loading...

CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER II MATERI PENULISAN LAPORAN PENELITIAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : ...........................
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :  XII / 2
Standar Kompetensi   : 2.     Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar      :  2. 3. Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara
                                               sederhana.                                                                                               
Indikator Pencapaian Kompetensi      :
·         Membuat laporan peneliltian sosial secara sederhana.
·         Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana.

Alokasi Waktu       :  4 x 45 menit (4 X Pertemuan)

A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½  Menyusun garis besar laporan
½  Menyusun hasil penelitian
½  Membuat laporan penelitian
½  Mempresentasikan hasil penelitian
Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Kepemimpinan, Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.

B.  Materi Pembelajaran

½  Penulisan Laporan Penelitian

C.  Metode Pembelajaran

½  informasi
½  kerja mandiri
½  tanya-jawab
½  eksplorasi
½  diskusi
½  ceramah

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·   Mengkomunikasikan hasil penelitian secara sederhana
·   Secara kelompok membuat laporan penelitian.
·   Secara kelompok mempresentasikan laporan hasil penelitian.
·   Siswa dapat  Membuat laporan peneliltian sosial secara sederhana.
·   Siswa dapat  Mempresentasikan hasil penelitian sosial secara sederhana.

 

D.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang pengolahan data.
b.      Memotivasi
Guru menjelaskan metode penulisan laporan hasil penelitian.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema penulisan laporan penelitian.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang menyusun garis besar laporan penelitian, menyusun hasil penelitian, merumuskan kesimpulan dan melakukan diskusi sebelum menampilkan laporan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa membuat susunan secara garis besar laporan penelitian berdasarkan data yang sudah diolah.
  Siswa secara berkelompok menyusun hasil penelitian dalam bentuk laporan.
  Siswa secara berkelompok membuat kesimpulan dari hasil penelitian.
  Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 177 – 181.
  Siswa secara berkelompok membacakan laporan hasil penelitian di depan kelas. Beberapa siswa dipilih sebagai presenter, moderator, penanggap, dan notulen.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang penulisan laporan penelitian.
  Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi dari buku halaman 182-184.



Pertemuan 2
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.       Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud  diadakan ulangan blok.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan blok.


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
  Siswa mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  Siswa mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);



3.
Kegiatan Akhir
  Siswa dan guru membahas  pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan blok.(nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
  Siswa diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,  Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);


 

E.  Sumber pembelajaran:

½  Buku Sosiologi SMA kelas 3 ESIS  halaman 172 –184.
½  Pengalaman siswa membuat laporan hasil penelitian
½  Media massa seperti majalah, koran, dan buku-buku tambahan.

F.   Media

½  Papan tulis
½  Alat-alat tulis
½  Lembar soal
½  Transparan Konsep
½  Power Point
½  OHP

G. Penilaian

½  Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok
½  Laporan hasil penelitian
½  Diskusi kelompok berdasarkan laporan hasil penelitian.

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
           
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama













Keterangan: nilai maksimal 20

LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
½  Kemampuan menyampaikan pendapat.
½  Kemampuan memberikan argumentasi.
½  Kemampuan memberikan kritik.
½  Kemampuan mengajukan pertanyaan.
½  Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
½  Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                          6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                 Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                  2—15             = Sangat baik 
2.      Tanggung jawab individu                   9—11              = Baik
3.      Pemikiran                                            6—8                = Cukup         
4.      Keberanian berpendapat                     3—5                = Kurang        
5.      Keberanian tampil      


Mengetahui,
Kepala SMA ……………………



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi



(_________________________)
NIP/NIK : ....................................

0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER II MATERI PENULISAN LAPORAN PENELITIAN"

Posting Komentar