RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi
perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
5.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi
Indikator Pencapaian Kompetensi: 1. Mendeskripsikan akuntansi
sebagai sistem informasi.
2. Menjelaskan syarat-syarat kualitas
sistem informasi.
3. Membedakan
antara pemakai informasi akuntansi internal dan eksternal
4. Menjelaskan bidang-bidang dalam akuntansi.
5. Menjelaskan bidang-bidang profesi dalam akuntansi.
6. Menghubungkan prinsip etika profesi akuntan dengan kenyataan pelanggaran etika yang terjadi
7. Menjelaskan
kegunaan SAK bagi akuntan.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan akuntansi
sebagai sistem informasi.
b) Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat
kualitas sistem informasi.
c) Siswa dapatmembedakan
antara pemakai informasi akuntansi internal dan eksternal.
d) Siswa dapatmenjelaskan
bidang-bidang dalam akuntansi.
e) Siswa dapatmenjelaskan
bidang-bidang profesi dalam akuntansi.
f) Siswa dapatmenghubungkan
prinsip etika profesi akuntan dengankenyataan pelanggaran etika yang terjadi.
g) Siswa dapatmenjelaskan
kegunaan SAK bagi akuntan.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Akuntansi
sebagai sistem informasi
C. Uraian Materi
a) Akuntansi sebagai sistem informasi
b) Kualitas informasi akuntansi
c) Pemakai informasi akuntansi
d) Bidang akuntansi
e) Bidang profesi akuntansi
f) Etika profesi akuntan
g) Standar Akuntansi Keuangan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
|
·Mengkaji referensi tentang pengertian
dan jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan akuntansi
sebagai sistem informasi.
· Siswa dapat Menjelaskan syarat-syarat kualitas sistem
informasi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
kompetensi dasar yang harus dicapai dan esensi dari materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai akuntansi sebagai sistem
informasi sangat penting agar siswa terdorong untuk mempelajari ilmu akuntansi
lebih lanjut.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan
akuntansi sebagai sistem informasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa diberi tugas untuk membuat ringkasan tentang
akuntansi sebagai sistem informasi.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja individu (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
.
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK
…………...
0 Response to "CONTOH RPP EKONOMI SMA KELAS XI SEMESTER 2 MATERI "AKUNTANSI SEBAGAI SISTEM INFORMASI""
Posting Komentar