loading...

CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                               :   ..............................
Mata Pelajaran                  :   Matematika
Kelas/Semester                  :   V/ 2
Pertemuan Ke                   :   1-4
Alokasi Waktu                   :   8 x 35 Menit

A.    Standar  Kompetensi      :          
5.   Menggunakan Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi Dasar          
5.1  Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya

C.    Indikator pencapaian kompetensi
Psikomotor
o   Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
Kognitif
o  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal

D.    Tujuan Pembelajaran**
Psikomotor
Peserta didik dapat :
§  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
Kognitif
Dengan tanpa membuka buku siswa dapat:
§  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal

v  Karakter siswa yang diharapkan :  
v  Rasa ingin tahu , Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin, Demokratis, Tanggung-jawab , Menghargai Prestasi.











E.     Materi Ajar         
Operasi penjumlahan dan pengurangan 
§  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen dan Sebaliknya
§  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal dan sebaliknya
A.Mengubah Pecahan ke Bentuk Pecahan Lain
1.    Persentase
Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang persen. Kamu juga pernah melihat bentuk persen, bukan? Tahukah kamu arti persen? Persen termasuk dalam pecahan. Lambang persen adalah %.
Persen (%) artinya perseratus.
3% dibaca tiga persen.
50% dibaca lima puluh persen.
Selanjutnya, perhatikan penjelasan berikut.
F.     Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

G.    METODE PEMBELAJARAN
Model :  a.Jig saw                
         b. Pembelajaran koperatif
   c. Pendekatan kontlektual
                               
Metode : a. Diskusi dengan teman sebangku dan penegasan
    b. Pemberian tugas kelompok
                     c. penegasan
H.    Langkah-langkah Pembelajaran          
Langkah Kegiatan
Pegorganisasian
Pengembangan Diri
Kelas
Waktu
Penilaian
§  Fase 1-2
§  Kegiatan awal
-       Apresepsi/ Motivasi
-       Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan persen ( diskon harga dll). Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Mengubah pecahan kebentuk persen dan desimal serta sebaliknya
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta menceritakan pengalaman pribadinya yang berhubungan dengan persen, diskusi kelas dengan membahas beberapa kasus sampai kesimpulan didapat.
F Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan rumus cara mencari persen dari kuantitas dan mencari kuantitas dari persen dari contoh-contoh yang telah diberikan oleh siswa.
F Guru menguji keterampilan siswa dalam menentukan persen dan kuantitas dalam soal cerita maupun soal isian.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

§  Fase 3-4
§  Kegiatan awal
-       Apresepsi/ Motivasi
-       Mengingatkan kembali macam-macam pecahan yang mereka ketahui atau yang telah mereka pelajari pada kelas sebelumnya. Menjelaskan bahwa ada banyak pecahan yang akan di pelajari pada pertemuan ini seperti persen dan desimal.
§  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian persen dan pecahan desimal serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru dan siswa bersama-sama mencari cara mengubah pecahan biasa ke persen maupun ke desimal ataupun sebaliknya mengubah persen dan pecahan desimal ke pecahan biasa, siswa diberi permasalahan guru memberikan arahan untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan.
F Menjelaskan tanda-tanda ketaksamaan seperti >, < dan = untuk membandingkan dua buah pecahan yang berbeda jenis.
F Guru menguji keterampilan  dan kemampuan siswa dalam mengubah pecahan biasa ke persen dan desimal dalam soal latihan.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
§  Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah .







I.       Alat/Bahan dan Sumber Belajar
§  BUKU BSE
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§  Matematika SD untuk Kelas V  5 B Esis
§  Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 5

J.      Penilaian
Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Rasa ingin tahu : Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
o  Mandiri : Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
o  Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
o  Kerja keras : Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
o  Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
o  Demokratis : Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
o  Tanggung-jawab : Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
o  Menghargai Prestasi : Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
o  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen

o  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal

Tugas Indvidu

Isian

o  Jumlah siswa kelas v adalah 40 orang. Sebanyak 15 orang adalah siswa laki-laki dan sisanya adalah perempuan. Berapa persenkah jumlah siswa laki-laki?
o  Seorang pedagang buah mangga memiliki 60 kg mangga. Sebanyak 70 %nya telah terjual berapa kg buah mangga yang talah terjual itu?
o  20 % dari 8000 adalah………………..
o  35 % dari 10000 adalah……….
o  Ubahlah ke dalam bentuk % dan pecahan desimal!
      i.            = …………..
    ii.            = ………..
o  Ubalah ke bentuk pecahan biasa yang paling sederhana!
a. 45 % =…….      
b. 46%  = ……              
c. 34 % =…….
o  Ubahlah kebentuk pecahan biasa yang paling sederhana!
a.   0,6         b.   0,78               
c.   0,340





K.    Format Kriteria Penilaian      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




 Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 

CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                        ............, ..............................
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel Matematika



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KELAS V SEMESTER 2"

Posting Komentar