RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XII (dua belas) / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan
kewirausahaan
Kompetensi Dasar :
4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi
sekolah
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
1.
Menjelaskan
koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
2.
Menjelaskan
proses pendirian dan operasionalisai koperasi sekolah.
3. Menganalisis perbedaan koperasi dengan
badan usaha yang lain.
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
b) Siswa dapat menjelaskan proses pendirian
dan operasionalisasi koperasi sekolah.
c) Siswa dapat menganalisis perbedaan
koperasi dengan badan usaha yang lain.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Koperasi dan
koperasi sekolah
C. Uraian Materi
a) Pengertian serta landasan, asas, tujuan,
fungsi, peran, dan prinsip koperasi
b)
Organisasi
dan pengelolaan koperasi
c)
Kehidupan
dan usaha pengembangan koperasi
d) Koperasi sekolah
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
|
· Mengkaji referensi tentang koperasi.
· Mengkaji referensi tentang proses dan
operasionalisasi koperasi sekolah
|
· Siswa dapat Menjelaskan koperasi sebagai
badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
· Siswa dapat Menjelaskan proses pendirian
dan operasionalisai koperasi sekolah
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang badan
usaha. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan materi yang baru, yakni
koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami tentang
arti penting koperasi pada umumnya dan arti penting koperasi sekolah pada
khususnya. Kemudian diharapkan dengan pemahaman tersebut, siswa termotivasi
untuk aktif dalam kegiatan koperasi sekolah.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan cara
pengembangan koperasi dan koperasi sekolah. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan
jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi
tugas untuk menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di
Indonesia.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c.Kelompok kedua diberi
tugas untuk menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi koperasi sekolah.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi
tugas untuk menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
0 Response to "CONTOH RPP EKONOMI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI KOPERASI DAN KOPERASI SEKOLAH"
Posting Komentar