loading...

CONTOH RPP IPA SMP SEMESTER I PERTEMUAN PERTAMA TENTANG "PERUBAHAN BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA"


Contoh
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan
:
Sekolah Menegah Pertama
Mata Pelajaran
:
IPA
Kelas/Semester
:
Semester I
Topik
:
Perubahan Benda-benda di Sekitar Kita
Sub Topik
:
Bagaimana Cara Memisahkan Campuran
Alokasi Waktu
:
2 X 40 menit ( 1 kali tatap muka)


A.   KOMPETENSI DASAR
1.1 Menunjukkan  perilaku  ilmiah  (memiliki  rasa  ingin  tahu;  objektif;  jujur;  teliti;  cermat; tekun;   hati-hati;   bertanggung   jawab;   terbuka;   kritis;   kreatif;   inovatif   dan   peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari
1.2 Menghargai  kerja  individu  dan  kelompok  dalam  aktivitas  sehari-hari  sebagai  wujud
implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggungjawab dalam aktivitas sehari-hari
3.5 Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari
4.6 Melakukan pemisahan campuran berdasarkan sifat fisika dan kimia zat

B.   INDIKATOR

1.   Mengidentifikasi  perangkat alat percobaan pemisahan campuran dengan metode  filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dan kromatografi
2.   Menjelaskan    prinsip       pemisahan  campuran  pada  setiap  metode    berdasarkan  data percobaan
3.   Terampil melakukan     pemisahan  campuran dengan   metode metode  filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi, destilasi, dan kromatografi
4.   Mengidentifikasi contoh pemanfaatan pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari
5.   Menjelaskan  proses penjernihan air  dengan metode pemisahan campuran
6.   Memisahkan bahan-bahan yang masih dapat digunakan menggunakan metode pemisahan campuran
7.   Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan
melakukan praktikum pemisahan campuran
8.   Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai  dalam kegiatan belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
9.   Menjaga kehidupan dalam ekosistem dari bahan kimia berbahaya   dengan melakukan
pemisahan limbah sebelum membuang ke lingkungan.
10. Membuat alat penjernihan air   dari alat sederhana menggunakan   metode   pemisahan campuran



C.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Melalui kajian LKS, siswa dapat mengidentifikasi alat-alat untuk   percobaan pemisahan campuran dengan metode   filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi,   destilasi, dekantasi dan kromatografi
2.   Mengembangkan keterampilan   memisahkan campuran   melalui praktikum pemisahan
campuran dengan    metode filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi,  destilasi, dekantasi dan kromatografi
3.   Siswa  dapat  menjelaskan  prinsip-prinsip    dan  metode  pemisahan  campuran  metode
filtrasi, evaporasi, kristalisasi, sublimasi,   destilasi, dekantasi dan kromatografi   melalui diskusi data hasil percobaan
4.   Siswa dapat menjelaskan  pemanfaatan metode  pemisahan campuran  dalam kehidupan sehari-hari melalui diskusi kelompok
5.   Siswa  dapat  merancang  dan  membuat  alat  penjernihan  air  mengunakan  metode pemisahan campuran
6.   Mengembangkan  perilaku  rasa  ingin  tahu,  teliti,  jujur,  tekun,  tanggungjawab,  saling
menghargai pendapat melalui kegiatan praktikum dan diskusi kelompok
7.   Siswa dapat menerapkan prinsip-prinsip pemisahan campuran untuk menjaga lingkungan dalam kehidupan sehari-hari  setelah mengikuti pembelajaran

D.   MATERI
1.   Metode Pemisahan Campuran
Metode pemisahan merupakan suatu cara yang digunakan untuk memisahkan atau memurnikan suatu senyawa atau kelompok senyawa yang mempunyai susunan kimia yang berkaitan dari suatu bahan, baik dalam skala laboratorium maupun skala industri. Metode pemisahan bertujuan untuk mendapatkan zat murni atau beberapa zat murni dari suatu campuran, sering disebut sebagai pemurnian dan juga untuk mengetahui keberadaan suatu zat dalam suatu sampel (analisis laboratorium).
2.     Beberapa dasar pemisahan campuran antara lain adalah ukuran partikel, titik didih,
kelarutan, dan  pengendapan
3.   Jenis-jenis metode pemisahan campuran a.      Filtrasi
Filtrasi atau penyaringan merupakan metode pemisahan untuk memisahkan zat padat dari cairannya dengan menggunakan alat berpori (penyaring)

b.   Sublimasi
Sublimasi merupakan metode pemisahan campuran yang terdiri dari suatu zat yang memiliki sifat dapat menyublim   dengan zat yang tidak dapat menyublim
c.     Kristalisasi
Kristalisasi merupakan metode pemisahan untuk memperoleh zat padat yang terlarut dalam suatu larutan
d.   Destilasi
Destilasi merupakan metode pemisahan yang prinsipnya didasarkan pada perbedaan



