Dalam Permendiknas No. 27 tahun 2009 tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor dinyatakan bahwa kompetensi yang
harus dikuasai guru Bimbingan dan Konseling/Konselor mencakup 4 (empat) ranah
kompetensi, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi
sosial, dan kompetensi profesional. Keempat rumusan kompetensi ini
menjadi dasar bagi Penilaian Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor.
Jika diperbandingkan antara ekspektasi kinerja Guru
Bimbingan dan Konseling/Konselor dengan kinerja guru mata pelajaran. Guru
mata pelajaran tampak lebih dominan dalam penguasaan ranah kompetensi pedagogik,
sedangkan Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor lebih dominan dalam
penguasaan ranah kompetensi profesional.
Dengan tidak bermaksud mengesampingkan ranah atau
wilayah kompetensi lainnya, berikut ini disajikan aspek dan indikator
kompetensi profesional yang harus dikuasai seorang Guru Bimbingan dan
Konseling atau Konselor:
A. Menguasai konsep dan praksis penilaian (assessment)
untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah konseli.
Mendeskripsikan hakikat asesmen
untuk keperluan pelayanan konseling, memilih teknik penilaian sesuai dengan
kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling, menyusun dan mengembangkan
instrumen penilaian untuk keperluan bimbingan dan konseling,
mengadministrasikan asesmen untuk mengungkapkan masalahmasalah peserta didik,
memilih dan mengadministrasikan teknik penilaian pengungkapan kemampuan dasar
dan kecenderungan pribadi peserta didik, memilih dan mengadministrasikan
instrumen untuk mengungkapkan kondisi aktual peserta didik berkaitan dengan
lingkungan, mengakses data dokumentasi tentang peserta didik dalam pelayanan
bimbingan dan konseling, menggunakan hasil penilaian dalam pelayanan bimbingan
dan konseling dengan tepat, menampilkan tanggung jawab profesional dalam
praktik penilaian:
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mengembangkan instrumen nontes (pedoman wawancara, angket, atau format lainnya) untuk keperluan pelayanan Bimbingan dan Konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mengaplikasikan instrumen nontes untuk mengungkapkan kondisi aktual peserta didik/konseli berkaitan dengan lingkungan.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mendeskripsikan penilaian yang digunakan dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik/konseli.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat memilih jenis penilaian (Instrumen Tugas Perkembangan/ITP, Alat Ungkap Masalah/AUM, Daftar Cek Masalah/DCM, atau instrumen non tes lainnya) yang sesuai dengan kebutuhan layanan bimbingan dan konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mengadministrasikan penilaian (merencanakan, melaksanakan, mengolah data) untuk mengungkapkan kemampuan dasar dan kecenderungan pribadi peserta didik/konseli.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mengadministrasikan penilaian (merencanakan, melaksanakan, mengolah data) untuk mengungkapkan masalah peserta didik/konseli (data catatan pribadi, kemampuan akademik, hasil evaluasi belajar, dan hasil psikotes).
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat menampilkan tanggung jawab profesional sesuai dengan azas Bimbingan dan Konseling (misalnya kerahasiaan, keterbukaan, kemutakhiran, dll.) dalam praktik penilaian.
B. Menguasai kerangka teoretik dan praksis Bimbingan
dan Konseling.
Mengaplikasikan
hakikat pelayanan bimbingan dan konseling,mengaplikasikan arah profesi
bimbingan dan konseling, mengaplikasikan dasar‐dasar pelayanan bimbingan dan
konseling, mengaplikasikan pelayanan bimbingan dan konseling sesuai kondisi dan
tuntutan wilayah kerja, mengaplikasikan pendekatan/model/jenis pelayanan dan
kegiatan pendukung bimbingan dan konseling, mengaplikasikan dalam praktik
format pelayanan bimbingan dan konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mengaplikasikan hakikat pelayanan Bimbingan dan Konseling (tujuan, prinsip, azas, fungsi, dan landasan).
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat menentukankan arah profesi bimbingan dan konseling (peran sebagai Guru Bimbingan dan Konseling/konselor).
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mengaplikasikan dasar‐dasar pelayanan Bimbingan dan Konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mengaplikasikan pelayanan Bimbingan dan Konseling sesuai kondisi dan tuntutan wilayah kerja.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mengaplikasikan pendekatan /model/jenis pelayanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mengaplikasikan praktik format (kegiatan) pelayanan Bimbingan dan Konseling.
