RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
...........................
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : XII / 2
Standar Kompetensi :
2. Mempraktekkan metode penelitian
Kompetensi Dasar : 2.
3. Mengkomunikasikan hasil penelitian sosial secara
sederhana.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
·
Membuat
laporan peneliltian sosial secara sederhana.
·
Mempresentasikan
hasil penelitian sosial secara sederhana.
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit (4 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
½
Menyusun garis besar laporan
½
Menyusun hasil penelitian
½
Membuat laporan penelitian
½
Mempresentasikan hasil penelitian
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah Air
, Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Kepemimpinan, Percaya diri,
Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
½ Penulisan Laporan Penelitian
C. Metode Pembelajaran
½
informasi
½
kerja mandiri
½
tanya-jawab
½
eksplorasi
½
diskusi
½ ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengkomunikasikan
hasil penelitian secara sederhana
|
· Secara
kelompok membuat laporan penelitian.
· Secara
kelompok mempresentasikan laporan hasil penelitian.
|
· Siswa
dapat Membuat laporan peneliltian
sosial secara sederhana.
· Siswa
dapat Mempresentasikan hasil
penelitian sosial secara sederhana.
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian,
guru menanyakan beberapa pertanyaan tentang pengolahan data.
b.
Memotivasi
Guru menjelaskan metode penulisan laporan hasil
penelitian.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa memperhatikan skema penulisan laporan penelitian.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang menyusun garis besar laporan penelitian,
menyusun hasil penelitian, merumuskan kesimpulan dan melakukan diskusi
sebelum menampilkan laporan.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
membuat susunan secara garis besar laporan penelitian berdasarkan data yang
sudah diolah.
Siswa
secara berkelompok menyusun hasil penelitian dalam bentuk laporan.
Siswa
secara berkelompok membuat kesimpulan dari hasil penelitian.
Siswa
mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 177 – 181.
Siswa
secara berkelompok membacakan laporan hasil penelitian di depan kelas.
Beberapa siswa dipilih sebagai presenter, moderator, penanggap, dan notulen.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membuat rangkuman bersama tentang penulisan laporan penelitian.
Siswa
mengerjakan soal-soal evaluasi dari buku halaman 182-184.
|
|
|
Pertemuan
2
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran.
b.
Memotivasi
Siswa mendengarkan maksud diadakan ulangan blok.
c.
Rambu-rambu
belajar
Siswa mendapat penjelasan dari guru tentang ulangan
blok.
|
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa
mendapatkan soal-soal ulangan. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa
mengerjakan soal-soal ulangan yang sudah dibagikan. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya untuk diperiksa dan dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Cinta
Tanah Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru membahas
pertanyaan-pertanyaan yang telah dikerjakan oleh siswa dalam ulangan
blok.(nilai yang ditanamkan:
Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa
diberi tugas untuk mempelajari bahan yang telah dijadikan ulangan blok. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Rasa Ingin tahu, Bersahabat , Cinta Tanah
Air , Cinta Damai, Peduli Lingkungan, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
|
|
E. Sumber pembelajaran:
½
Buku
Sosiologi SMA kelas 3 ESIS halaman
172 –184.
½
Pengalaman siswa membuat laporan hasil penelitian
½ Media
massa seperti
majalah, koran, dan buku-buku tambahan.
F. Media
½
Papan tulis
½
Alat-alat tulis
½
Lembar soal
½
Transparan Konsep
½
Power Point
½ OHP
G. Penilaian
½
Hasil pekerjaan siswa dari ulangan blok
½
Laporan hasil penelitian
½ Diskusi kelompok berdasarkan
laporan hasil penelitian.
Berikut ini format penilaian
diskusi kelompok.
No.
|
Nama
|
ASPEK PENILAIAN
|
Total nilai
|
Presentasi |
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan
mengemukakan pendapat
|
Kerja sama |
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor/
Jumlah
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai:
½
Kemampuan menyampaikan pendapat.
½
Kemampuan memberikan argumentasi.
½
Kemampuan memberikan kritik.
½
Kemampuan mengajukan pertanyaan.
½
Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
½
Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor
1 24—30 = Sangat
Baik
B. Kurang Baik Skor
2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor
3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor
4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor
5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
|
Nama Siswa |
Kriteria
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: Rentang
skor : 1—3
1. Aktivitas
dalam kelompok 2—15 =
Sangat baik
2. Tanggung jawab
individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Mengetahui,
Kepala
SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru
mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
0 Response to "CONTOH RPP SOSIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER II MATERI PENULISAN LAPORAN PENELITIAN"
Posting Komentar