RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
SMA .......................
Kelas / Semester :
XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran :
FISIKA
Standar Kompetensi
3. Menganalisis
berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya
relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.
Kompetensi Dasar
3.2 Mendeskripsikan perkembangan teori atom.
Indikator Pencapaian Kompetensi
·
Mendeskripsikan
karakteristik teori atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.
·
Menghitung
perubahan energi elektron yang mengalami eksitasi.
·
Menghitung
panjang gelombang terbesar dan terkecil pada deret Balmer, Lyman, Paschen,
Brackett, dan Pfund pada spektrum atom hidrogen.
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta
didik dapat:
-
Menjelaskan sifat-sifat sinar katoda.
-
Menjelaskan percobaan Thompson dalam mengukur
perbandingan muatan dan massa elektron.
-
Menjelaskan percobaan Milikan dalam menentukan muatan
dan massa elektron.
-
Menjelaskan perkembangan teori atom.
-
Membedakan keadaan dasar, keadaan tereksitasi, dan
keadaan terionisasi.
-
Membedakan peristiwa eksitasi dan deeksitasi.
-
Menjelaskan deret spektrum atom hidrogen.
-
Membedakan deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan
Pfund.
-
Menjelaskan efek Zeeman.
-
Membedakan bilangan kuantum utama, orbital, magnetik,
dan spin.
-
Menjelaskan pengertian kaidah seleksi.
-
Menyebutkan larangan Pauli.
-
Membedakan kulit dan subkulit.
-
Menjelaskan pengertian konfigurasi elektron.
-
Menuliskan notasi singkat konfigurasi elektron.
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan
/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri, Berorientasi
tugas dan hasil.
B. Materi Pembelajaran
Teori
Atom
C. Metode Pembelajaran
1.
Model : -
Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2.
Metode : -
Diskusi kelompok
- Ceramah
Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Mengkaji
literatur untuk mencari informasi tentang
deret spektrum atom hidrogen.
|
· Membuat
dan menjelaskan model atom Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr berdasarkan
kajian literatur secara berkelompok.
|
· Siswa
dapat Mendiskusikan perumusan
kuantitas energi, momentum, perubahan energi, dan panjang gelombang foton
pada elektron menurut teori atom Bohr.
|
D. Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
l Apakah sinar
katoda dapat dibelokkan oleh medan listrik dan medan magnet?
l Apakah atom
merupakan komponen terkecil penyusun materi?
-
Prasyarat pengetahuan:
l Sebutksn
sifat-sifat sinar katoda.
l Bagaimana
perkembangan teori atom?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
sinar katoda. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
mengenai sifat-sifat sinar katoda. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan percobaan
Thompson dalam mengukur perbandingan muatan dan massa elektron yang disampaikan
oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru menjelaskan percobaan Milikan dalam menentukan
muatan dan massa elektron. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
besar dan jumlah muatan yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan besar dan
jumlah muatan untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan perkembangan
teori atom (model atom Thompson, Rutherford, dan Bohr) yang disampaikan oleh
guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik secara berkelompok membuat kesimpulan
mengenai perkembangan teori atom. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal.
-
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta
didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
energi atom hidrogen pada tingkat ke-n yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan energi
atom hidrogen pada tingkat ke-n untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar,
guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
l Apa yang terjadi
jika atom hidrogen diberikan energi yang cukup besar?
l Bagaimana cara
menentukan besar momentum sudut elektron?
-
Prasyarat pengetahuan:
l Apakah yang
dimaksud dengan eksitasi?
l Apakah yang
dimaksud dengan bilangan kuantum orbital?
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan
kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian keadaan dasar, keadaan tereksitasi, dan keadaan terionisasi.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk membedakan
peristiwa eksitasi dan deeksitasi. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
deret spektrum atom hidrogen. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai
perbedaan deret Balmer, Lyman, Paschen, Brackett, dan Pfund.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
panjang gelombang dan energi yang
dipancarkan untuk masing-masing deret yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Religius, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan panjang
gelombang dan energi yang dipancarkan untuk masing-masing deret untuk
dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri,
Demokratis, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan efek
Zeeman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan
bilangan kuantum. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Religius, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai
karakteristik bilangan kuantum (utama, orbital, magnetik, dan spin).
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
bilangan kuantum dari sebuah elektron yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Religius, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan bilangan
kuantum dari sebuah elektron untuk dikerjakan oleh peserta didik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Religius, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan
Penutup
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Religius,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Religius, Tanggung Jawab.);
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
l Apakah
elektron dapat berpindah dari satu keadaan ke sembarang keadaan lain?
l Bagaimana
aturan menuliskan notasi singkat konfigurasi elektron?
-
Prasyarat pengetahuan:
l Apakah yang
dimaksud dengan kaidah seleksi?
l Apakah yang
dimaksud dengan konfigurasi elektron?
b. Kegiatan
Inti.
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kaidah
seleksi. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan
larangan Pauli. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai
penempatan elektron-elektron dalam sebuah atom. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal penempatan
elektron-elektron dalam sebuah atom yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
perbedaan kulit dan subkulit. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan
pengertian konfigurasi elektron. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan penulisan notasi singkat
konfigurasi elektron yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan
konfigurasi elektron yang disampaikan oleh guru.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan beberapa soal menentukan konfigurasi
elektron untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang
ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah
benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab
dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan
Penutup
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai yang ditanamkan: Religius, Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis)
halaman 25-62
b. Buku referensi yang relevan
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
1. Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen:
-
Tes PG
-
Tes isian
-
Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
-
Contoh tes PG
Kegagalan
model atom Thomson karena ....
A. atom
tidak dapat dipecah-pecah lagi
B. massa
atom tersebar merata dan mengisi seluruh ruangan atom
C. elektron
mengelilingi inti pada lintasan tertentu (orbit)
D. massa
atom terpusat di suatu titik pusat (inti atom)
E. secara
keseluruhan atom bersifat netral
- Contoh tes isian
Energi yang diemisikan oleh elektron yang berpindah
dari orbit dengan bilangan kuantum 3 ke 1 adalah ....
- Contoh tes uraian
Diketahui
konstanta Rydberg sama dengan 1,097 x 107 m-1. Tentukan
panjang gelombang terpanjang dari deret: a) Balmer, b) Lyman, c) Paschen,
d)
Brackett, dan e) Pfund.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA /MA Guru
Mata Pelajaran
............................ ...................................
NIP/NIK. NIP/NIK./NIK.
0 Response to "CONTOH RPP FISIKA SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN "TEORI ATOM""
Posting Komentar