loading...

CONTOH RPP FISIKA SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN TEORI RELATIVITAS KHUSUS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMA .......................
Kelas / Semester       : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran           : FISIKA

Standar Kompetensi
3.   Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.

        Kompetensi Dasar
3.3  Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi.

Indikator Pencapaian Kompetensi
·      Memformulasikan relativitas khusus untuk massa, panjang, dan waktu.
·      Menganalisis relativitas panjang, waktu, massa, energi, dan momentum.
·      Mendeskripsikan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
l  Menerangkan percobaan Michelson-Morley untuk membuktikan ada-tidaknya eter.
l  Menjelaskan syarat terjadinya transformasi Galileo.
l  Menjelaskan ketidakabsahan penggunaan transformasi Galileo dalam mengukur laju benda yang bergerak mendekati kecepatan cahaya.
l  Menjelaskan postulat Einstein.
l  Menjelaskan syarat terjadinya transformasi Lorentz.
l  Menjelaskan pengertian kontraksi Lorentz.
l  Menunjukkan perubahan panjang sebuah benda yang bergerak dengan laju  mendekati kecepatan cahaya oleh seorang pengamat.
l  Menjelaskan syarat terjadinya dilatasi waktu.
l  Menjelaskan relativitas massa.
l  Menjelaskan relativitas momentum.
l  Menjelaskan relativitas energi.
l  Menjelaskan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
            Teori Relativitas Khusus

C. Metode Pembelajaran
  Model  :    -  Direct Instruction (DI)
                                    -  Cooperative Learning
   Metode :  -  Diskusi kelompok
     -  Ceramah

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengkaji literatur untuk mencari informasi tentang kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.
·     Merumuskan relativitas panjang, massa, waktu, momentum, dan energi dalam diskusi kelas
·     Siswa dapat  Menganalisis relativitas panjang, waktu, massa, energi, dan momentum

D. Langkah-langkah Kegiatan
                                                             PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
-         Motivasi dan Apersepsi:
l  Apakah cahaya merambat ke segala arah dengan kecepatan yang sama?
l  Apakah syarat terjadinya kontraksi panjang?
-         Prasyarat pengetahuan:
l  Bagaimana kesimpulan percobaan Michelson dan Morley?
l  Apakah yang dimaksud dengan kontraksi Lorentz?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan percobaan Michelson dan Morley. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai percobaan Michelson-Morley untuk membuktikan ada-tidaknya eter. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan syarat terjadinya transformasi Galileo yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru menjelaskan ketidakabsahan penggunaan transformasi Galileo dalam mengukur laju benda yang bergerak mendekati kecepatan cahaya. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan postulat Einstein. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan kecepatan relatif sebuah benda yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan relatif sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat terjadinya transformasi Lorentz. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian kontraksi Lorentz.  (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perubahan panjang sebuah benda yang bergerak dengan laju  mendekati kecepatan cahaya oleh seorang pengamat. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
-         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan kontraksi Lorentz yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan kontraksi Lorentz untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
          c. Kegiatan Penutup
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

PERTEMUAN KEDUA
              a. Kegiatan Pendahuluan
-         Motivasi dan Apersepsi:
l  Siapakah yang mengalami dilatasi waktu? Pengamat yang bergerak relatif terhadap proses relativistik atau pengamat yang berada di dalam proses relativistik?
l  Agar partikel foton bergerak dengan kecepatan cahaya, berapa nilai massa partikel foton tersebut?
-         Prasyarat pengetahuan:
l  Apakah syarat terjadinya dilatasi waktu?
l  Apakah syarat terjadinya relativitas massa?
              b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat terjadinya dilatasi waktu. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan dilatasi waktu sebuah benda yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan dilatasi waktu sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat terjadinya relativitas massa. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai relativitas momentum. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan relativitas energi yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan massa, momentum, dan energi relativistik dari sebuah benda yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan menentukan massa, momentum, dan energi relativistik dari sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
          c. Kegiatan Penutup
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis) halaman 63-86
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
l  Tes tertulis
l  Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
l  Tes PG
l  Tes uraian
l  Tugas rumah
       c. Contoh Instrumen:
l Contoh tes PG
Sebuah pesawat luar angkasa bergerak dengan kecepatan 0,1 c. Jika penumpang berjalan sejauh 50 m, maka jarak menurut pengamat di bumi adalah ....
A. 49,8 m                                          D. 42,8 m
B. 39,8 m                                          E. 41,8 m
C. 39,9 m
l  Contoh tes uraian
Sebuah partikel bergerak sedemikian cepat sehingga energi totalnya mencapai 1,1 kali energi diamnya. Hitunglah:
a. kecepatan gerak partikel
b. energi kinetik partikel
l  Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.


                                                                                                            ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA /MA                                                                             Guru Mata Pelajaran



............................                                                                                ...................................
NIP/NIK.                                                                                            NIP/NIK./NIK.

0 Response to "CONTOH RPP FISIKA SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN TEORI RELATIVITAS KHUSUS"

Posting Komentar