RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII
(Duabelas)/ 2
Pertemuan : 27
Alokasi Waktu : 2
× 45 Menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi
serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar
: 4.1 Menjelaskan
teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Tujuan : Siswa
memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Jujur, Kerja keras, Toleransi,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli
lingkungan.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
I.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan
berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
·
Mendeskripsikan
teori evolusi menurut Darwin
II. Materi Ajar
·
Hipotesis
asal usul kehidupan
·
Teori
evolusi Darwin
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menemukan adanya gejala keanekaragaman
· Menyusun hipotesis asal terbentuknya
keanekaragaman hayati
· Menggambar skema teori evolusi Darwin
· Menghubungkan penemuan hukum hereditas,
substansi genetika dan mutasi dengan teori evolusi Darwin
|
· Membaca buku untuk menyusun peta konsep
· Diskusi teori keanekaragaman makhluk
hidup
· Diskusi pertentangan teori Abiogenesis
dan Biogenesis
· Diskusi memahami teori evolusi
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang
asal-usul kehidupan
· Siswa dapat Mendeskrisikan teori evolusi menurut Darwin
|
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 27 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru
menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan
bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·
Siswa
mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.
B. Kegiatan
inti (70 menit)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan
biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Guru
menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan
mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya
keanekaragaman. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja
keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung
Jawab, Peduli lingkungan);
·
Siswa
mendiskusikan mekanisme evolusi menurut
Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin
tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Jujur, Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai
prestasi, Tanggung Jawab, Peduli lingkungan.);
C. Kegiatan
akhir (10 menit)
·
Siswa
menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan. (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras,
Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi, Tanggung Jawab,
Peduli lingkungan);
·
Siswa
menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Kerja keras, Toleransi, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Menghargai prestasi,
Tanggung Jawab, Peduli lingkungan);
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja siswa IIIB, Ign.
Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
NIP : NIP.
0 Response to "CONTOH RPP BIOLOGI SMA KELAS XII SEMESTER 2 PROGRAM IPA PERTEMUAN PERTAMA"
Posting Komentar