titik didih zat cair yang ada dalam campuran sehingga dapat dipisahkan pada saat salah satu zat cair menguap lebih dahulu.
e.   Evaporasi
Evaporasi  merupakan  metode  pemisahan  campuran    dengan  cara  menguapkan pelarut pada campuran
f.     Kromatografi
Kromatografi merupakan metode pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan kecepatan merambat antara partikel-partikel yang bercampur dalam suatu mediumdiam ketika dialiri suatu medium yang bergerak
g.    Dekantasi
Dekantasi merupakan metode pemisahan campuran zat cair dan zat padat dengan cara mengendapkan endapan kemudian menuangkan cairan


E.   PENDEKATAN/STRATEGI/METODE PEMBELAJARAN

1.
Pendekatan
:  Scientific
2.
Metode
:  Diskusi dan Eksperimen
3.
Model
:  Discovery Learning

F.    MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1.      Media

Charta , Komputer, LCD

2.      Alat dan Bahan

No.
Jenis
Jumlah
1.
Alat dan bahan  praktikum Filtrasi
2 set
2.
Alat dan bahan praktikum sublimasi
1 set
3.
Alat dan bahan praktikum dekantasi
2 set
5
Alat dan bahan praktikum evaporasi
1 set
4.
Alat dan bahan praktikum kromatografi
1 set
5.
Alat dan bahan praktikum destilasi
1 set
6
Alat dan bahan praktikum kristalisasi
1 set

Nama dan alat praktikum sesuai  dengan yang tertulis dalam LKS



3.      Sumber Belajar

a)   Buku IPA SMP kelas VII, Puskurbuk 2013 b) LKS metode pemisahan campuran
c) Artikel metode pemisahan campuran



G.   Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 JP)


Kegiatan
Langkah-langkah
Model Discovery
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Menciptakan
Situasi (Stimulasi)
Pemusatan perhatian :

-    Guru  memperlihatkan berbagai campuran    misalnya  air campur pasir dan air campur tepung   dan   larutan garam kemudian     guru mengajukan pertanyaan seperti :

      Diantara campuran ini mana dari campuran tersebut yang      merupakan       campuran      homogen       dan heterogen?
      Bagaimana cara memisahkan komponen-komponen di dalam campuran tersebut?
-   Guru  menyampaikan  tujuan  dan  manfaat  mempelajari
metode pemisahan campuran
10   menit
Kegiatan Inti
Pembahasan Tugas               dan Identifikasi Masalah




Observasi


Pengumpulan data

Pengolahan  data dan analisis



Verifikasi



Generalisasi
-     Menyampaikan informasi  tentang  kegiatan    yang  akan
dilakukan   yaitu          eksperimen   pemisahan   campuran dengan   metode                filtrasi,   dekantasi,       evavorasi, kristalisasi
-     Membagi siswa menjadi 10 kelompok
-     Diskusi  kelompok  untuk         mengkaji  LKS      pemisahan campuran   dengan   metode                  filtrasi,   dekantasi, evaporasi, kristalisasi  dan mengidentifikasi konsep yang harus diperoleh melalui percobaan
-     Melakukan   percobaan   pemisahan   campuran   metode filtrasi, dekantasi ,  evaporasi,  dan kristalisasi
-      Siswa mengamati percobaan dan mencatat data pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKS
-      Mengolah dan menganalisis data dari setiap percobaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS
-     Presentasi hasil percobaan
-     Diskusi prinsip-prinsip pemisahan campuran berdasarkan hasil data hasil percobaan
-     Membuat   kesimpulan         tentang   prinsip-prinsip   dan metode pemisahan campuran
50 menit
Penutup

-     Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
-     Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk    penghargaan     lain     yang    relevan)     kepada kelompok yang berkinerja baik
-     Siswa   menjawab   kuis   tentang   prinsip   pemisahan campuran
-     Pemberian tugas untuk mempelajari pemanfaatan
20





pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari dan tugas baca pemisahan campuran dengan cara destilasi, sublimasi dan kromatografi



H.   PENILAIAN
1.  Metode dan Bentuk Instrumen

Metode               Bentuk Instrumen
             Sikap                  Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
             Tes Unjuk Kerja                             Tes penilaian kinerja metode filtrasi
             Tes Tertulis                      Tes Uraian dan Pilihan Ganda HOT



Mengetahui,                                                                                     Malang, ……………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran IPS






  .......................................                                                                                                                                .......................................
                                                                            

0 Response to "CONTOH RPP IPA SMP SEMESTER I PERTEMUAN PERTAMA TENTANG "PERUBAHAN BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA""

Posting Komentar