loading...

CONTOH RPP MATEMATIKA SMA KELAS XII PROGRAM BAHASA SEMESTER 2 MATERI BARISAN DAN DERET



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah              : SMA/MA ....
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester             : XII Program Bahasa/2
Pertemuan Ke-             : 1-8
Alokasi Waktu              : 16 × 45'
Standar Kompetensi    :  3.1.   Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar        : 3.2    Memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya

Indikator                       :          Menentukan penyelesaian model matematika yang berkaitan dengan deret.
                                                 Memberikan penafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh.

I. Tujuan Pembelajaran
     Siswa dapat mencari penyelesaian dari model matematika yang telah diperoleh.
    Siswa dapat menafsirkan dari suatu masalah dengan penyelesaian yang berkaitan dengan deret barisan dan deret.
    Siswa dapat menjelaskan karakteristik masalah yang model matematikanya    berbentuk deret aritmetika atau geometri.
    Siswa dapat merumuskan deret yang merupakan model matematika dari masalah.
    Siswa dapat menjelaskan rumus-rumus dalam hitung keuangan dengan deret aritmetika atau geometri.
    Siswa dapat menentukan bunga tunggal, bunga majemuk, dan anuitas.

  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Demokratis.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri,Keorisinilan.

II. Materi Ajar
Penerapan barisan dan deret dalam kehidupan sehari-hari

III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi kelompok, ceramah, dan tugas individu
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menentukan penyelesaian model matematika yang berkaitan dengan deret.
·        Memberikan penafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh.
·        Siswa dapat Memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret dan menafsirkan solusinya

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
1.   Guru mengingatkan pada siswa materi sebelumnya dengan cara tanya jawab secara lisan.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
1.   Siswa diharapkan aktif dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru.  (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
1.   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri atas 4-5 orang. Siswa diminta berdiskusi menentukan penyelesaian model matematika yang berkaitan dengan deret dan memberikan tafsiran atas hasil yang diperoleh. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
2.   Siswa melakukan tes evaluasi akhir bab/ulangan tentang semua materi yang telah dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
3.   Guru mengamati cara siswa berdiskusi dan memberi penilaian. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
1. Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
2. Guru memberi komentar dan penilaian tentang hasil diskusi siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);


Pertemuan Ke-2 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
1.   Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
2.   Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar).
3.   Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
1.   Dengan tanya jawab, dijelaskan bagaimana karakteristik masalah yang model matematikanya berbentuk deret aritmetika atau geometri. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
1.   Secara kelompok, siswa membahas soal latihan dan mengumpulkan hasilnya. Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
2.   Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedang kelompok lain memberikan tanggapan. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
1.   Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
2.   Guru memberi tugas rumah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-3 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
1.   Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.
2.   Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
1.   Dengan tanya jawab, dijelaskan bagaimana karakteristik masalah yang model matematikanya berbentuk deret aritmetika atau geometri. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
1.   Dengan tanya jawab, melanjutkan pembahasan tentang rumus-rumus dalam hitung keuangan dengan deret aritmetika atau geometri, seperti yang dibahas pada pertemuan sebelumnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
1.   Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
2.   Guru memberi tugas rumah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-4 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
1.   Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.
2.   Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
3.   Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar).
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
1.   Dengan tanya jawab, dijelaskan bagaimana menentukan bunga tunggal. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
1.   Secara kelompok, siswa membahas soal latihan dan mengumpulkan hasilnya. Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
2.   Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain memberikan tanggapan. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
1.   Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
2.   Guru memberi tugas rumah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-5 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
1.   Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.
2.   Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
3.   Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar).
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
1.   Dengan tanya jawab, dijelaskan bagaimana merumuskan dan menentukan anuitas. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
1.   Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain memberikan tanggapan. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
1.   Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
2.   Guru memberi tugas rumah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-6 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
1. Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.
2. Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
1.   Dengan tanya jawab, dijelaskan bagaimana merumuskan dan menentukan anuitas. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Dengan tanya jawab, melanjutkan pembahasan tentang rumus-rumus dalam
hitung keuangan yang berkaitan dengan soal-soal anuitas. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
o   Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras. Disiplin. Demokratis);
o   Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Kegiatan Akhir
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
2. Guru memberi tugas rumah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-7 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
1. Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.
2. Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Dengan tanya jawab, dijelaskan bagaimana merumuskan dan menentukan anuitas. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Guru mengadakan latihan ujian nasional yang soal-soalnya mengacu pada
soal-soal standar ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
c. Kegiatan Akhir
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dipelajari. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
2. Guru memberi tugas rumah. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

Pertemuan Ke-8 (2 × 45')
a. Kegiatan Awal
1. Membahas PR dari pertemuan sebelumnya.
2. Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
Dengan tanya jawab, dijelaskan bagaimana merumuskan dan menentukan anuitas. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
Guru membahas soal-soal latihan ujian nasional yang telah diujikan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);
c. Kegiatan Akhir
Guru memberi penilaian terhadap sikap dan tingkah laku siswa. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras.);

V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Perspektif Matematika SMA 3 Program IPS dan Bahasa (Rosihan Ari Y.-Indriyastuti; PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri).

VI. Penilaian
Jenis : Tugas dan tes tertulis
Bentuk : Tes uraian
Soal latihan dapat diambil dari soal halaman 197 – 215.



........................, ...............
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                  Guru Matematika



(________________)                                                              (________________)
NIP/NIK.                                                                                           NIP/

0 Response to "CONTOH RPP MATEMATIKA SMA KELAS XII PROGRAM BAHASA SEMESTER 2 MATERI BARISAN DAN DERET"

Posting Komentar