PENTINGNYA EVALUASI HASIL DALAM MENENTUKKAN KETERCAPAIAN TUJUAN
PEMBELAJARAN
Untuk mengetahui ketercapain tujuan pembelajaran selama
kurun waktu satu semester, guru wajib melakukan sebuah proses evaluasi.
Hasil penilaian belajar adalah suatu kegiatan/cara yang
ditujukan untuk mengetahui tujuan pembelajaran tercapai atau tidaknya dan juga
dalam proses pembelajaran yang sudah dilakukan selama pembelajaran berlangsung
selama ini. Pada tahapan ini seorang guru dituntut harus mempunyai kemampuan dalam
menentukan cara-cara evaluasi & pendekatan, penyusunan terhadap pengolahan,
alat-alat evaluasi, & penggunaan hasil evaluasi. Proses pembelajaran
merupakan suatu sistem yang terdiri atas berbagai komponen-komponen yang saling
berinteraksi di dalam usaha yang mencapai tujuan pembelajaran yang sudah
ditetapkan.
Setiap pembelajaran berlangsung, bagi seorang guru maupun
peserta didik sangat penting bagi mengetahui tercapai tidaknya suatu tujuan
tersebut. Sebab hal ini hanya bisa diketahui jika seorang guru melakukan
evaluasi, baik evaluasi terhadap proses pembelajaran maupun produk
pembelajaran. Evaluasi mempunyai arti lebih luas dari pada penilaian. Karena
bisa megetahui akan proses belajar mengajar yang selama ini telah terlaksana
dan juga untuk bisa meningkatkan lagi kualitas pembelajaran tentunya.
Evaluasi Ada beberapa sebagian ahli pendidikan yang
menyamakan arti evaluasi dengan penilaian, tetapi dalam arti yang sesungguhnya
evaluasi mempunyai arti yang lebih luas, yakni penggunaan hasil penilaian bagi
mengambil keputusan, seperti menentukan kelulusan, penempatan penjurusan, &
perbaikan program. Evaluasi terhadap hasil belajar merupakan serangkaian
kegiatan bagi menafsirkan, menganalisis, & memperoleh data tentang hasil
& proses belajar antara peserta didik yang dilakukan secara
berkesinambungan dan sistematis, sehingga menjadi informasi yang sangat
bermakna dalam pengambilan keputusan. Pendekatan atau cara yang bisa digunakan
bagi evaluasi/ penilaian hasil belajar ialah melalui PAN (Penilaian Acuan Norma)
& PAP (Penilaian Acuan Patokan).
PAP ialah cara penilaian, dimana nilai yang diperoleh
siswa/siswi tergantung pada seberapa jauh tujuan yang tercermin di dalam
soal-soal tes yang bisa dikuasai siswa/siswi. Sedangkan PAN ialah cara
penilaian yang tidak selalu tergantung pada jumlah soal yang diberikan maupun
penilaian yg dimaksudkan bagi mengetahui kedudukan hasil belajar mengajar yang
dicapai berdasarkan norma di kelas. Siswa yang paling besar skor yang dapat di
kelasnya, ialah siswa yang mempunyai kedudukan tertinggi di kelasnya. Nilai
tertinggi ialah nilai yang sebenarnya berdasarkan jumlah soal-soal tes yang
dijawab dengan benar oleh siswa/siswi.
Dalam PAP ada passing grade/batas lulus, apakah siswa bisa
dikatakan lulus/tidak berdasarkan batas lulusan yang sudah ditetapkan.
Pendekatan PAP & PAN bisa dijadikan acuan dalam memberikan penilaian &
memperbaiki akan sistem pembelajaran. Kemampuan lainnya yang perlu dikuasai
guru pada kegiatan evaluasi hasil belajar ialah menyusun alat evaluasi. Alat
evaluasi: Tes perbuatan atau tes praktik seperti pada mata pelajaran olahraga,
komputer, kesenian, keterampilan, dsb. Tes tertulis yang banyak dipergunakan
guru ialah pilihan ganda, menjodohkan, melengkapi, & jawaban singkat. Dan tes lisan yang banyak
dipergunakan guru ialah menjawaban singkat atau menjawab cepat.
Keterampilan guru dalam menyusun sebuah proses kegiatan
evaluasi manjadi point penting agar hasil yang direncanakan dalam program bisa
tercapai.
Demikian info ini, semoga bermanfaat bagi para pendidik dan
tetap semangat mengembangkan kreatifitas
0 Response to "PENTINGNYA EVALUASI HASIL DALAM MENENTUKKAN KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN"
Posting Komentar