RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Standar Kompetensi: 1. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menggunakan aturan pangkat, akar,
dan logaritma.
Indikator : 1. Menyederhanakan bentuk suatu bilangan berpangkat.
2. Mengubah
bentuk pangkat negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan
sebaliknya.
3. Mengubah
suatu bilangan ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya.
4. Mengidentifikasi
apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional
(bilangan bentuk akar).
5. Melakukan
operasi aljabar pada bentuk akar.
6. Merasionalkan
penyebut pecahan yang berbentuk akar.
7. Mengubah
bentuk akar ke bentuk pangkat, dan sebaliknya.
8. Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
9. Menyelesaikan
persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen) dengan bilangan pokok yang
sama.
10. Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi menge-nai bilangan berpang-kat
(pangkat bulat positif, negatif, dan
nol), notasi Ilmiah, bilangan rasional, irrasional, atau bilangan bentuk akar,
operasi aljabar pada bentuk akar, merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar, serta
pangkat rasional.
11. Mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
12. Melakukan
operasi aljabar pada bentuk logaritma.
13. Menentukan
logaritma dan antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian
(tabel logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan.
14. Mengerjakan
soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai pengertian dan sifat - sifat
logaritma, serta cara menentukan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau
kalkulator.
Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran (9
pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
a. Peserta didik dapat menyederhanakan bentuk
suatu bilangan berpangkat. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu,
Mandiri);
b. Peserta didik dapat mengubah bentuk pangkat
negatif dari suatu bilangan ke bentuk pangkat positif, dan sebaliknya. (nilai
yang ditanamkan: Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik dapat mengubah suatu bilangan
ke bentuk notasi ilmiah, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa
ingin tahu, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta didik dapat mengidentifikasi apakah
suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau irrasional (bilangan bentuk
akar). (nilai
yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif);
e. Peserta
didik dapat melakukan operasi aljabar pada bentuk akar. (nilai yang ditanamkan:
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
f. Peserta didik dapat merasionalkan penyebut
pecahan yang berbentuk akar. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja keras);
g. Peserta didik dapat mengubah bentuk akar ke
bentuk pangkat, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
h. Peserta didik dapat mengubah pangkat pecahan
negatif menjadi pangkat pecahan positif. (nilai yang ditanamkan:
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
i. Peserta
didik dapat menyelesaikan persamaan pangkat sederhana (persamaan eksponen)
dengan bilangan pokok yang sama. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
j. Peserta
didik dapat mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya. (nilai yang ditanamkan:
Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
k. Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar
pada bentuk logaritma. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri);
l. Peserta didik dapat menentukan logaritma dan
antilogaritma dari suatu bilangan dengan tabel yang bersesuaian (tabel
logaritma atau tabel antilogaritma) atau kalkulator, serta menggunakan
logaritma untuk perhitungan. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja
keras);
Karakter siswa yang diharapkan
:
§
Rasa ingin tahu, Mandiri,
Kreatif, Kerja keras
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§
Berorientasi tugas dan
hasil, Percaya diri, Keorisinilan
B. Materi
Ajar
a. Sifat-sifat bilangan berpangkat dengan
pangkat bulat positif, pangkat bulat negatif, dan nol.
b. Notasi
ilmiah.
c. Bilangan rasional.
d. Bilangan
irrasional (bilangan bentuk akar).
e. Operasi aljabar pada bentuk akar.
f. Merasionalkan penyebut
pecahan bentuk akar.
g. Pangkat
rasional:
-
Bilangan
berbentuk atau untuk dan himpunan bilangan asli.
-
Mengubah
pangkat pecahan negatif menjadi pangkat pecahan positif.
-
Persamaan
pangkat sederhana dengan bilangan pokok sama.
h. Pengertian logaritma.
i. Sifat-sifat logaritma (operasi aljabar logaritma).
j. Penentuan logaritma dan antilogaritma dengan tabel atau
kalkulator.
k. Logaritma untuk perhitungan.
0 Response to "CONTOH RPP MATEMATIKA SMA KELAS 10 SEMESTER 1"
Posting Komentar