Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Kelas / Semester : 2 / 2
Tema : Lingkungan
Waktu : 4 minggu
Standar Kompetensi
B. Indonesia
Berbicara
- Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
- Menulis
- Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
Matematika
- Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
- Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana.
IPA
- Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
- Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
IPS
- Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
SBK
- Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
- Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
- Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung.
Kompetensi Dasar
B.
Indonesia
·
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·
Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·
Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
Matematika
·
Melakukan
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·
Melakukan
pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·
Melakukan
operasi bilangan campuran.
·
Mengelompokkan
bangun datar.
·
Mengenal
sudut bangun datar.
IPA
·
Mengidentifikasi
sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan
sekitar.
·
Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya.
·
Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·
Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari.
IPS
·
Menceritakan
pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·
Memberi
contoh bentuk kerjasama di
lingkungan tetangga.
SBK
·
Mengekpresikan
diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·
Mengekpresikan
diri dengan penampilan musik.
·
Berkreasi
dengan cat warna.
Tujuan Pembelajaran**
B.
Indonesia
·
Siswa
dapat menirukan gerak dan suara binatang.
·
Siswa
dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya
dengan teman.
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
·
Siswa
dapat menuliskan yang didiktekan guru.
·
Siswa dapat melengkapi cerita
tentang data keluarga.
·
Siswa
dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda
baca dengan tepat.
·
Siswa
dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia.
Matematika
·
Siswa
dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan
berulang.
·
Siswa
dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
·
Siswa
dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
·
Siswa
dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
·
Siswa
dapat menentukan, menggambar bangun
datar dengan titik sudut, garis, sisi.
IPA
·
Siswa dapat mencari sumber bunyi
alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas,
sumber energi yang menghasilkan cahaya.
·
Siswa
dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
·
Siswa dapat menjelaskan
kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·
Siswa dapat menjelaskan
perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan
adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.
IPS
·
Siswa
dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·
Siswa dapat memperagakan peran
tentang diri sendiri serta keluarga.
·
Siswa
dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·
Siswa
dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat
menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
SBK
·
Siswa
dapat membuat karya gambar cetak ekpresi.
·
Siswa dapat memainkan alat
musik ritmis.
·
Siswa
dapat menjelaskan cara pembuatan cat
warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery
)
Materi ajar (materi pokok)
- Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
- Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
- Mendeklamasikan puisi.
- Perkalian dan pembagian.
- Bangun datar dan unsure bangun datar.
- Sumber panas dan energi serta kegunaannya.
- Menceritakan pengalaman.
- Lingkungan alam dan buatan.
- Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
Metoda pembelajaran
- Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.
Langkah-langkah
A. Kegiatan awal
Apresepsi/
Motivasi :
merapikan siswa, berbaris dan berdo,a, mengatur
tempat duduk, mengabsen.
tes awal pelajaran.
B. Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B. Indonesia,
Matematika, IPS). 3 x 35’.
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Dengan
penjelasan guru diharapkan siswa dapat menjelaskan cirri tumbuhan dan binatang
secara lisan dan dituangkan dalam tulisan.
F Mengingat fakta perkalian dengan penjumlahan berulang.
F Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dengan bercerita.
Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika). 4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Dengan
penjelasan tentang suara dan gerakan binatang siswa dapat menirukannya dengan
riang dan gembira.
F Menjelaskan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, Matematika, IPA). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengungkapkan cirri tumbuhan dan hewan serta tempat hidupnya
melalui bacaan atau cerita yang tersedia.
F Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mengerti
dan paham serta dapat menyebutkan sumber bunyi, energi yang sering digunakan,
sumber energi di lingkungan
sekitar.
Pertemuan keempat (SBK, B. Indonesia, Matematika). 4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
unsure cetak gambar / cetak tinggi.
F
Membaca
dengan intonasi yang benar dengan kecepatan, tentang cerita binatang.
F
Menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita.
F
Mendemontrasikan hitung perkalian 1 dan 2
.
Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menirukan
suara binatang dan gerakannya kemudian dituangkan ke dalam tulisan tegak
bersambung dan tidak lupa penggunaan huruf kapital.
F
Mendemontrasikan hitung perkalian 1 – 3.
Pertemuan keenam (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengerjakan
perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai tiga.
F
Menyusun kalimat sederhana.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengerjakan
hitung perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai lima.
F Membaca sebuah cerita dengan pelafalan dan intonasi yang benar secara seksama.
Pertemuan kedua (IPS, Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memperagakan
peran tentang diri sendiri sebagai makhluk social yang memerlukan lingkungan
sekitarnya.
F
Melalui
penjelasan guru diharapkan siswa mampu mengungkapkan dan hafal hitung
perkalian.
F Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita yang dibacanya.
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Melalui
penjelasan guru tentang kegunaan energi, baik itu energi bunyi, panas dan
energi listrik diharapkan siswa dapat mengungkapkan alasan yang tepat tentang
penggunaan energi tersebut.
F
Menuliskan
yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung yang baik dan benar.
