Beberapa alasan perlunya pengembangan Kurikulum 2013 adalah:
a). Perubahan proses pembelajaran (dari siswa diberi tahu
menjadi siswa mencari tahu) dan proses penilaian (dari berbasis output menjadi
berbasis proses dan output) memerlukan penambahan jam pelajaran.
b). Kecenderungan banyak negara menambah jam pelajaran; dan
c). Perbandingan dengan negara-negara lain menunjukkanjam
pelajaran di Indonesia dengan
Negara lain relatif lebih singkat.
Guru sebagai ujung tombak dalam suksesnya implementasi
kurikulum perlu diberikan pembekalan yang cukup dalam bentuk pelatihan. Adapun tujuan
dilakukan pembekalan dan pelatihan guru antara lain :
1. Tujuan
Umum
Tujuan umum
pelatihan implementasi Kurikulum
2013 agar terjadi perubahan pola fikir (mindset)
guru dalammempersiapkan pembelajaran, melaksanakanpembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran
sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik dan benar.
2. Tujuan
Khusus
Tujuan khusus dari pelatihan bagi instruktur nasional, guru
inti, guru sasaran adalah agar mampu memahami materi pelatihan yang terdiri
atas:
a)
rasional
Kurikulum 2013;
b)
elemen
perubahan kurikulum;
c)
Standar
Kompetensi Lulusan (SKL),
Kompetensi Inti (KI),
dan Kompetensi Dasar (KD);
d)
strategi implementasi Kurikulum 2013;
e)
isi Buku Guru;
f)
isi Buku Siswa;
g)
penyusunan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
h)
cara penilaian sesuai tuntutan Kurikulum 2013;
i)
cara
melaksanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013; dan
j)
skenario
pelaksanaan pelatihan dan metodologi pelatihan Implemenasi Kurikulum
2013.
Khusus bagi
instruktur nasional dan guru inti harus:
a)
memiliki kemampuan
sebagai pelatih dalam pelatihan Implementasi Kurikulum 2013; dan
b)
memahami
mekanisme pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013
Peserta pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 terdiri dari Guru Kelas/Mata
Pelajaran,Guru Inti, dan Instruktur Nasional. Guru Kelas/Mata Pelajaran adalah
guru dari sekolah terpilih yang akan mengajar pada tahun ajaran 2013. Guru Inti
akan melatih Guru Kelas/Mata Pelajaran sedangkan Instruktur Nasional akan
melatih Guru Inti.
Secara umum kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh para peserta setelah
mengikuti pelatihan sebagai berikut.
- Memiliki sikap yang terbuka untuk menerima Kurikulum 2013.
- Memiliki keinginan yang kuat untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.
- Memiliki pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum 2013 (rasional, elemen perubahan, SKL, KI dan KD, serta strategi implementasi).
- Memiliki keterampilan menganalisis keterkaitan antara Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Buku Guru, dan Buku Siswa.
- Memiliki keterampilan menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada Kurikulum 2013.
- Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan pendekatan Scientific secara benar.
- Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning.
- Memiliki keterampilan melaksanakan penilaian autentik dengan benar.
- Memiliki keterampilan berkomunikasi lisan dan tulis dengan runtut, benar, dan santun.
Uraian lebih lanjut tentang kompetensi peserta pelatihan,
indikator, materi pelatihan, dan kegiatan pelatihan (metoda pelaksanaan) akan
dijelaskan lewat postingan berikutnya.
Sekian dan terima kasih.....
0 Response to "TUJUAN DAN KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN DARI GURU SEBAGAI HASIL PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013"
Posting Komentar