C. Merancang Program Bimbingan dan Konseling.
Menganalisis kebutuhan konseli,
menyusun program bimbingan dan konseling yang berkelanjutan berdasar
kebutuhan konseli secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan, menyusun
rencana pelaksanaan program bimbingan dan konseling, merencanakan sarana dan
biaya penyelenggaraan program bimbingan dan konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat menganalisis kebutuhan peserta didik/konseli.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat menyusun program pelayanan Bimbingan dan Konseling yang berkelanjutan berdasar kebutuhan peserta didik/konseli secara komprehensif dengan pendekatan perkembangan.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat menyusun rencana pelaksanaan program pelayanan Bimbingan dan Konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat merencanakan sarana dan biaya penyelenggaraan program pelayanan Bimbingan dan Konseling.
D. Mengimplementasikan Program Bimbingan dan Konseling
yang komprehensif. Melaksanakan program bimbingan dan konseling, melaksanakan pendekatan
kolaboratif dalam pelayanan bimbingan dan konseling, memfasilitasi perkembangan
akademik, karier, personal, dan sosial konseli, mengelola sarana dan biaya
program bimbingan dan konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat melaksanakan program pelayanan Bimbingan dan Konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat melaksanakan pendekatan kolaboratif dengan pihak terkait dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat memfasilitasi perkembangan akademik, karier, personal/ pribadi, dan sosial peserta didik/konseli.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mengelola sarana dan biaya program pelayanan Bimbingan dan Konseling.
E. Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan
Konseling.
Melakukan
evaluasi hasil, proses, dan program bimbingan dan konseling, melakukan
penyesuaian proses pelayanan bimbingan dan konseling, menginformasikan hasil
pelaksanaan evaluasi pelayanan bimbingan dan konseling kepada pihak terkait,
menggunakan hasil pelaksanaan evaluasi untuk merevisi dan mengembangkan program
bimbingan dan konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat melakukan evaluasi proses dan hasil program pelayanan Bimbingan dan Konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat melakukan penyesuaian kebutuhan peserta didik/konseli dalam proses pelayanan Bimbingan dan Konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat menginformasikan hasil pelaksanaan evaluasi pelayanan Bimbingan dan Konseling
- kepada pihak terkait.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat menggunakan hasil pelaksanaan evaluasi untuk merevisi dan mengembangkan program pelayanan Bimbingan dan Konseling berdasarkan analisis kebutuhan.
F. Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika
profesional.
Memberdayakan
kekuatan pribadi, dan keprofesionalan Guru Bimbingan dan Konseling/konselor,
meminimalkan dampak lingkungan dan keterbatasan pribadi Guru Bimbingan dan
Konseling/konselor, menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan kewenangan dan
kode etik profesional Guru Bimbingan dan Konseling/konselor, mempertahankan
obyektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah peserta didik,
melaksanakan referal sesuai dengan keperluan, peduli terhadap identitas
profesional dan pengembangan profesi, mendahulukan kepentingan peserta didik
daripada kepentingan pribadi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat memberdayakan kekuatan pribadi, dan keprofesionalan Guru Bimbingan dan Konseling/konselor.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat meminimalisir dampak lingkungan dan keterbatasan pribadi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat menyelenggarakan pelayanan Bimbingan dan Konseling sesuai dengan kewenangan dan kode etik profesional Guru Bimbingan dan Konseling/konselor.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mempertahankan objektivitas dan menjaga agar tidak larut dengan masalah peserta didik/konseli.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat melaksanakan layanan pendukung sesuai kebutuhan peserta didik/konseli (misalnya alih tangan kasus, kunjungan rumah, konferensi kasus, instrumen bimbingan, himpunan data)
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat menghargai identitas profesional dan pengembangan profesi.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mendahulukan kepentingan peserta didik/konseli daripada kepentingan pribadi Guru Bimbingan dan Konseling/konselor.
G. Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam
Bimbingan dan Konseling.
Mendeskripsikan berbagai jenis dan metode penelitian, mampu merancang
penelitian bimbingan dan konseling, melaksanakan penelitian bimbingan dan
konseling, memanfaatkan hasil penelitian dalam bimbingan dan konseling dengan
mengakses jurnal pendidikan dan bimbingan dan konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat mendeskripsikan jenis dan metode penelitian dalam Bimbingan dan Konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor mampu merancang penelitian dalam Bimbingan dan Konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat melaksanakan penelitian dalam Bimbingan dan Konseling.
- Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dapat memanfaatkan hasil penelitian dalam Bimbingan dan Konseling dengan mengakses jurnal yang relevan.
0 Response to "ARTIKEL PENDIDIKAN TENTANG ASPEK DAN INDIKATOR KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING"
Posting Komentar