cukup 60 – 74
D.
Kurang 40 – 59
E.
Kurang
sekali 0 – 39
Mengetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto,
S.Ag
|
Banyuwangi,........,..........2010
Guru Mapel Biologi
Karyono, S.Pd
|
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 BIOLOGI SMA KELAS X SEMSETER 1"
Posting Komentar