KOMPETENSI INI |
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Membaca al-Qur’an dengan tartil
1.2 Beriman kepada Allah SWT
1.3 Beriman kepada malaikat Allah SWT
1.4 Melaksanakan bersuci dari hadats besar dalam kehidupan sehari-hari
1.5 Melaksanakan shalat wajib berjamaah sebagai implementasi dari
pemahaman rukun Islam
1.6 Melaksanakan shalat Jum’at sebagai implementasi dari pemahaman Q.S
Al Jum’ah ayat 9
1.7 Melaksanakan shalat jama’ qashar ketika bepergian jauh (musafir)
sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaanya.
|
2.1 Memiliki perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari
pemahaman sifat Allah (Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir) dan
QSAl- Mujadilah (58): 11 dan Ar-Rahman (55): 33 serta hadits terkait
2.2 Memiliki perilaku ikhlas, sabar dan pemaaf sebagai implementasi
dari pemahaman QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134,
dan hadits terkait
2.3 Memiliki perilaku meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW periode
Mekah dan Madinah
|
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Memahami makna al-Asmaul-Husna: Al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir
3.2 Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli
3.3 Memahami kandungan QS. Al- Mujadilah (58): 11 dan QS. Ar-Rahman
(55): 33 serta Hadits terkait tentang menuntut ilmu.
3.4 Memahami kandungan QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan
QS. Ali Imran (3):134 serta hadits terkait tentang ikhlas,sabar dan pemaaf
3.5 Memahami ketentuan bersuci dari hadats besar
3.6 Memahami ketentuan shalat berjamaah
3.7 Memahami ketentuan shalat Jum’at
3.8 Memahami ketentuan shalat Jama’ Qashar
3.9 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad SAW periode Mekah dan
Madinah
3.10 Mengetahui karakter Khalifah dari Khulafaurrasyidin
|
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Membaca QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman (55):33 QS.An
Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134 dengan tartil
4.2 Menunjukkan hafalan QS. Al- Mujadilah (58): 11, QS. Ar-Rahman
(55):33 QS.An Nisa (4):146, QS. Al Baqarah (2):153, dan QS. Ali Imran (3):134
dengan lancar
4.3 Mempraktikkan tata cara bersuci dari hadast besar dalam kehidupan
sehari-hari
4.4 Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar
4.5 Mempraktikkan shalat berjama’ah
4.6 Mempraktikkan shalat Jum’at
|
UnhideWhenUsed="true"
Name="Table Classic 2"/>