loading...

INI KELEBIHAN LIMA HARI SEKOLAH MENURUT MENDIKBUD

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat Malam

Sinarberita.com - Penerapan lima hari sekolah selain untuk penguatan karakter juga bertujuan menata portofolio siswa. Data abadi ini akan tersimpan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sehingga bermanfaat sampai siswa lulus SMA.

"Contohnya jika siswa dengan nomor ijazah sekian melamar kerja, perusahaan bisa mencari apa yang sudah diraih siswa tersebut selama sekolah," demikian dijelaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhajir Effendi di kantor Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Kamis (20/7).

Hasil gambar untuk sekolah lima hari mendikbud muhadjir effendy
Gambar Ilustrasi

Selain rekam medis, data tersebut juga mencakup prestasi bidang kepemimpinan, kesenian, olahraga, hingga keagamaan. Muhajir mengungkapkan data tersebut bisa menjadi poin lebih dan bekal untuk masa depan siswa.

"Siswa ini meraih juara di kompetisi ini, pentas tingkat nasional, bahkan termasuk juga jika siswa hafal al Quran. Itu tersimpan semua," paparnya.

Lebih lanjut, dalam penerapan lima hari sekolah ekstrakurikuler akan dimasukkan dalam pembelajaran resmi. "Kalau pelajaran intra kan memang wajib, nah ini ekstrakurikuler juga masuk," terang Muhajir.

Karena masuk menjadi pelajaran resmi maka ekstrakurikuler juga akan diberi nilai dalam bentuk deskriptif. Maka dari itu, Muhajir berharap agar pengawas dan kepala sekolah mampu menerjemahkan kebijakan Presiden Joko Widodo tentang penguatan karakter tersebut.

"Ini nanti kan bisa dilakukan bertahap dan optional sembari menunggu proses Perpres menyangkut Kurikulum 2013 dan penyeimbangan ekstrakurikuler dalam dan luar sekolah," paparnya.

Dia juga meminta sekolah aktif menjalin kerjasama dengan lembaga lain yang mampu mendukung tercapainya pendidikan karakter.

Demikian berita dan informasi terkini yang berhasil kami lansir dari merdeka.com. Silahkan like fanspagenya dan tetap kunjungi situs kami di www.sinarberita.com. Kami senantiasa memberikan berita dan informasi terupdate dan teraktual yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya. Terima Kasih atas kunjungan anda semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat.. Untuk info terbaru lainya silakan kunjungi laman DISINI

0 Response to "INI KELEBIHAN LIMA HARI SEKOLAH MENURUT MENDIKBUD"

Posting Komentar