RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA :
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Merumuskan konsep pembangunan
- Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Menjelaskan
konsep pembangunan
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Konsep
pembangunan
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Merumuskan konsep pembangunan
· Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan
|
· Secara kelompok merumuskan konsep pembangunan
· Secara berkelompok, merumuskan konsep
pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi
|
· Berikan contoh penerapan konsep pembangunan
dalam kehidupan sehari-hari!
· Carilah pengertian dari pembangunan
berkelanjutan dari berbagai situ internet atau media lainnya!
|
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.
Kegiatan
Pendahuluan: 5 menit
·
Memberi salam
dan mengabsen.
·
Apersepsi
2.
Kegiatan
Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa dibagi
menjadi beberapa kelompok. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Mendiskusikan
mengenai konsep pembangunan dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Secara
individu, siswa membuat karangan (ringkasan) mengenai pengertian pembangunan
berkelanjutan dari berbagai situs internet atau media lainnya. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.)
3.
Kegiatan
Penutup: 10 menit
·
Bersama-sama
melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Penugasan:
mendiskusikan tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan
lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Dikumpulkan
dalam bentuk laporan dan diserahkan pada pertemuan berikutnya serta
dipresentasikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
E.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Buku sumber
Geografi SMA – ESIS
-
Buku-buku
penunjang yang relevan
-
Gambar atau
foto lingkungan hidup
-
OHP / Slide
Proyektor
-
Internet
F.
Penilaian
-
Penilaian
untuk tugas karangan mencari pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai
situs internet dan media lainnya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik
penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
|
Nilai
kualitatif
|
Nilai
kuantitatif
|
Deskripsi
(Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
||||
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
|
||||
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat
tokoh
|
||||
Isi menunjukkan data curah hujan dan
perhitungannya
|
||||
Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan
penentuan klasifikasi iklim
|
||||
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
||||
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap
kutipan/pendapat tokoh
|
||||
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
|
||||
Nilai rata-rata
|
||||
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 Response to "CONTOH RPP GEOGRAFI SMA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK KONSEP PEMBANGUNAN"
Posting Komentar