RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Tema : Kasih Sayang
Subtema : Kasih Sayang Allah
Kelas/Semester :
I/1
A. Materi Pokok : Asmaul Husna (Ar Rahman – Ar Rahim)
B.
AlokasiWaktu : 4 x 35
Menit
C.
TujuanPembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
1. Melalui membaca berulang-lang peserta didik dapat melafalkan ar Rahman dan ar Rahim dengan baik dan benar.
2. Melalui latihan berulang ulang peserta didik mampu mengartikan ar Rahman dan ar Rahim dengan baik dan benar
3. Melalui pengamatan terhadap lingkungan, peserta didik mampu menyebutkan contoh-contoh kasih sayang Allah dalam kehidupan
D.
Kompetensi Dasar
4.1 Melafalkan asmaul husna ar
Rahman dan ar Rahim
4.2 Mengenal makna al-asmaul husna ar Rahman dan ar Rahim
E.
Indikator PencapaianKompetensi
4.1.1
Melafalkan ar
Rahman
4.1.2
Melafalkan ar
Rahim
4.2.1
Mengartikan ar
Rahman
4.2.2
Mengartikan ar Rahim
4.2.3 Menyebutkan
minimal 2 contoh kasih sayang Allah dalam kehidupan
5
Materi Pembelajaran
Ar Rahman dan Ar
Rahim termasuk 2 diantara 99 asmaul husna. Asmaul Husna artinya Nama-nama Allah
baik. Ar Rahman berart maha Penyayang dan Ar Rahim artinya maha Pengasih.
Diantara contoh-contoh Allah maha pengasih dan penyayang adalah disediakan air,
udara, makanan dan lain-lain.
6
MetodePembelajaran
Kooperatif: TPS (think, pairs, and share)
7. Media Pembelajaran
Power poin Asmaul
Husna
Video Asmaul Husna
Poster/Gambar
Asmaul Husna
8. SumberBelajar
Al Qur’an dan Terjemahnya
Buku PAI dan Budi
Pekerti SD Kelas I
Lingkungan sekitar
9 Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek
pilihan dengan lancar dan benar (surah al
Ikhlas)
c. Guru mengarahkan kesiapan
diri peserta didik dan kehadiran peserta
didik dengan
mengisi lembar kehadiran.
d. Guru mengajukan
pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema kasih sayang dan sub tema kasih sayang Allah;
e. Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai;
f. Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdialog,
mengkomunikasikan dengan menyampaian, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil
pembelajaran
|
10
menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan AllahSwt melalui
tayangan media ICT/gambar
·
Peserta didik menyimak
audio kata ar Rahman dan ar Rahim.
·
Peserta didik mengamati gambar-gambar tentang contoh- contoh kasih sayang
Allah secara
klasikal.
b.
Menanya |
style="mso-ansi-language: IN; mso-bidi-font-family: "Times New Roman"; mso-bidi-font-size: 12.0pt;">
·
Melalui motivasi dari guru, peserta didik mengajukan pertanyaan tentang kasih sayang Allah swt.
·
Peserta didik Mengajukan pertanyaan terkait dengan kasih sayang Allah swt.
c.
Mengekplorasi
·
Peserta didik menceritakan
kembali isi poster/gambar/tayangan tersebut
·
Secara
berpasangan peserta
didik menyebutkan asmaul husna ar
rahman dan rahim dengan artinya.
·
Secara berpasangan peserta
didik mengemukan bukti kasih sayang Allah pada makhluk hidup.
d.
Mengsosiasi
1.
Peserta didik menghubungkan
kasih sayang Allah dengan realitas
kehidupan sehari-hari.
2.
Peserta didik
mengemukakan contoh kasih sayang Allah sesuai dengan realitas pengalaman kehidupan sehari-hari.
e.
Komunikasi.
1. Peserta didik perwakilan mengemukakan pemahamannya
tentang kasih sayang Allah kepada dengan
temannya dalam satu kelas.
2. Peserta didik membuat
kesimpulan dibantu dan dibimbing oleh guru.
120
menit
3.
Penutup
a. Guru melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya;
b. Guru menyampaikan kegiatan
tindak lanjut dengan memberikan tugas baik cara individu maupun kelompok bagi
peserta didik yang menguasai materi;
c. Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
Menit
10. Penilaian Hasil
Belajar
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk
mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.Hasil penilaian digunakan
sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran.
Tugas
Mengisi rubrik tentang ar rahman dan Ar Rahim dengan
artinya.
No
|
Komponen
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Melafalkan
ar-rahman
|
||
2.
|
Melafalkan
ar-Rahim
|
||
3
|
Mengartikan
ar-Rahman
|
||
4
|
Mengartikan
ar Rahim
|
Observasi
Mengamati pelaksanaan dialog
No
|
Nama
|
Keaktifan/kerjasama/keberanian
|
||
tinggi
|
sedang
|
rendah
|
||
1
|
Aminah
|
|||
2
|
Ahmad
|
|||
3
|
Dst..
|
Tes
Tes lisan
Aspek:
Keaktifan
Kerjasama
Mengapresiasi
Kemampuan berbahasa
Mengetahui,
Kepala SD Negeri ..............
Ttd.
NIP. ......................................
|
........., ......................................
Guru
Mata Pelajaran PAI
Ttd.
NIP.
........................................
|
0 Response to "DOWNLOAD CONTOH RPP PAI DAN BUDI PEKERTI SD KELAS 1 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013"
Posting Komentar