CARA MENYAMPAIKAN PRESENTASI YANG BAIK DAN MENARIK
Kemampuan menyampaikan presentasi yang baik sangat
diperlukan di dunia bisnis dan harus dikuasai bila ingin menjadi sukses.
Berbicara di depan banyak orang merupakan kesempatan bagi Anda untuk menjelaskan
konsep usaha, keunggulan barang & jasa ataupun untuk membangun brand
awarreness.
Namun begitu berbicara di depan umum bagi banyak orang
merupakan momok yang menakutkan, tapi tunggu, jangan khawatir karena Tips dan
Trik akan memberikan kiat supaya Anda dapat melakukan presentasi dengan baik.
Berikut 6 langkah untuk dapat melatih kemampuan presentasi /
berbicara di depan umum supaya tampil percaya diri, berinteraksi dengan
audience serta tidak gugup.
1. Latihan pernafasan
Atur nafas dengan baik dan pastikan Anda mengetahui cara
mengambil nafas saat sedang menyampaikan kalimat yang cukup panjang sehingga
pembicaraan tidak terputus.
2. Latihan presentasi
dengan orang yang Anda kenal
Dengan melakukan latihan akan memberikan Anda keyakinan
terhadap materi yg hendak disampaikan. Berlatih didepan sekumpulan orang yang
Anda kenal seperti anggota keluarga atau teman dengan minimal 3 orang. Dan
setelah melakukan presentasi didepan mereka, tanyakan kepada mereka kelebihan
dan kekurangan dari presentasi yang Anda lakukan; setelah itu coba perbaiki
kekurangan yg ada.
3. Kenali situasi
sekitar
Baca situasi tempat dan acara di mana Anda melakukan
presentasi, Apakah menggunakan mikrofon, audio visual seperti proyektor karena
semakin baik Anda menguasai lingkungan sekitar maka konsentrasi dapat lebih
fokus saat memberikan presentasi.
4. Kenali pendengar
(audience)
Terlepas dari seberapa baik Anda menguasai topik presentasi
namun jika orang-orang tidak tertarik maka tidak akan berhasil. Ketahui siapa
yang akan mendengarkan presentasi setelah itu sesuaikan gaya komunikasi Anda
dengan audiens. Jadi, bedakan gaya bicara Anda saat harus berbicara dengan
karyawan ataupun dengan mahasiswa.
5. Menyesuaikan isi
konten presentasi
Menyampaikan antara apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda
bicarakan sering tidak mudah. Tapi ingatlah bahwa ketika kita ingin
berpresentasi untuk menarik perhatian audiens pada bisnis Anda, tidak perlu
terlihat (bersikap) seperti salesman.
Ingat bahwa Anda mewakili presentasi dari bisnis atau produk
Anda, jadi jika menyampaikan presentasi yang mengesankan maka orang akan ingin
tahu lebih banyak. Jadi pastikan dalam slide powerpoint ataupun kertas bahan
presenstasi tercantum nama perusahaan, website, dan nomor telepon yang dapat
dihubungi.
6. Terhubung dengan
pendengar atau audience
Selalu terhubung dengan pendengar dan jangan hanya terus
menerus terpaku terhadap kertas / layar yang Anda baca karena pendengar bisa
mudah bosan. Menyampaikan presentasi harus dilakukan dengan baik, teratur dan
sesekali lakukan kontak mata, bila perlu selingi dengan humor. Pastikan
poin-poin penting tersampaikan dengan singkat, padat dan jelas; lalu setelah
presentasi selesai berikan kesempatan bagi pendengar untuk bertanya.
7. Hindari penggunaan
kata yang sama secara berulang-ulang.
Gunakan bahasa yang santun, singkat padat dan jelas serta
tepat sasaran, hindari melakukan pengulangan kata yang terlalu sering karena
itu akan menimbulkan kesan bahwa kita sebagai presentator sudah mulai kehabisan
ide dan kata-kata.
Demikian tips sederhana ini, semoga bisa di jadikan
referensi buat anda....
0 Response to "CARA MENYAMPAIKAN PRESENTASI YANG BAIK DAN MENARIK "
Posting Komentar