loading...

CONTOH RPP BIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 PROGRAM IPA PERTEMUAN PERTAMA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           :   
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester         : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                 : 27
Alokasi Waktu           : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar    : 4.1    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Tujuan                       : Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

I.       Indikator Pencapaian Kompetensi
·        Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
·        Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin

II.  Materi Ajar
·        Hipotesis asal usul kehidupan
·        Teori evolusi Darwin

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menemukan adanya gejala keanekaragaman
·     Menyusun hipotesis asal terbentuknya keanekaragaman hayati
·     Menggambar skema teori evolusi Darwin
·     Menghubungkan penemuan hukum hereditas, substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin
·     Membaca buku untuk menyusun peta konsep
·     Diskusi teori keanekaragaman makhluk hidup
·     Diskusi pertentangan teori Abiogenesis dan Biogenesis
·     Diskusi memahami teori evolusi
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal-usul kehidupan
·     Siswa dapat  Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
   Pertemuan 27 (2 × 45 menit)
A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·        Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.
B.  Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan. (nilai yang    ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa mendiskusikan mekanisme  evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C.  Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan. (nilai yang             ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);

V. Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
      ·    Uji kompetensi tertulis

                                                                                                            2011
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran



NIP :                                                                                       NIP.  

0 Response to "CONTOH RPP BIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 PROGRAM IPA PERTEMUAN PERTAMA"

Posting Komentar