RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 5.1 Merespon dengan mengulang kosakata baru
dalam berbagai permainan dengan ucapan lantang
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat mengulang apa yang
didengarnya dengan suara lantang
2. Siswa dapat mengulang apa yang didengarnya
dengan pengucapan bahasa Inggris yang benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa bersama-sama mengulang dengan
suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD
2. Masing-masing siswa mengulang dengan
suara lantang kosakata-kosakata baru yang diucapkan guru atau didengar dari
kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa apakah mereka
mengetahui nama-nama benda yang ada dalam gambar.
2.
Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengar apa yang diucapkan guru
atau didengar dari kaset/CD dan mengulang apa yang mereka dengar secara
klasikal.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa mengulang apa yang diucapkan guru atau didengar dari kaset/CD secara
kelompok dan individu.
F
Guru
memperhatikan pengucapan bahasa Inggris siswa dan membetulkan jika ada pengucapan yang salah.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk setiap siswa secara acak untuk
menyebutkan apa yang diucapkan guru dengan lantang (kegiatan ini dilakukan
dengan cepat).
F
Guru meminta
siswa untuk mengulang kembali di rumah pelajaran yang telah diberikan di kelas.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan,
jilid 1, Esis
- Gambar-gambar
yang berkaitan dengan materi ajar
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan mengulang apa yang diucapkan guru atau di dengar dari
kaset/CD dengan suara lantang
§
Merespon dengan meng-ulang apa yang diucap-kan guru atau didengar dari
kaset/CD dengan peng-ucapan baha-sa Inggris yang benar
|
Tes lisan
|
Merespon
dengan mengulang secara lisan
|
Listen to the names of games and
repeat.
Guru: jackstone
Murid: (mengulang dengan ucapan
lantang)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 5.2 Merespon
dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa
dapat memperagakan instruksi-instruksi yang didengar dengan benar
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa
memperagakan instruksi-instruksi yang diberikan oleh guru atau didengar dari
kaset/CD
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan topik bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa kegiatan apa saja
yang ada dalam gambar.
2. Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi
yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara bersama-sama
(sebagai permulaan, guru dapat memberi contoh dalam memperagakan instruksi yang
diberikan).
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa diminta memperagakan instruksi-instruksi
yang diberikan oleh guru atau didengar dari kaset/CD secara berkelompok (guru
dapat memotivasi siswa agar kompak dengan kelompoknya).
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru menunjuk siswa secara acak untuk memperagakan
instruksi yang diberikan.
F
Guru memberi
apresiasi terhadap siswa yang melakukan instruksi-instruksi dengan benar dengan mengucapkan well done, good job, atau
very good.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan,
jilid 1, Esis
- Rekaman
kaset/CD
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§
Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar
|
Unjuk kerja
|
Responding
|
Listen to the instructions and follow them.
Guru: Jump.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2
Standar Kompetensi : 6. Mengungkapkan informasi sangat sederhana
dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 6.1 Menirukan ujaran dalam ungkapan sangat
sederhana secara berterima
Alokasi Waktu : 2 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : Siswa
dapat meniru pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi
yang tepat
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : Siswa meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan
yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru
mengucapkan pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan yang menjadi fokus
bahasan bab dengan lantang.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diminta meniru apa yang guru ucapkan dengan
lantang secara klasikal.
F Siswa dibagi ke dalam kelompok dan secara
bergantian setiap kelompok berlatih meniru ujaran-ujaran yang diucapkan guru.
F
Selama siswa
berlatih, guru memperhatikan pengucapan dan intonasi siswa. Jika ada siswa yang melakukan kesalahan, guru segera
membetulkan kesalahan tersebut.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas
untuk mempraktikkan ujaran-ujaran yang baru saja dilatih.
F
Guru memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good
pada siswa yang berani maju ke depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan,
jilid 1, Esis
- Script percakapan yang terdapat
dalam buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Meniru
pertanyaan-pertanyaan dan respon pertanyaan dengan pengucapan dan intonasi
yang tepat
|
Unjuk kerja
|
Performance
|
Repeat the expressions with the correct pronunciation and
intonation.
Guru: Where is my bag?
Siswa: (mengulang dengan pengucapan dan intonasi yang tepat)
Guru: It is here.
Siswa: (mengulang dengan pengucapan dan intonasi yang tepat)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NAMA SEKOLAH : _____________________
Mata Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : I/2 Mengungkapkan
informasi sangat sederhana dalam konteks kelas
Kompetensi Dasar : 6.2 Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan
tindak tutur: menyebutkan kepemilikan, menanyakan di mana suatu benda
berada, dan menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
Tujuan Pembelajaran** : 1.
Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menyebutkan kepemilikan
2. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan dimana suatu benda berada
3. Siswa dapat bercakap-cakap untuk
menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Metode Pembelajaran : 1. Siswa melakukan tanya jawab yang
berkaitan dengan materi
2. Siswa dan guru membahas kosakata dan
struktur percakapan sesuai materi
3. Siswa
melakukan latihan percakapan dalam bentuk dialog
4. Siswa
menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
· Guru memperlihatkan gambar besar yang
mengilustrasikan bab yang dibahas.
· Guru bertanya pada siswa mengenai kegiatan
yang terdapat dalam gambar dalam bahasa Inggris dan siswa menjawab.
- Kegiatan
Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Guru memberikan contoh dialog-dialog yang
berkaitan dengan materi.
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa melengkapi dialog-dialog yang masih kosong dalam buku teks.
F Siswa berlatih dialog-dialog tersebut dengan
teman-temanya (latihan ini dapat dilakukan secara berpasangan ataupun
berkelompok).
F
Selama siswa
berlatih, guru mengitari siswa dan mencatat kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Guru memperbaiki kesalahan yang dilakukan siswa
(kesalahan meliputi pengucapan, penyebutan kosakata, dan tata bahasa yang pada
saat itu menjadi fokus bahasan).
F Guru menilai hasil kerja siswa dalam melengkapi
dialog.
F Guru meminta beberapa siswa maju ke depan kelas
untuk mempraktikkan dialog yang baru saja dilatih.
F
Guru
memberikan komentar dengan mengucapkan well done, good job, atau very good pada
siswa yang berani maju ke
depan agar mereka termotivasi.
Alat/Sumber Belajar:
- Buku teks Let’s Make Friends with English, Siti Eryda Lubis Pulungan,
jilid 1, Esis
- Script percakapan yang terdapat
dalam buku teks dan buku guru
- Alat
peraga yang berkaitan dengan materi ajar
- Buku-buku
lain yang relevan
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengungkapkan
berbagai tindak tutur:
§
Menyebutkan kepemilikan
§
Menanyakan di mana suatu benda berada
§
Menanyakan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang
|
·
Tes lisan
·
Unjuk kerja
|
·
Pertanyaan
·
Performance
|
Answer the questions orally.
Guru: What are you doing?
Siswa: I am playing marbles.
Guru: What are you doing?
Siswa: I am playing jackstone.
Act out the dialogue in front of the class.
Siswa A:Where is my notebook?
Siswa B: It is here..
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
&
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Inggris
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 Response to "CONTOH RPP KURIKULUM BERKARAKTER BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2"
Posting Komentar