loading...

CONTOH RPP FISIKA SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN "TEORI ATOM"



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA .......................
Kelas / Semester       : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran           : FISIKA

Standar Kompetensi
3.    Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.

Kompetensi Dasar
   3.2  Mendeskripsikan perkembangan teori atom.

Indikator Pencapaian Kompetensi
·         Mendeskripsikan karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.
·         Menghitung perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi.
·         Menghitung panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund pada spektrum atom hidrogen.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
-         Menjelaskan sifat-sifat sinar katoda.
-         Menjelaskan percobaan Thompson dalam mengukur perbandingan muatan dan massa elektron.
-         Menjelaskan percobaan Milikan dalam menentukan muatan dan massa elektron.
-         Menjelaskan perkembangan teori atom.
-         Membedakan keadaan dasar, keadaan tereksitasi, dan keadaan terionisasi.
-         Membedakan peristiwa eksitasi dan deeksitasi.
-         Menjelaskan deret spektrum atom hidrogen.
-         Membedakan deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund.
-         Menjelaskan efek Zeeman.
-         Membedakan bilangan kuantum utama, orbital, magnetik, dan spin.
-         Menjelaskan pengertian kaidah seleksi.
-         Menyebutkan larangan Pauli.
-         Membedakan kulit dan subkulit.
-         Menjelaskan pengertian konfigurasi elektron.
-         Menuliskan notasi singkat konfigurasi elektron.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
            Teori Atom

C. Metode Pembelajaran
   1.  Model     :    -  Direct Instruction (DI)
                                        -  Cooperative Learning
             2.  Metode    :  -   Diskusi kelompok
                                        -  Ceramah

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Mengkaji literatur untuk mencari informasi tentang  deret spektrum atom hidrogen.
·     Membuat dan menjelaskan model atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr berdasarkan kajian literatur secara berkelompok.
·     Siswa dapat  Mendiskusikan perumusan kuantitas energi, momentum, perubahan energi, dan panjang gelombang foton pada elektron menurut teori atom Bohr.

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
         a. Kegiatan Pendahuluan
-         Motivasi dan Apersepsi:
l  Apakah sinar katoda dapat dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet?
l  Apakah atom merupakan komponen terkecil penyusun materi?
-         Prasyarat pengetahuan:
l  Sebutksn sifat-sifat sinar katoda.
l  Bagaimana perkembangan teori atom?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sinar katoda. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai sifat-sifat sinar katoda. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik memperhatikan penjelasan percobaan Thompson dalam mengukur perbandingan muatan dan massa elektron yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Guru menjelaskan percobaan Milikan dalam menentukan muatan dan massa elektron. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan besar dan jumlah muatan yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Guru memberikan beberapa soal menentukan besar dan jumlah muatan untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius,  Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik memperhatikan penjelasan perkembangan teori atom (model atom Thompson, Rutherford, dan Bohr) yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik secara berkelompok membuat kesimpulan mengenai perkembangan teori atom. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
-        Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Religius,  Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan energi atom hidrogen pada tingkat ke-n yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Guru memberikan beberapa soal menentukan energi atom hidrogen pada tingkat ke-n untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius,  Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
            c. Kegiatan Penutup
-        Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-        Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

PERTEMUAN KEDUA
         a. Kegiatan Pendahuluan
-         Motivasi dan Apersepsi:
l  Apa yang terjadi jika atom hidrogen diberikan energi yang cukup besar?
l  Bagaimana cara menentukan besar momentum sudut elektron?
-         Prasyarat pengetahuan:
l  Apakah yang dimaksud dengan eksitasi?
l  Apakah yang dimaksud dengan bilangan kuantum orbital?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian keadaan dasar, keadaan tereksitasi, dan keadaan terionisasi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk membedakan peristiwa eksitasi dan deeksitasi. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan deret spektrum atom hidrogen. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan panjang gelombang   dan energi yang dipancarkan untuk masing-masing deret yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Religius, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan panjang gelombang dan energi yang dipancarkan untuk masing-masing deret untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan efek Zeeman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bilangan kuantum. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Religius, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai karakteristik bilangan kuantum (utama, orbital, magnetik, dan spin). (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan bilangan kuantum dari sebuah elektron yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Religius, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan bilangan kuantum dari sebuah elektron untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Religius, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
          c. Kegiatan Penutup
-         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Religius, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Religius, Tanggung Jawab.);

PERTEMUAN KETIGA
         a. Kegiatan Pendahuluan
-         Motivasi dan Apersepsi:
l  Apakah elektron dapat berpindah dari satu keadaan ke sembarang keadaan lain?
l  Bagaimana aturan menuliskan notasi singkat konfigurasi elektron?
-         Prasyarat pengetahuan:
l  Apakah yang dimaksud dengan kaidah seleksi?
l  Apakah yang dimaksud dengan konfigurasi elektron?
b. Kegiatan Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kaidah seleksi. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan larangan Pauli. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penempatan elektron-elektron dalam sebuah atom. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal penempatan elektron-elektron dalam sebuah atom yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan kulit dan subkulit. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian konfigurasi elektron. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan penulisan notasi singkat konfigurasi elektron yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan konfigurasi elektron yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan konfigurasi elektron untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
          c. Kegiatan Penutup
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,  Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis) halaman 25-62
  b. Buku referensi yang relevan

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
1.  Tes tertulis
        b. Bentuk Instrumen:
-      Tes PG
-      Tes isian
-      Tes uraian
        c. Contoh Instrumen:
    -  Contoh tes PG
Kegagalan model atom Thomson karena ....
A. atom tidak dapat dipecah-pecah lagi
B. massa atom tersebar merata dan mengisi seluruh ruangan atom
C. elektron mengelilingi inti pada lintasan tertentu (orbit)
D. massa atom terpusat di suatu titik pusat (inti atom)
E. secara keseluruhan atom bersifat netral
-  Contoh tes isian
Energi yang diemisikan oleh elektron yang berpindah dari orbit dengan bilangan kuantum 3 ke 1 adalah ....
-  Contoh tes uraian
Diketahui konstanta Rydberg sama dengan 1,097 x 107 m-1. Tentukan panjang gelombang terpanjang dari deret: a) Balmer, b) Lyman, c) Paschen,
d) Brackett, dan e) Pfund.
                                                                                                                      
                                                                                                             ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA /MA                                                                             Guru Mata Pelajaran



............................                                                                                ...................................
NIP/NIK.                                                                                            NIP/NIK./NIK.

0 Response to "CONTOH RPP FISIKA SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN "TEORI ATOM""

Posting Komentar