Berikut contoh-contoh indikator yang dapat dikembangkan berdasarkan kompetensi dasar
dalam kurikulum 2013.
Tabel Pengembangan Indikator dari KD
No.
|
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
(Islam)
|
3.1
Memahami makna al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.
|
3.1.1 Menjelaskan makna kata-kata al-Asmaul-Husna:
Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir.
|
(Kristen)
|
3.1
Menjelaskan Allah mengampuni dan menyelamatkan manusia melalui Yesus Kristus.
|
3.1.1
Menjelaskan makna Allah mengampuni manusia melalui Yesus Kristus.
|
|
(Katolik)
|
3.1
Menemukan keunikan diri sebagai citra Allah yang baik adanya.
|
3.1.1
Menemukan keunikan diri manusia sebagai citra Allah melalui keindahan kondisi
fisiknya.
|
|
(Hindu)
|
3.1
Memahami konsepsi Avatara, Deva, dan Bhatara dalam agama Hindu.
|
3.1.1
Menjelaskan makna Avatara, Deva, dan Bhatara dalam agama Hindu.
|
|
(Buddha)
|
1.1 Mendeskripsikan
formulasi Pancasila Buddhis dan Pancadhamma.
|
1.1. Menjelaskan lima sila dari Pancasila
Buddhis secara berurutan.
|
|
(Khonghucu)
|
3.1
Menjelaskan definisi, makna, fungsi, dan tujuan pengajaran agama.
|
3.1.1
Menjelaskan makna Agama secara etimologis dan terminologis.
|
|
2.
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaran
|
3.1
Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan
dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara.
|
3.1.1 Menjelaskan
pembentukan BPUPKI sebagai badan yang mempersiapkan
dasar negara Indonesia merdeka.
|
3.
|
Bahasa Indonesia
|
3.1 Memahami
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan.
|
3.1.1
Menyusun teks hasil observasi secara tertulis.
|
4.
|
Matematika
|
3.1
Membandingkan dan mengurutkan beberapa bilangan bulat dan pecahan serta
menerapkan operasi hitung bilangan bulat dan bilangan pecahan dengan
memanfaatkan berbagai sifat operasi.
|
3.1.1 Mengurutkan empat bilangan pecahan
yang diberikan dari terkecil hingga terbesar.
|
5.
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
3.1
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk
hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta
pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
|
3.1.1
Menjelaskan langkah-langkah pengukuran panjang dengan menggunakan jangka
sorong.
3.1.2
Menyebutkan tingkat ketelitian hasil pengukuran dengan menggunakan
meteran/penggaris dan jangka sorong.
|
6.
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antarruang dan waktu dalam lingkup
regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
sosial, budaya, pendidikan dan politik).
|
3.1.1
Menjelaskan makna konektivitas antar ruang dan waktu.
|
7.
|
Bahasa Inggris
|
3.1
Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf, serta responsnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.1.1
Merespon ungkapan sapaan, pamitan, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf.
|
8.
|
Seni Budaya
|
3.1
Memahami konsep dan prosedur menggambar flora, fauna dan benda alam (Seni
Rupa).
|
3.1.1
Menjelaskan makna konsep menggambar.
|
3.1
Memahami teknik vokal dalam bernyanyi lagu secara unisono (Seni Musik).
|
3.1.1
Mengenal lagu-lagu dan musik daerah di Indonesia.
|
||
3.1
Memahami gerak tari berdasarkan unsur ruang waktu dan tenaga (Seni Tari).
|
3.1.1
Mengenal keragaman gerak tari dari berabagai suku di Indonesia.
|
||
3.1 Memahami teknik olah tubuh, olah
suara, dan olah rasa (Seni Teater).
|
3.1.1
Mendeskripsikan berbagai teknik dasar akting teater .
3.1.2 Mengidentifikasi teknik dasar akting teater
berdasarkan olah tubuh, olah suara, dan olah rasa.
3.1.3
Mengeksplorasi teknik dasar akting teater berdasarkan olah tubuh, olah suara,
dan olah rasa.
|
||
9.
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
|
3.1
Memahami konsep keterampilan gerak fundamental permainan bola besar.
|
3.1.1
Mendeskripsikan berbagai cabang olahraga yang menggunakan bola sebagai
permainan.
|
10.
|
Prakarya
|
3.1
Memahami desain pembuatan dan pengemasan karya bahan alam berdasarkan konsep
dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat.
|
3.1.1
Menjelaskan konsep desain kerajinan dari bahan alam.
3.1.2
Mengidentifikasi keragaman karya kerajinan dari bahan alam.
|
0 Response to "CONTOH PENGEMBANGAN INDIKATOR DARI KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013 UNTUK 10 MATA PELAJARAN"
Posting Komentar