loading...

CONTOH RPP GEOGRAFI SMA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK KONSEP PEMBANGUNAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMA                            :  
Mata Pelajaran            : Geografi
Kelas/Semester           : XI (sebelas)/2 (dua)
Standar Kompetensi   :3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
Kompetensi Dasar    :3.1.     Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup      dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Indikator Pencapaian Kompetensi: -  Merumuskan konsep pembangunan
-       Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-          Menjelaskan konsep pembangunan
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, inovatif,

B.     Materi Pembelajaran
-          Konsep pembangunan

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Merumuskan konsep pembangunan
·     Mendeskripsikan konsep pembangunan berkelanjutan
·     Secara kelompok merumuskan konsep pembangunan
·     Secara berkelompok, merumuskan konsep pembangunan berkelanjutan dari berbagai referensi
·     Berikan contoh penerapan konsep pembangunan dalam kehidupan sehari-hari!
·     Carilah pengertian dari pembangunan berkelanjutan dari berbagai situ internet atau media lainnya!
  
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ketiga
1.      Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Mendiskusikan mengenai konsep pembangunan dalam kehidupan sehari-hari. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Secara individu, siswa membuat karangan (ringkasan) mengenai pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai situs internet atau media lainnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
·         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3.      Kegiatan Penutup: 10 menit
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·         Penugasan: mendiskusikan tentang tindakan-tindakan yang mencerminkan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan. Dikumpulkan dalam bentuk laporan dan diserahkan pada pertemuan berikutnya serta dipresentasikan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          Gambar atau foto lingkungan hidup
-          OHP / Slide Proyektor
-          Internet

F.     Penilaian
-          Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian pembangunan berkelanjutan dari berbagai situs internet dan media lainnya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.

Rubrik Penilaian Karangan
Aspek yang dinilai
Nilai
kualitatif
Nilai
kuantitatif
Deskripsi
(Alasan)
Pengantar menunjukkan isi




Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik




Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat tokoh




Isi menunjukkan data curah hujan dan perhitungannya




Isi menunjukkan ketepatan hasil perhitungan dan penentuan klasifikasi iklim




Isi disajikan dengan bahasa yang baik




Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap kutipan/pendapat tokoh




Penutup disajikan dengan bahasa yang baik




Nilai rata-rata




Komentar


Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Memuaskan
4
> 80
Baik
3
68 - 79
Cukup
2
56 - 67
Kurang
1
< 55

Mengetahui,                                                   
Kepala Sekolah                                              Guru Mata Pelajaran



NIP.                                                                 NIP.

0 Response to "CONTOH RPP GEOGRAFI SMA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI POKOK KONSEP PEMBANGUNAN"

Posting Komentar