Dalam pelaksanaan pembelajaran tematik, perlu dilakukan beberapa hal yang meliputi tahap perencanaan yang mencakup kegiatan pemetaan kompetensi dasar, pengembangan jaringan tema, pengembangan silabus dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.
A. Pemetaan Kompetensi Dasar
Kegiatan pemetaan ini dilakukan
untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi,
kompetensi dasar dan indikator dari berbagai mata pelajaran yang dipadukan
dalam tema yang dipilih. Kegiatan yang dilakukan adalah:
1. Penjabaran Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam indikator
Melakukan kegiatan penjabaran
standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap mata pelajaran ke dalam
indikator. Dalam mengembangkan indikator perlu memperhatikan hal-hal sebagai
berikut:
·
Indikator dikembangkan sesuai dengan
karakteristik peserta didik
·
Indikator dikembangkan sesuai dengan
karakteristik mata pelajaran
·
Dirumuskan dalam kata kerja oprasional yang
terukur dan/atau dapat diamati
2. Menentukan tema
a. cara penentuan tema
Dalam
menentukan tema dapat dilakukan dengan dua cara yakni:
Cara pertama, mempelajari
standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdapat dalam masing-masing mata
pelajaran, dilanjutkan dengan menentukan tema yang sesuai.
Cara kedua, menetapkan
terlebih dahulu tema-tema pengikat keterpaduan, untuk menentukan tema tersebut,
guru dapat bekerjasama dengan peserta didik sehingga sesuai dengan minat dan
kebutuhan anak.
b. Prinsip Penentuan tema
Dalam
menetapkan tema perlu memperhatikan beberapa prinsip yaitu:
·
Memperhatikan lingkungan yang terdekat dengan
siswa:
·
Dari yang termudah menuju yang sulit
·
Dari yang sederhana menuju yang kompleks
·
Dari yang konkret menuju ke yang abstrak.
·
Tema yang dipilih harus memungkinkan terjadinya
proses berpikir pada diri siswa
·
Ruang lingkup tema disesuaikan dengan usia dan
perkembangan siswa, termasuk minat, kebutuhan, dan kemampuannya
3. Identifikasi dan analisis
Standar Kompetensi, Kompetensi dasar dan Indikator
Lakukan identifikasi dan analisis
untuk setiap Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan indikator yang cocok
untuk setiap tema sehingga semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan
indikator terbagi habis.
B. Menetapkan Jaringan Tema
Buatlah jaringan tema yaitu
menghubungkan kompetensi dasar dan indikator dengan tema pemersatu. Dengan
jaringan tema tersebut akan terlihat kaitan antara tema, kompetensi dasar dan
indikator dari setiap mata pelajaran. Jaringan tema ini dapat dikembangkan
sesuai dengan alokasi waktu setiap tema.
C. Penyusunan Silabus
Hasil seluruh proses yang telah
dilakukan pada tahap-tahap sebelumnya dijadikan dasar dalam penyusunan silabus.
Komponen silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator,
pengalaman belajar, alat/sumber, dan penilaian.
D. Penyusunan Rencana
Pembelajaran
Untuk keperluan pelaksanaan
pembelajaran guru perlu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana
pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa yang telah
ditetapkan dalam silabus pembelajaran.
Komponen rencana pembelajaran
tematik meliputi:
1. Identitas mata pelajaran (nama
mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester, dan waktu/banyaknya jam
pertemuan yang dialokasikan).
2. Kompetensi dasar dan indikator
yang akan dilaksanakan.
3. Materi pokok beserta uraiannya
yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi dasar dan indikator.
4. Strategi pembelajaran
(kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam
berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai
kompetensi dasar dan indikator, kegiatan ini tertuang dalam kegiatan pembukaan,
inti dan penutup).
5. Alat dan media yang digunakan
untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang
digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar
yang harus dikuasai.
6. Penilaian dan tindak lanjut
(prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar
peserta didik serta tindak lanjut hasil penilaian).
0 Response to "ARTIKEL TENTANG TAHAP – TAHAP PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 "
Posting Komentar