BEBERAPA PETUNJUK PENGISIAN ANALISIS ULANGAN HARIAN DAN ULANGAN SEMESTER
BAGI GURU
Semester gasal/ganjil akan segera berakhir ini artinya para
pendidik (guru) mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sedang sibuk dengan kegiatan
evaluasi akhir melalui ulangan semester. Pada kesempatan kali ini kita akan
membahas mengenai analisis ulangan harian. Salah satu tugas sebagai guru adalah
melaksanakan evaluasi pembelajaran. Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari
evaluasi adalah sebagai berikut:
Bagi Guru
· Evaluasi
Daya Serap Siswa;dari hasil evaluasi ,guru diharapkan memiliki gambaran konkret
tentang tingkat kompetensi dan daya serap kegiatan pembelajarannya maupun siswa
yang masih butuh bimbingan termasuk siswa yang sudah belajar keras namun belum
dapat sampai pada ketuntasan kompetensi yang diharapkan. Setelah mengetahui
hasil dari evaluasi ini guru diharapkan dapat menyusun rencana tindakan
remedial atau enrichment .
· Evaluasi
Materi :hasil evaluasi ini juga menjadi tolok ukur bagi guru bersangkutan untuk
mengukur efektivitas materi pembelajaran yang diberikan . Termasuk mengukur
tingkat knowledge skill yang dimiliki guru bersangkutan dalam bidang mata
pelajaran yang diampunya.
· Evaluasi
Metode Pembelajaran:Seorang guru diharapkan memiliki kecakapan dalam penguasaan
materi pelajaran kecakapan pemilihan penggunaan materi mengajar,metodologi dan
pemilihan media serta sumber belajar. Termasuk menciptakan suasana pembelajaran
yang efektif bagi siswa. Jika hampir sebagian besar siswa anda tidak dapat
menguasai pelajaran dengan baik dapat dipastikan dikarenakan kesalahan anda
sebagai pengajar baik sebagai pribadi maupun metode pengajarnya.
Salah satu bentuk
evaluasi adalah penilaian yang tertuang dalam ulangan harian dan ulangan
semester.Sudah mutlak bagi guru bahwa setelah melakukan penilaian perlu sekali
melaksanakan analisis terhadap ulangan yang telah berlangsung.
Manfaat analisis
dengan mengolah hasil penilaian adalah
untuk mengetahui kemajuan belajar serta kesulitan siswa.
Jadi kita bisa
mengetahui soal -soal mana saja yang tingkat kesulitannya tidak terjangkau oleh
siswa sehingga bisa menjadi acuan perbaikan pembelajaran.
Adapun petunjuk umum pengisian format analisis ulangan
harian maupun ulangan semester adalah sebagai
berikut.
1. Untuk pengisian
data seperti "subject" isikan sesuai mata pelajaran yang anda ampu,
"class/sem" diisi dengan kelas/ semester yang sedang anda
ampu,"basic competency" diisi dengan nomor KD yang akan diujikan,
type of claims diisi dengan ulangan harian atau ulangan mid semester atau
ulangan akhir semester,"format inst" diisi dengan bentuk tes soal,dan
selanjutnya saya rasa cukup jelas.
2. Untuk pengisian
SCORE sesuaikan dengan kisi - kisi yang anda buat pada ulangan harian yang
telah anda buat sebelumnya. Jika anda menggunakan bentuk tes pilihan ganda 0
untuk jawaban salah dan satu untuk jawaban benar.
3. Total Score
adalah jumlah skor dengan menggunakan fungsi matematika =SUM (_;_).
4. Value atau Nilai
adalah konversi skor. Silakan menggunakan formula Nilai.
5. Kolom keterangan
Complete diisi bagi siswa yang nilainya mencapai ketuntasan minimal (KKM) dan
sebaliknya.
6. Untuk baris
Total Score bagian bawah gunakan formula yang sama pada fungsi "SUM".
7. Total maximum
score gunakan formula = score per soal * banyak siswa .
8. % score reached
/daya serap gunakan formula = (cell total score/cell total max score)*100
9. Daya serap kelas
diperoleh dari cell yang disorot di atas yakni total value/ total max value.
Contohnya 1690/3200*100 = 52,8125. Nah ini adalah daya serap di kelas tersebut
pada saat mengikuti ulangan harian.
Cell inilah yang
akan menjadi acuan "average off KKM reached" / rata -rata
ketercapaian KKM.
10. Banyak siswa
yang tercapai diisi pada kolom number of students who completed dengan
persentase disampingnya dan sebaliknya gunakan formula pengurangan sehingga
diperoleh persentase siswa yang nilainya tidak mencapai KKM.
Demikian petunjuk
pengisian analasis ulangan, berikut silakan DOWNLOAD FORMAT ANALISIS" yang
bisa anda kembangkan sendiri.
Semoga bermanfaat....
0 Response to "BEBERAPA PETUNJUK PENGISIAN ANALISIS ULANGAN HARIAN DAN ULANGAN SEMESTER BAGI GURU"
Posting Komentar