loading...

CONTOH RPP SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SMP KELAS VIII SEMESTER 1 PERTEMUAN 1 DAN 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


SEKOLAH                                : ...........................
MATA PELAJARAN                : Seni Budaya (Seni Rupa)
KELAS / SEMESTER                : VIII / I
ALOKASI WAKTU                  : 2 X 40 Menit
STANDAR KOMPETENSI       : 1.   Mengapresiasi Karya Seni Rupa.
KOMPETENSI DASAR             : 1.1 Mengidentifikasi jenis karya seni
                                                          rupa terapan nusantara.
                                                 
A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1.   Mendefinisikan konsep seni rupa terapan nusantara.
2.      Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan nusantara
3.      Mengidentifikasi teknik pembuatan, fungsi, dan makna karya seni
      rupa terapan nusantara.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )


style="margin-bottom: 1.0pt; margin-left: 36.0pt; margin-right: 0cm; margin-top: 1.0pt; mso-list: l0 level1 lfo4; tab-stops: list 18.0pt; text-indent: -36.0pt;"> B.     MATERI AJAR
1.      Pengertian seni rupa terapan nusantara.
2.      Jenis karya seni rupa terapan nusantara.
3.      Tehnik pembuatan, fungsi dan makna karya seni rupa terapan nusantara.

C.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan CTL : observasi, diskusi, tanya jawab.

D.     LANGKAH KEGIATAN
a.       Pendahuluan
·         Menyampaikan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai siswa
·         Motivasi dan apersepsi.

b.      Kegiatan Inti  
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  peserta didik Melihat tayangan gambar karya seni rupa terapan nusantara.
F  peserta didik Membaca referensi tentang seni rupa terapan nusantara.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  peserta didik Mengkaji keragaman bentuk seni rupa terapan nusantara
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

E.     SUMBER BELAJAR
Buku teks Seni Budaya
Laptop dan LCD proyektor

F.      PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ü  Menunjukkan keanekaragaman jenis, bahan dan teknik pembuatan tekstil nusantara,
Ü  Mampu mendeskripsikan makna dan fungsi Tekstils  nusantara..
Tes
tertulis


Tes uraian

Ü  Buat klasifikasi keragaman jenis tekstil nusantara berdasar bahan dan teknik pembuatannya
Ü  Jelaskan makna dan fungsi tekstil nusantara..

                             
                             
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ........



( ........................................... )
NIP/NIK : …………………

.........., .....................  20...   
Guru Mapel SBK.



( .......................................... )
NIP/NIK : ……………….
        

Related Posts :

0 Response to "CONTOH RPP SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SMP KELAS VIII SEMESTER 1 PERTEMUAN 1 DAN 2"

Posting Komentar