RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SEKOLAH :
...........................
MATA PELAJARAN :
Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER :
VIII / I
ALOKASI WAKTU :
2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI :
1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya
seni
rupa terapan nusantara.
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1.
Mendefinisikan konsep seni rupa terapan nusantara.
2. Mengidentifikasi jenis
karya seni rupa terapan nusantara
3. Mengidentifikasi teknik
pembuatan, fungsi, dan makna karya seni
rupa terapan nusantara.
v Karakter siswa yang diharapkan
: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Percaya
diri ( Confidence )
Kecintaan
( Lovely )
style="margin-bottom: 1.0pt; margin-left: 36.0pt; margin-right: 0cm; margin-top: 1.0pt; mso-list: l0 level1 lfo4; tab-stops: list 18.0pt; text-indent: -36.0pt;">
B.
MATERI AJAR
1.
Pengertian seni rupa terapan nusantara.
2.
Jenis karya seni rupa terapan nusantara.
3.
Tehnik
pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan nusantara.
C.
METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL :
observasi, diskusi, tanya jawab.
D.
LANGKAH KEGIATAN
a. Pendahuluan
·
Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai
siswa
·
Motivasi
dan apersepsi.
b.
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F peserta didik Melihat tayangan gambar karya
seni rupa terapan nusantara.
F peserta didik Membaca referensi tentang
seni rupa terapan nusantara.
F melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara
aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F peserta didik Mengkaji keragaman bentuk seni rupa
terapan nusantara
F membiasakan peserta didik membaca
dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan
peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku
dan benar;
Ø
membantu menyelesaikan masalah;
Ø
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil
eksplorasi;
Ø
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
c.
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik;
E.
SUMBER BELAJAR
Buku
teks Seni Budaya
Laptop
dan LCD proyektor
F.
PENILAIAN
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
Ü Menunjukkan keanekaragaman jenis,
bahan dan teknik pembuatan tekstil nusantara,
Ü Mampu mendeskripsikan
makna dan fungsi Tekstils nusantara..
|
Tes
tertulis
|
Tes uraian
|
Ü Buat klasifikasi
keragaman jenis tekstil nusantara berdasar bahan dan teknik pembuatannya
Ü Jelaskan makna dan
fungsi tekstil nusantara..
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........
(
........................................... )
NIP/NIK : …………………
|
|
.........., ..................... 20...
Guru Mapel SBK.
( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
|
0 Response to "CONTOH RPP SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SMP KELAS VIII SEMESTER 1 PERTEMUAN 1 DAN 2"
Posting Komentar