RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : VI / 2
Materi Pokok : Energi dan
perubahannya
Waktu :
6 x 45 menit (3 x pertemuan)
Metode :
Ceramah dan praktik
A. Standar Kompetensi :
7.
Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi
B. Kompetensi Dasar
7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan
antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana
energi pegas)
C. Tujuan Pembelajaran**:
o
Siswa dapat Memahami peta
konsep tentang gaya
o
Siswa dapat Pemanfaatan gaya
dalam berbagai peralatan :
o
Siswa dapat Melakukan diskusi
tentang kegiatan tersebut
o
Siswa dapat Menagih tugas
pertemuan sebelumnya
o
Siswa dapat Menjelaskan faktor
yang mempengaruhi gerak benda
o
Siswa dapat Menyebutkan
alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak
o
Siswa dapat Memahami cara kerja
dari alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak di atas.
& Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
Gaya dan gerak
E. Media Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas VI
o
Bola plastik, ranting pohon
berbentuk Y, tali karet, kulit bekas tas atau sepatu, pisau, batu kecil, papan
dan batu bata.
F. Rincian Kegiatan
Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
|
|
Apersepsi
dan Motivasi :
o
Menyampaikan Tujuan
Pembelajaran**: dan kompetensi yang
diharapkan
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang gaya
F Gerak dan arah benda dipengaruhi oleh gaya.
F Pemanfaatan gaya dalam
berbagai peralatan :
-
Alat panah
-
Katapel
-
Jungkat-jungkit
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan bahwa
gaa mempengaruhi gerak benda sehingga:
-
Benda diam menjadi bergerak
-
Benda bergerak menjadi makin
cepat, lambat, berhenti atau berubah arah
|
(5 menit)
|
Melakukan Tugas
|
|
Pertemuan ke-2
|
|
Apersepsi
dan Motivasi :
o
Menyampaikan Tujuan
Pembelajaran**: dan kompetensi yang
diharapkan
o
Mengulang materi sebelumnya
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memahami peta konsep tentang gaya
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan bahwa
-
Semakin jauh karet yang
ditarik semakin jauh lemparan batu
-
Gaya dorong pada dari kedua
sisi bergantian pada papan jungkat-jungkit menyebabkan papan tersebut naik
turun.
|
(5 menit)
|
o
Tugas
|
|
Pertemuan ke-3
|
|
Apersepsi
dan Motivasi :
o
Menyampaikan Tujuan
Pembelajaran**: dan kompetensi yang
diharapkan
o
Mengulang materi sebelumnya
|
(5 menit)
|
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menagih tugas pertemuan sebelumnya
F Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gerak benda
F Memahami cara kerja dari alat-alat yang
berhubungan dengan gaya dan gerak di atas.
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan alat-alat yang berhubungan dengan gaya dan gerak
-
Semakin sepeda
-
Mesin jahit
-
Alat timba air
-
Alat penggerek bendera
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Memberikan kesimpulan bahwa
-
Makin besar gaya yang
diberikan, makin cepat benda bergerak
-
Berbagai alat yang
berhubungan dengan gaya dan gerak yaitu sepeda, mesin jahit, alat timba air,
alat penggerek bendera
|
(5 menit)
|
–
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Membuat model untuk menunjukkan gaya pengaruh terhadap gerak, misalnya: membuat model
jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi
gerak benda, misalnya tarikan karet pada ketapel, gerak jungkat-jungkit.
o Memberi contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya dan
gerak dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas Individu
dan Kelompok
|
Laporan dan unjuk kerja
Uraian Objektif
|
o Buatkanlah model untuk
menunjukkan gaya pengaruh terhadap
gerak, misalnya: membuat model jungkat jungkit dan katapel. Menjelaskan
berbagai faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya tarikan karet pada
ketapel, gerak jungkat-jungkit ?
o Sebutkanlah contoh penggunaan alat yang berhubungan dengan gaya
dan gerak dalam kehidupan sehari-hari. ?
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM 2013 ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SEKOLAH DASAR KELAS VI SEMESTER 2"
Posting Komentar