RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan
keluarga
Kompetensi dasar:
Menyimak
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu
konteks dengan tepat
I.
Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses
Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna,
gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan
II. Materi Pembelajaran:
·
Perkenalan (التعارف)
(أ)
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة
(ب)
حازم طالب كويتي يتعلم في المدرسة الثانوية ببلاده، وفي الإجازة الماضية زار
حازم إندونيسيا.
وفي خلال زيارته لإندونيسيا قام بزيارة بعض مدارسها الإسلامية بالإضافة إلى
معالمها السياحية.
قال حازم لطالب يرافقه اسمه مراد: إن إندونيسيا بلاد جميلة، أعجبتني مناظرها
الجميلة، وأعجبتني غاباتها الكثيفة، وأعجبتنى مزارعها الواسعة.
زار حازم احدى المدارس الثانوية الإسلامية بجاكرتا وتحدث مع
بعض طلابها وعبر عن سروره البالغ بزيارة بلاد إندونيسيا.
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
· Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam
perkenalan
· Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai
dalam perkenalan
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
· Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru
(diulang 3x)
· Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
· Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
· Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
· Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah
dilaksanakan
· Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
· Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
· Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang
dibacakan guru
· Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
· Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk
membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil
belajar
· Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan
konsep jika ada yang kurang tepat
· Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Laboratorium
Bahasa
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
§ Mencocokkan
tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§ Melengkapi
kalimat dengan kata yang disediakan
§ Menentukan
benar/salah ujaran yang didengar
§ Menentukan
tema dari wacana lisan
§ Menentukan
ide pokok dari wacana lisan.
§ Mengungkapkan
kembali informasi rinci dari wacana lisan.
§ Mengidentifikasi
kosa kata-kosa kata baru atau sulit
|
Tes tertulis
|
tulis
|
1.
Apa tema dialog tersebut
2.
Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria Dan Skala Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi
tema
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
pesan
|
Menceritakan
kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
Handoyo
|
15
|
15
|
25
|
30
|
85
|
2
|
Daryono
|
10
|
10
|
25
|
30
|
65
|
3
|
Edor
|
15
|
10
|
25
|
20
|
65
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami informasi
lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
Kompetensi dasar:
Menyimak
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan
secara tepat
II.
Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses
Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna,
gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan
II. Materi Pembelajaran:
·
Perkenalan (التعارف)
(أ)
+: اسمي خالد، ما سمك؟
- : اسمي خليل
+: كيف حالك؟
+: بخير، والحمد لله
- : من أين أنت؟
+: أنا من باكستان
- : هل أنت باكستاني؟
+: نعم أنا باكستاني، وما جنسيتك؟
- : أنا تركيا، أنا من تركي
+: ما عمرك؟
- : عمري خمس عشرة سنة، وأنت كم سنة عمرك؟
+: عمري خمس عشرة سنة أيضا
- : مع السلامة
+: مع السلامة
(ب)
حازم طالب كويتي يتعلم في المدرسة الثانوية ببلاده، وفي الإجازة الماضية زار
حازم إندونيسيا.
وفي خلال زيارته لإندونيسيا قام بزيارة بعض مدارسها الإسلامية بالإضافة إلى
معالمها السياحية.
قال حازم لطالب يرافقه اسمه مراد: إن إندونيسيا بلاد جميلة، أعجبتني مناظرها
الجميلة، وأعجبتني غاباتها الكثيفة، وأعجبتنى مزارعها الواسعة.
زار حازم احدى المدارس الثانوية الإسلامية بجاكرتا وتحدث مع
بعض طلابها وعبر عن سروره البالغ بزيارة بلاد إندونيسيا.
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
· Guru mengecek kehadiran siswa
· Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
· Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam
perkenalan
· Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai
dalam perkenalan
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
· Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru
(diulang 3x)
· Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
· Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
· Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
· Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah
dilaksanakan
· Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
· Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
· Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang
dibacakan guru
· Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
· Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk
membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
· Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan
konsep jika ada yang kurang tepat
· Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
|
V. Sumber / Bahan / Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Laboratorium
Bahasa
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media
(guru atau tape)
·
Mendiskusikan isi wacana lisan
·
Menuliskan isi wacana lisan secara umum
·
Memaparkan isi wacana lisan secara umum
|
Test : Tulis
(Ulangan harian)
|
tulis
|
1.
Apa tema dialog tersebut
2.
Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria Dan Skala Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi
tema
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
pesan
|
Menceritakan
kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
Handoyo
|
15
|
15
|
25
|
30
|
85
|
2
|
Daryono
|
10
|
10
|
25
|
30
|
65
|
3
|
Edor
|
15
|
10
|
25
|
20
|
65
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Mengungkapkan informasi
secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan
keluarga
Kompetensi Dasar:
BERBICARA
2.1 Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar
I.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan
siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan
dan melakukan dialog tentang perkenalan dengan lancar dan tepat.
II. Materi Pembelajaran:
Dialog tentang:
a)
Perkenalan , misalnya :
مصطفى :السلام عليكم
الطلاب:وعليكم السلام ورحمة الله، أهلا وسهلا
مصطفى: أهلا بكم، يا أصدقائي، هذه أخونا حازم من كويت
الطالب: تشرفنا
حازم: شرف الله مقدارك، ماسمك؟
الطالب: اسمي محمود، وهذا أختي منى
محمود: ما رأيك في بلادنا إندونيسيا؟
حازم: إنها بلاد جميلة، هي جنة الله في أرضه
منى: شكرا، والكويت أيضا جميلة
محمود: صحيح، بل هي دولة غنية، دولة البترول
حازم: ذلك فضل من الله؟
(انظر
اللغة العربية لقسم الأجنبية ص 1)
b) Hubungan dengan Tetangga
هل للجار حقوق يجب أن نحترمها يا أستاذ؟
نعم، للجار حقوق وعليه واجبات
وما هي يا أستاذ؟
وهي كثيرة، منها:
عيادته إذا مرض
تشييع جنازته إذا مات
تهنيئه إذا نجح ... إلخ
III. Metode:
·
Modeling
·
Inpairing
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
||
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat
berkenalan
f.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
|
|
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
||
|
a.
Seluruh siswa
mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.
Seluruh siswa menirukan
kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.
Seluruh siswa secara
bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.
5 orang siswa maju ke
depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e.
Setiap siswa mengajukan
pertanyaan kepada teman di kelas
f.
Setiap siswa menjawab
pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.
Setiap siswa melakukan
percakapan dengan teman sekelas/sebaya
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
||
|
a.
Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses
pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan,
perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
|
|
||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Ruang multimedia
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·
Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi
yang tepat
·
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·
Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
·
Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·
Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·
Melakukan percakapan sesuai konteks
|
Tugas Kelompok
|
Bermain Peran
|
Mainkan sebuah drama dengan tema
perkenalan di sekolah ..!
|
KRITERIA PENILAIAN
- Berbicara
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
kata/ungkapan
|
Kelancaran
|
Ketepatan
Intonasi
|
Kontekstual
|
|||
25
|
25
|
20
|
30
|
100
|
||
1
|
Heri Darmawan
|
20
|
20
|
20
|
25
|
85
|
2
|
Roby
|
20
|
10
|
20
|
25
|
75
|
3
|
Joni
|
25
|
20
|
10
|
30
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
Menghetahui
Kepala Madrasah
Moh. Dimyanto, S. Ag
|
|
Guru Mapel Bahasa Arab
Moh. Dimyanto, S. Ag
|
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 BAHASA ARAB SMA KELAS X SEMESTER 1"
Posting Komentar