RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XII (dua belas) / 2
Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
nasional
Kompetensi Dasar :
3.1Menjelaskan unsur-unsur manajemen
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Menjelaskan pengertian manajemen.
2. Menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah
komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat menjelaskan pengertian manajemen.
b)
Siswa
dapat menjelaskan jenjang
manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara
jenjang manajemen tersebut.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Manajemen
C. Uraian Materi
a)
Pengertian manajemen
b)
Jenjang manajemen
c)
Prinsip-prinsip manajemen
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
|
· Mencari informasi tentang pengertian
manajemen.
· Mendiskusikan jenjang manajemen.
· Mencari informasi tentang
prinsip-prinsip manajemen.
|
· Siswa dapat Menjelaskan pengertian
manajemen.
· Siswa dapat Menjelaskan jenjang manajemen serta
mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang
manajemen tersebut.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang manajemen. Kemudian
guru menguraikan dengan jelas gambaran umum mengenai manajemen.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai manajemen sangat penting mengingat peranan
manajemen (khususnya pada badan usaha) dalam perekonomian saat ini cukup besar.
Selain itu, pemahaman mengenai manajemen akan mempermudah pemahaman materi
selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan unsur-unsur
manajemen. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan
jumlah siswa). (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian manajemen.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenjang
manajemen. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari informasi tentang prinsip-prinsip
manajemen.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku
Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK …………..
nice psot bu.. jangan lupa kunjungi webnya kabr yah ...
BalasHapus