F Melalui penjelasan tentang pembagian diharapkan
akan lebih memahami tekhnik pembagian dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca dan
menjawab pertanyaan dari isi cerita kemudain dituangkan kedalam tulisan dengan
bentuk karangan pendek.
F Mengerjakan hitung pembagian dengan pengurangan berulang sampai nol.
Pertemuan Kelima (Matematika B. Indonesia) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengerjakan
hitung pembagian satu sampai 5
F
Menyusun kalimat sederhana.
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK) 4x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca
kalimat bersuara nyaring dengan intonasi yang benar kemudain di tulis dengan
menggunakan huruf sambung dan penerapan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
F
Membuat karya
gambar cetak ekspresi dengan berbagai motif imajinatif dari bahan alam.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mengerjakan
hitung pembagian dan penerapannya dalam kegiatan sehari-hari.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat
membaca cerita dengan bantuan gambar.
Pertemuan kedua (Matematika, B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Pengerjaan
hitung campuran perkalian dan pembagian.
F
Melengkapi
cerita tentang data keluarga ditulis menggunakan huruf kapital dan tanda baca
yang benar.
F Dari penjelasan guru, diharapkan siswa dapat menyebutkan
perbedaan lingkungan alam dan buatan di sekitar lingkungan rumah.
Pertemuan
ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
menjelaskan energi yang sering digunakan sehari-hari serta memberi alasan
penggunaan jenis energi listrik.
F
Siswa membaca
dengan bersuara tentang membersihkan halaman serta mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
F Melalui penjelasan guru tentang pembagian
sampai 50
Pertemuan
keempat (B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Meringkas
bacaan, melengkapi kalimat yang telah disediakan guru.
F
Pembagian sebagai kebalikan perkalian
F
Siswa mengerjakan soal cerita
tentang perkalian dan pembagian.
Pertemuan
kelima (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menjelaskan bangun datar, siswa mengelompokkan
bangun datar menurut bentuknya
F
Siswa
mengurutkan bangun datar menurut ukurannya.
F Menulis kalimat yang didiktekan guru.
Pertemuan
keenam (B. Indonesia, SBK). 4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menugaskan siswa untuk menyusun sebuah karangan
sdengan bentuk puisi.
F
Siswa
mendeklamasikan puisi tersebut di depan kelas.
F
Dengan
penjelasan guru tentang cara pembuatan cat warna dan bahan alami.
F
Siswa
mendemontrasikannya pembuatan cat warna.
Minggu
ke 4
Pertemuan pertama
(Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menjelaskan tentang sudut dan bangun datar
F
Siswa
menyimak penjelasan guru.
F
Siswa
menyebutkan unsur-unsur bangun datar.
F
Siswa
menggambarkan jenis-jenis bangun datar.
Pertemuan kedua (B.
Indonesia, Matematika, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan pendek.
F
Siswa membuat
karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
F
Siswa
melanjutkan materi berikutnya yaitu menggambar dan membuat bangun datar dengan
ukuran tertentu.
F Siswa menceritakan pengalaman membersihkan
lingkungan di sekitar baik di rumah maupun di sekolah secara lisan ataupun tulisan.
Pertemuan ketiga
(Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menugaskan siswa untuk melanjutkan materi
berikutnya.
F
Siswa
melaksanankan tugas yang diberikan guru yaitu membuat bidang datar dengan
ukuran yang ditentukan guru dengan menggunakan alat bantu.
F Siswa menyebutkan benda yang termasuk banmgun datar di sekitar
kelas.
Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
menugaskan siswa untuk membuat kalimat berdasarkan gambar.
F
Siswa membuat
kalimat berdasarkan gambar.
F
Siswa
menyalin kalimat dari huruf cetak ke huruf tegak bersambung.
F
Guru
menugaskan siswa untuk mencari gambar yang berhubungan dengan lingkungan alam
dan buatan dari berbagai media cetak untuk dibuat kliping.
F
Pertemuan
kelima (IPA). 2 x 35’
F
Guru mengulas
materi yang telah disampaikan dan menyampaikan materi berikutnya.
F
Siswa dibawa
guru ke luar kelas untuk merasakan lanmgsung pengaruh panas dan cahaya matahari
terhadap makhluk hidup.
F
Siswa membuat
laporan apa yang di rasakannya.
Pertemuan keenam (SBK). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru menjelaskan cara penggunaan cat warna yang terbuat
dari bahan alam atau buatan.
F
Siswa mencoba
membuat cetakan sederhana dengan menggunakan cat warna yang telah dibuat dari
bahan alam atau buatan.
F
Siswa dapat
membandingkan kualitas cat warna yang dibuat dari bahan alam dan bahan buatan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam
kegiatan akhir, guru:
F
Mengadakan
tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
F
Memberikan
penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang
telah dilakukan siswa.
