RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH :
MATA PELAJARAN :
Geografi
KELAS :
XII
SEMESTER : 2 ( dua )
TAHUN PELAJARAN : 2011/2012
ALOKASI WAKTU : 4
x 40 menit
I. STANDAR
KOMPETENSI
3. Menganalisis
wilayah dan pewilayahan
II.
KOMPETENSI DASAR
3.1. Menganalisis
pola persebaran spasial, hubungan serta interaksi spasial desa dan kota
III. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Siswa mampu
·
Mengidentifikasi factor-faktor
yang mempengaruhi terjadinya antrasi
spasial desa kota
·
Menghitung kekuatan interaksi
antara dua wilayah
Karakter siswa yang
diharapkan :
§
Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi
Kreatif :
§
Kerja keras, jujur, saling
menghargai orang lain, inovatif,
IV. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Interaksi desa kota
V. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
·
Mengidentifikasi factor-faktor
yang mempengaruhi terjadinya antrasi
spasial desa kota
·
Menghitung kekuatan interaksi
antara dua wilayah
VI. METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah, Tanya jawab, Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menganalisis
pola persebaran, spasial, hubungan serta interaksi spasial desa-kota
|
·
Mengungkapkan
kembali factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial
desa-kota dari berbagai referensi
·
Secara
individu, menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah dari data yang
disajikan dalam LKS
|
·
Siswa dapat
Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya interaksi spasial
desa dan kota
·
Siswa dapat
Menghitung kekuatan interaksi antara dua wilayah
|
VII. LANGKAH –
LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan:
·
Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti:
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Tanya jawab mengenai
factor-faktor yang mempengaruhi terjadinya iinteraksi desa-kota. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Menghitung kekuatan interaksi
antara dua wilayah, menurut ; (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
-
Modal geografi
-
Titik heat
-
Grafik
-
Potensi pendududuk
·
Melaporkan hasil-hasil
perhitungan! (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan tentang hal-hal
yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Menjelaskan tentang hal-hal
yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Penutup:
·
Melakukan refleksi materi yang telah dibahas. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Secara individu, siswa membuat kliping tentang
pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (berisi tentang rangkuman,
tanggapan, dan sumber) (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
VIII. SUMBER
BELAJAR / ALAT / BAHAN :
-
Sumber
·
Bintarto (1997) Geografi Kota
Yogyakarta Fakultas UGM
·
Dadjoeni N (1999) Geografi Kota
da Desa Alumni Bandung
IX. PENILAIAN
·
Jenis tagihan : Tugas individu
·
Bentuk tagihan :
Laporan, uraian berstruktur
·
Instrumen penilaian
1.
Rumuskanlah pengertian
interaksi kota!
2.
Sebutkan factor-faktor yang
menyebabkan terjadinya interaksi kota / wilayah!
3.
Sebutkah 3 teori interaksi
kota, jumlah penduduk A = 100.000 jiwa Peduduk B = 60.000 jiwa. Jarak kota A ke
B = 20 km
4.
Berapakah kekuatan interaksi
kota A dan B menurut model gravitasi?
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
0 Response to "CONTOH RPP GEOGRAFI SMA KELAS XII SEMESTER 2 MATERI PEMBELAJARAN INTERAKSI DESA DAN KOTA"
Posting Komentar