RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMA .......................
Kelas / Semester :
XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran :
FISIKA
Standar
Kompetensi
3. Menganalisis
berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya
relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.
Kompetensi Dasar
3.3 Memformulasikan
teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan
massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi.
Indikator Pencapaian Kompetensi
· Memformulasikan relativitas khusus untuk massa,
panjang, dan waktu.
· Menganalisis relativitas panjang, waktu, massa,
energi, dan momentum.
· Mendeskripsikan penerapan kesetaraan massa dan
energi pada teknologi nuklir.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
l Menerangkan
percobaan Michelson-Morley untuk membuktikan ada-tidaknya eter.
l Menjelaskan
syarat terjadinya transformasi Galileo.
l Menjelaskan
ketidakabsahan penggunaan transformasi Galileo dalam mengukur laju benda yang
bergerak mendekati kecepatan cahaya.
l Menjelaskan
postulat Einstein.
l Menjelaskan
syarat terjadinya transformasi Lorentz.
l Menjelaskan
pengertian kontraksi Lorentz.
l Menunjukkan
perubahan panjang sebuah benda yang bergerak dengan laju mendekati kecepatan cahaya oleh seorang
pengamat.
l Menjelaskan
syarat terjadinya dilatasi waktu.
l Menjelaskan
relativitas massa.
l Menjelaskan
relativitas momentum.
l Menjelaskan
relativitas energi.
l Menjelaskan penerapan kesetaraan massa dan energi pada
teknologi nuklir.
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Teori
Relativitas Khusus
C. Metode Pembelajaran
Model : -
Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode :
- Diskusi kelompok
- Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengkaji
literatur untuk mencari informasi tentang kesetaraan massa dan energi pada
teknologi nuklir.
|
· Merumuskan
relativitas panjang, massa, waktu, momentum, dan energi dalam diskusi kelas
|
· Siswa
dapat Menganalisis relativitas
panjang, waktu, massa, energi, dan momentum
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
l Apakah cahaya
merambat ke segala arah dengan kecepatan yang sama?
l Apakah syarat
terjadinya kontraksi panjang?
-
Prasyarat pengetahuan:
l Bagaimana
kesimpulan percobaan Michelson dan Morley?
l Apakah yang
dimaksud dengan kontraksi Lorentz?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
percobaan Michelson dan Morley. (nilai yang ditanamkan:
Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai
percobaan Michelson-Morley untuk membuktikan ada-tidaknya eter.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan syarat terjadinya
transformasi Galileo yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru menjelaskan ketidakabsahan penggunaan
transformasi Galileo dalam mengukur laju benda yang bergerak mendekati
kecepatan cahaya. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
postulat Einstein. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
kecepatan relatif sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan
relatif sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
syarat terjadinya transformasi Lorentz. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan
pengertian kontraksi Lorentz. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan
perubahan panjang sebuah benda yang bergerak dengan laju mendekati kecepatan cahaya oleh seorang
pengamat. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal.
-
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik
dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
kontraksi Lorentz yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan kontraksi
Lorentz untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan
Penutup
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
l Siapakah yang
mengalami dilatasi waktu? Pengamat yang bergerak relatif terhadap proses
relativistik atau pengamat yang berada di dalam proses relativistik?
l Agar partikel
foton bergerak dengan kecepatan cahaya, berapa nilai massa partikel foton
tersebut?
-
Prasyarat pengetahuan:
l Apakah syarat
terjadinya dilatasi waktu?
l Apakah syarat
terjadinya relativitas massa?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat
terjadinya dilatasi waktu. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan dilatasi
waktu sebuah benda yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan dilatasi
waktu sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
syarat terjadinya relativitas massa. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai
relativitas momentum. (nilai yang ditanamkan: Religius,
Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan relativitas
energi yang disampaikan oleh guru. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
massa, momentum, dan energi relativistik dari sebuah benda yang disampaikan
oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan menentukan
massa, momentum, dan energi relativistik dari sebuah benda untuk dikerjakan
oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penerapan kesetaraan massa dan energi pada
teknologi nuklir. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan
Penutup
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis) halaman
63-86
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
l Tes tertulis
l Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
l Tes PG
l Tes uraian
l Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
l Contoh tes PG
Sebuah
pesawat luar angkasa bergerak dengan kecepatan 0,1 c. Jika penumpang
berjalan sejauh 50 m, maka jarak menurut pengamat di bumi adalah ....
A.
49,8 m D.
42,8 m
B.
39,8 m E.
41,8 m
C.
39,9 m
l Contoh tes
uraian
Sebuah
partikel bergerak sedemikian cepat sehingga energi totalnya mencapai 1,1 kali
energi diamnya. Hitunglah:
a. kecepatan
gerak partikel
b. energi
kinetik partikel
l Contoh tugas
rumah
Buatlah
artikel tentang penerapan
kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA /MA Guru
Mata Pelajaran
............................ ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK./NIK.
0 Response to "CONTOH RPP FISIKA SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN TEORI RELATIVITAS KHUSUS"
Posting Komentar