loading...

TUJUAN DAN KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN DARI GURU SEBAGAI HASIL PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Beberapa alasan perlunya pengembangan Kurikulum 2013 adalah:
a). Perubahan proses pembelajaran (dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu) dan proses penilaian (dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output) memerlukan penambahan jam pelajaran.
b). Kecenderungan banyak negara menambah jam pelajaran; dan
c). Perbandingan dengan negara-negara lain menunjukkanjam pelajaran di Indonesia dengan Negara lain relatif lebih singkat.

Guru sebagai ujung tombak dalam suksesnya implementasi kurikulum perlu diberikan pembekalan yang cukup dalam bentuk pelatihan. Adapun tujuan dilakukan pembekalan dan pelatihan guru antara lain :
1. Tujuan Umum
Tujuan umum pelatihan implementasi Kurikulum 2013 agar terjadi perubahan pola fikir (mindset) guru dalammempersiapkan pembelajaran, melaksanakanpembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan pendekatan dan evaluasi pembelajaran pada Kurikulum 2013 dengan baik dan benar.

2. Tujuan Khusus
Tujuan khusus dari pelatihan bagi instruktur nasional, guru inti, guru sasaran adalah agar mampu memahami materi pelatihan yang terdiri atas:
a)      rasional Kurikulum 2013;
b)      elemen perubahan kurikulum;
c)       Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD);
d)      strategi implementasi Kurikulum 2013;
e)      isi Buku Guru;
f)       isi Buku Siswa;
g)      penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
h)      cara penilaian sesuai tuntutan Kurikulum 2013;
i)        cara melaksanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013; dan
j)        skenario pelaksanaan pelatihan dan metodologi pelatihan Implemenasi Kurikulum 2013.
Khusus bagi instruktur nasional dan guru inti harus:
a)      memiliki kemampuan sebagai pelatih dalam pelatihan Implementasi Kurikulum 2013; dan
b)      memahami mekanisme pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013

Peserta pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 terdiri dari Guru Kelas/Mata Pelajaran,Guru Inti, dan Instruktur Nasional. Guru Kelas/Mata Pelajaran adalah guru dari sekolah terpilih yang akan mengajar pada tahun ajaran 2013. Guru Inti akan melatih Guru Kelas/Mata Pelajaran sedangkan Instruktur Nasional akan melatih Guru Inti.

Secara umum kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh para peserta setelah mengikuti pelatihan sebagai berikut.
  1. Memiliki sikap yang terbuka untuk menerima Kurikulum 2013.
  2. Memiliki keinginan yang kuat untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.
  3. Memiliki pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum 2013 (rasional, elemen perubahan, SKL, KI dan KD, serta strategi implementasi).
  4. Memiliki keterampilan menganalisis keterkaitan antara Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Buku Guru, dan Buku Siswa.
  5. Memiliki keterampilan menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada Kurikulum 2013.
  6. Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan pendekatan Scientific secara benar.
  7. Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning.
  8. Memiliki keterampilan melaksanakan penilaian autentik dengan benar.
  9. Memiliki keterampilan berkomunikasi lisan dan tulis dengan runtut, benar, dan santun.
Uraian lebih lanjut tentang kompetensi peserta pelatihan, indikator, materi pelatihan, dan kegiatan pelatihan (metoda pelaksanaan) akan dijelaskan lewat postingan berikutnya.
Sekian dan terima kasih.....

0 Response to "TUJUAN DAN KOMPETENSI YANG DIHARAPKAN DARI GURU SEBAGAI HASIL PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013"

Posting Komentar