RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ 2
Pertemuan Ke : 1-4
Alokasi Waktu : 8 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan Pecahan dalam
pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
5.1 Mengubah
pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya
C. Indikator
pencapaian kompetensi
Psikomotor
o
Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
Kognitif
o
Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal
D.
Tujuan
Pembelajaran**
Psikomotor
Peserta didik dapat :
§ Mengubah
Pecahan Biasa Menjadi Persen
Kognitif
Dengan tanpa membuka buku siswa
dapat:
§ Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal
v
Karakter siswa yang diharapkan :
v Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis,
Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi.
E.
Materi
Ajar
Operasi penjumlahan dan
pengurangan
§ Mengubah
Pecahan Biasa Menjadi Persen dan Sebaliknya
§ Mengubah
pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya
A.Mengubah Pecahan ke Bentuk Pecahan Lain
1.
Persentase
Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang
persen. Kamu juga pernah melihat bentuk persen, bukan? Tahukah kamu arti
persen? Persen termasuk dalam pecahan. Lambang persen adalah %.
Persen (%) artinya perseratus.
3% dibaca tiga persen.
50% dibaca lima puluh persen.
Selanjutnya, perhatikan penjelasan berikut.
F.
Metode
Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
G.
METODE PEMBELAJARAN
Model : a.Jig
saw
b. Pembelajaran
koperatif
c.
Pendekatan kontlektual
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan
penegasan
b.
Pemberian tugas kelompok
c. penegasan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Langkah
Kegiatan
|
Pegorganisasian
|
Pengembangan Diri
|
|||
Kelas
|
Waktu
|
Penilaian
|
|||
§ Fase 1-2
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang
berhubungan dengan persen ( diskon harga dll). Siswa diminta menceritakan
pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan
membahas beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Mengubah pecahan kebentuk
persen dan desimal serta sebaliknya
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya
yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus
sampai kesimpulan didapat.
F Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan rumus
cara mencari persen dari kuantitas dan mencari kuantitas dari persen dari
contoh-contoh yang telah diberikan oleh siswa.
F Guru menguji keterampilan siswa dalam menentukan
persen dan kuantitas dalam soal cerita maupun soal isian.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah
dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
§ Fase 3-4
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali macam-macam pecahan yang mereka
ketahui atau yang telah mereka pelajari pada kelas sebelumnya. Menjelaskan
bahwa ada banyak pecahan yang akan di pelajari pada pertemuan ini seperti
persen dan desimal.
§ Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian
persen dan pecahan desimal serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru dan siswa bersama-sama mencari cara
mengubah pecahan biasa ke persen maupun ke desimal ataupun sebaliknya
mengubah persen dan pecahan desimal ke pecahan biasa, siswa diberi
permasalahan guru memberikan arahan untuk menyelesaikan permasalahan yang
diberikan.
F Menjelaskan tanda-tanda ketaksamaan seperti
>, < dan = untuk membandingkan dua buah pecahan yang berbeda jenis.
F Guru menguji keterampilan dan kemampuan siswa dalam mengubah pecahan
biasa ke persen dan desimal dalam soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah
dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah .
|
|
|
|
|
|
I.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ BUKU
BSE
§ Buku Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas
V 5 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 5
J.
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o
Rasa
ingin tahu : Sikap
dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas
dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
o
Mandiri
: Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada
orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
o
Kreatif:
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara
atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
o
Kerja
keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam
mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas
dengan sebaik-baiknya.
o
Disiplin
: Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh
pada berbagai ketentuan dan peraturan
o
Demokratis
: Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai
sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
o
Tanggung-jawab
: Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas
dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri,
masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha
Esa.
o
Menghargai
Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk
menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta
menghormati keberhasilan orang lain.
|
o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
o
Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal
|
Tugas Indvidu
|
Isian
|
o
Jumlah siswa kelas v adalah 40 orang. Sebanyak 15
orang adalah siswa laki-laki dan sisanya adalah perempuan. Berapa persenkah
jumlah siswa laki-laki?
o Seorang pedagang buah mangga memiliki 60 kg mangga. Sebanyak 70 %nya
telah terjual berapa kg buah mangga yang talah terjual itu?
o
20 % dari 8000 adalah………………..
o
35 % dari 10000 adalah……….
o Ubahlah ke dalam bentuk % dan pecahan desimal!
i.
= …………..
ii.
= ………..
o Ubalah ke bentuk pecahan biasa yang paling sederhana!
a. 45 % =…….
b. 46% = ……
c. 34 % =…….
o Ubahlah kebentuk pecahan biasa yang paling sederhana!
a. 0,6 b. 0,78
c. 0,340
|
K. Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ..............................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2"
Posting Komentar