F
Memberikan
tugas atau PR
Alat dan sumber :
F
Buku paket
F
Alat peraga
F
Media cetak
F
Media
elektronik
F
Lingkungan
sekitar
F
Kreatifitas
guru
Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
B. Indonesia
·
Menirukan gerak dan suara
binatang tertentu.
·
Menjelaskan cirri-ciri
tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya,
tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·
Mendeskripsikan cirri-ciri
benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·
Menjawab pertanyaan tentang
isi cerita.
·
Menceritakan kembali cerita
yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menuliskan kalimat yang
didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·
Melengkapi cerita tentang
data keluarga dengan kata yang tepat.
·
Menulis nama orang tua,
pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan
tanda baca.
·
Menyalin kalimat cetak
menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·
Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang
sudah disediakan.
·
Menulis karangan sederhana
tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan
tertentu.
Matematika
·
Mengingat pakta perkalian
sampai 50 dengan berbagai cara.
·
Mengingat pakta pembagian
sampai 50 dengan berbagai cara.
·
Menghitung secara cepat
perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar,
menurut bentuknya.
·
Menggunakan bangun datar
menurut ukurannya.
·
Menentukan unsure bangun
datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·
Menentukan unsure-unsur
bangun datar yaitu sudut.
·
Menggambar dan membuat bangun
persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.
IPA
·
Mencari sumber panas, bunyi
dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·
Mencari contoh alat rumah
tangga yang menggunakan energi.
·
Memberi contoh jenis energi
yang sering digunakan sehari-hari.
·
Memberi alasan penggunaan
jenis energi listrik.
·
Menceritakan kedudukan
matahari pagi, siang dan sore hari.
·
Membedakan panas matahari
pada pagi, siang dan sore hari.
·
Menceritakan adanya hubungan
antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Menjelaskan kegunaan panas
dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
·
Mengungkapkan pengalaman diri
sendiri dan keluarga.
·
Memperagakan peran tentang
diri sendiri.
·
Menceritakan keadaan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·
Memberikan contoh cara
memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·
Menceritakan pengalaman
membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
SBK
·
Membuat
karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·
Memnuat karya gambar cetak
ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·
Memainkan alat musik ritmis
dengan cara yang benar.
·
Mengatur
komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan
alam.
·
Mendemontrasikan
cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
|
tertulis, lisan, perbuatan
|
isian,essay, skala sikap, portofolio
|
B. Indonesia
·
Bagaimana cara Menirukan
gerak dan suara binatang tertentu.
·
Jelaskan cirri-ciri tumbuhan
dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat
hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·
Jelaskanlah cirri-ciri benda,
tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·
Jelaskanlah pertanyaan
tentang isi cerita.
·
Ceritakan kembali cerita yang
didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·
Tuliskan kalimat yang
didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·
Jelaskanlah cerita tentang data
keluarga dengan kata yang tepat.
·
Tuliskanlah nama orang tua,
pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan
tanda baca.
·
Salinkanlah kalimat cetak
menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·
Tuliskanlah karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang
sudah disediakan.
·
Tuliskanlah karangan
sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan
kecepatan tertentu.
Matematika
·
Jelaskanlah pakta perkalian
sampai 50 dengan berbagai cara.
·
Jelaskanlah pakta pembagian sampai
50 dengan berbagai cara.
·
Hitungkanlah secara cepat
perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar,
menurut bentuknya.
·
Hitungkanlah bangun datar
menurut ukurannya.
·
Tentukanlah unsure bangun
datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·
Tentukan unsure-unsur bangun
datar yaitu sudut.
·
Bagaimana cara Menggambar dan
membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.
IPA
·
Sebutkanlah sumber panas,
bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·
Sebutkanlah contoh alat rumah
tangga yang menggunakan energi.
·
Sebutkanlah contoh jenis
energi yang sering digunakan sehari-hari.
·
Jelaskanlah alasan penggunaan
jenis energi listrik.
·
Ceritakan kedudukan matahari
pagi, siang dan sore hari.
·
Bedakan panas matahari pada
pagi, siang dan sore hari.
·
Ceritakan adanya hubungan
antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Jelaskan kegunaan panas dan
cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
·
Ceritakan pengalaman diri
sendiri dan keluarga.
·
Peragakan peran tentang diri
sendiri.
·
Ceritakan keadaan lingkungan
alam dan buatan di sekitar rumah.
·
Sebutkanlah contoh cara
memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·
Ceritakan pengalaman
membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
SBK
·
Jelaskanlah
karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·
Jelaskanlah
karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan
dari bahan alam.
·
Jelaskanlah
cara memainkan
alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·
Jelaskanlah
cara mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan
alam.
·
Jelaskanlah
cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
|
Kriteria
Penilaian
1. Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala
Sekolah
NIP/NIK
: -
|
PPAI
Kec.
NIP.
|
,………
2011
Guru
Tematik Kelas II
NIP/NIK
: -
|
0 Response to "CONTOH RPP TEMATIK KURIKULUM 2013 TEMA "LINGKUNGAN" SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2"
Posting Komentar